Senin, 30 September 2013

Awas, Kapal Perang AS Berlabuh di Bali!

Amerika Serikat (AS) tampaknya masih memberikan “perhatian khusus” kepada Indonesia, salah satunya tertuju pada bidang militer. Bentuk perhatian itu di antaranya diperlihatkan dengan kedatangan kapal perang AS ke Indonesia pagi ini.
USS Benfold sebuah kapal perang milik Angkatan Laut AS berlabuh di Pelabuhan Benoa, Bali, Kamis (12/07/2012). Kapal perang ini, datang langsung dari San Diego AS untuk melakukan kunjungan ke kawasan Asia Tenggara dan singgah selama 4 hari di Bali.
Kapal dengan panjang 54 meter dan berbobot sekitar 8.900 ton ini dilengkapi persenjataan rudal anti pesawat, rudal anti kapal selam, dan rudal anti kapal perang. Kapal ini akan menunjukkan kecanggihannya pada latihan perang bersama dengan pasukan TNI-AL.
Uniknya, menurut Kapten Kapal Adrian Jansen, kapal USS Benfold di Indonesia hanya singgah di Bali saja. Di sela-sela latihan perang, awak kapal yang berjumlah 280 orang itu akan mengunjungi sejumlah kawasan wisata di Bali dan beberapa di antaranya akan menemui beberapa pejabat setempat.
Dalam latihan perang ini, TNI-AL akan melibatkan KRI Hasan Basri dan KRI Uling. Latihan perang bersama tersebut akan diisi dengan beberapa materi, di antaranya manuver taktis, sistem komunikasi serta prosedur penyelamatan lainnya.
Tapi yang kini jadi pertanyaan, apakah kapal perang AS ini semata-mata hanya melakukan kunjungan resmi dan melakukan latihan perang belaka? Dengan peralatan canggih yang dibawanya, bisa saja kapal perang itu melakukan missi lainnya.
Intelijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar