Jam Digital

Rabu, 02 Oktober 2013

Delapan pesawat JAT akan meriahkan HUT TNI



 ilustrasi Satu F-16 Fighting Falcon Skuadron Udara 3 mengudara sesaat setelah lepas landas di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Jawa Timur, beberapa hari lalu. (ANTARA News/Penerangan dan Kepustakaan Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi)

Yogyakarta  - Delapan pesawat KT-01 Wong Bee dari Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team akan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-68 Tentara Nasional Indonesia di Jakarta, 5 Oktober 2013.

"Dari delapan pesawat KT-01 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) itu, yang akan tampil berakrobat dalam peringatan HUT TNI di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta hanya enam pesawat," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Lanud) Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londng Allo di Yogyakarta, Senin.

Pada pelepasaan keberangkatan JAT, menurut dia, puncak peringatan HUT Ke-68 TNI akan dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Penampilan JAT itu memasuki masa transisi menuju generasi ketiga keberadaan tim tersebut. Rencananya Komandan Skadik 102 Mayor Pnb Ferry Yunaldi akan bertindak sebagai `flight leader` dan akan unjuk kebolehan di Ibu Kota Jakarta," katanya.

Mayor Pnb Ferry Yunaldi mengatakan, saat tampil pada peringatan HUT ke-68 TNI di Jakarta pada 5 Oktober 2013, pilot JAT sudah dengan personel yang baru hasil regenesasi dari JAT yang tampil terakhir pada Langkawi Aerospace di Malaysia. Pada HUT TNI tersebut JAT akan menampilkan tarian udara sebanyak 10-15 tarian.

"Sejak beberapa waktu lalu untuk mempersiapkan diri dalam memeriahkan `event` hari jadi TNI tersebut JAT telah melaksanakan latihan rutin di Lanud Adisutjipto. Kami berharap semuanya berjalan aman dan lancar," katanya.

Menurut dia, keberangkatan JAT ke Lanud Halim Perdanakusuma terasa spesial karena dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Agus Munandar dan Komandan Wing Dik Terbang Kolonel Pnb Bob Panggabean.

Komandan Lanud Adisutjipto tandem bersama dengan Kapten Pnb Apri Arfianto yang menggunakan pesawat "number 0109", sedangkan Komandan Wing Dik Terbang bertandem dengan Mayor Pnb Marcell.

Ia mengatakan, generasi ketiga JAT adalah Mayor Pnb Ferry Yunaldi, Kapten Pnb Ripdho, Kapten Pnb Apri Arfianto, Mayor Pnb Ari Susiono, Mayor Pnb Sri Raharjo, dan Mayor Pnb Marcell.

"JAT berdiri pada 2001, kemudian pada 21 Mei 2008 menggunakan pesawat generasi baru dan sukses tampil pada Wingday Sekolah Penerbang pada 4 Juli 2008," katanya.