Jam Digital

Minggu, 27 Oktober 2013

Kopassus bakal diperkuat 8 helikopter Apache dari Amerika

Kopassus bakal diperkuat 8 helikopter Apache dari Amerika
Helikopter Apache. A Periam Photography / Shutterstock.com

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berencana menambah alat tempur untuk meningkatkan kekuatan. Penambahan alat tersebut berupa helikopter Apache yang dibeli dari Amerika Serikat sebanyak 8 unit.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Tri Budiman mengatakan, selain menambah kekuatan dalam penambahan sumber daya manusia, Kopassus juga akan meningkatkan persenjataan dari sisi teknologi dengan menambah helikopter Apache.

"Kita tambah dengan kemampuan teknologi berupa helikopter. Pada bulan lalu sudah ditandatangani LoE untuk pembelian Apache di Amerika sebanyak delapan unit," ujar dia.

KSAD mengungkapkan, helikopter Apache tersebut akan datang secara dua tahap. Tahap pertama, pada tahun depan sebanyak dua unit yang akan digunakan untuk pelatihan para prajurit kopassus.

"Harganya tidak terlalu hapal tetapi tahap pertama USD 500 juta. Apache yang diberikan pada kita, ada dua yang akan digunakan untuk pelatihan prajurit di 2014. Seluruhnya datang di 2017," jelas Budiman.

Selain itu, teknologi yang digunakan helikopter adalah pemakaian radar jarak jauh yang akan memantau keberadaan musuh hingga lebih dari 50 km.

"Kita tambahkan long power radar. Untuk melihat musuh dengan jarak jauh, lebih dari 50 km," pungkas dia.