Jam Digital

Rabu, 30 Oktober 2013

Amankan Senjata AK-47, TF Bravo/Indobatt Mendapat Apresiasi

Amankan Senjata AK-47, TF Bravo/Indobatt Mendapat Apresiasi
Kompi Mekanik B atau di jajaran Sektor Timur UNIFIL lebih dikenal sebagai TF Bravo merupakan salah satu Unit Manuver yang dimiliki oleh Sektor Timur UNIFIL selain Spanbatt, Indbatt, Indobatt, dan Nepbatt. Setiap harinya TF B melaksanakan kegiatan di bawah OPCON Komandan Sektor Timur.
Sesuai SECEAST OPORDER 06/2013 salah satu kegiatan TF B adalah melaksanakan kegiatan patroli bersama LAF. Beberapa waktu lalu, sesuai DTO, 1 Tim Patroli TF B di bawah pimpinan Serka Eko Yudho melaksanakan kegiatan SVP CH CR 369 bersama dengan 1 Tim Patroli dari LAF.
Bertemu di Meeting Point yang telah ditentukan, Dantim TF B berkoordinasi dengan Dantim LAF, berkaitan dengan itinerary dan tugas di lapangan. Yang menjadi daerah patroli pagi itu adalah daerah Kleyaa, yang selama ini dinilai sebagai daerah yang banyak terjadi pelanggaran dikarenakan banyaknya kehadiran pemburu.
Sekitar 1 jam melaksanakan patroli, Tim Patroli mendengar suara tembakan sebanyak 5 kali. Segera Tim Patroli keluar dari kendaraan dan mengamati daerah sekitar. Dengan menggunakan teropong, didapati tidak jauh dari lokasi berhentinya patroli terdapat 2 kendaraan sipil yang mencurigakan. Tim Patroli TF B melaporkan kejadian di lapangan ke TOC TF B, kemudian ditindaklanjuti dengan melaporkan ke Komandan TF B. Perintah Komandan TF B, segera koordinasi dengan Tim Patroli LAF untuk bertindak sesuai STIR V26.
Tim Patroli LAF dan Tim Patroli TF B mendekati kendaraan, kemudian dengan pengamanan dari Tim Patroli TF B, Tim Patroli LAF melaksanakan pemeriksaan. Hal ini sesuai dengan ketentuan bawa kehadiran pasukan UNIFIL adalah untuk membantu kehadiran LAF di Libanon Selatan. Dari hasil pemeriksaan tersebut, LAF menangkap 6 (enam) personil dan awalnya mengamankan 5 senjata jenis Shotgun untuk berburu. Kemudian dilaksanakan pemeriksaan lebih inten terhadap kendaraan dan didapati kendaraan tersebut menyembunyikan 2 senjata berburu jenis shotgun dan 1 pucuk AK 47 dengan amunisi 1 Magazen penuh. Seluruh personil, senjata dan kendaraan diamankan dan dibawa oleh LAF ke Markas Brigade LAF.
Peristiwa  tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Pasukan Garuda di Lebanon. Apresiasi diberikan oleh segenap Pejabat di SECEAST HQ dikarenakan Tim Patroli TF B mampu bertindak secara tepat sesuai Mandat 1701 dan STIR V26. Untuk itu, Komandan Satgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL, Letkol Lucky Avianto hadir di UNP 7-3 untuk mengambil Apel Luar Biasa.
Dalam arahannya, Komandan Satgas menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Komandan TF B, Kapten Marinir Adid Kurniawan Wicaksono beserta seluruh anggota TF B, khususnya Tim Patroli yang melaksanakan kegiatan SVP CH CR 369.
TNI.