Jam Digital

Sabtu, 12 Oktober 2013

Kapal Selam Indonesia Dibangun PT PAL

Kapal Selam Changbogo Korea Selatan (Photo: MC2 Benjamin Stevens/United States Navy)

PT PAL Surabaya- Jawa Timur siap memproduksi kapal selam di dalam negeri, dimulai tahun 2015. Pembuatan kapal selam pesanan Kementerian Pertahanan ini merupakan bagian kerjasama dengan perusahaan kapal asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).
“Tahun 2015 kita sudah mulai. Sekarang kita siapkan orang dan fasilitasnya,” ujar Direktur Utama PAL Firmansyah (8/10/2013).
Produksi kapal type DSME 209 ini dilakukan saat proses pembuatan 2 unit kapal selam di Korea Selatan. Saat ini PAL secara bertahap sedang menugaskan para karyawan mereka untuk belajar proses perencanaan hingga produksi kapal selam di Korea Selatan.
“Saat kapal selam 1 dan 2 dibangun di sana (Korsel). Orang kita belajar di sana untuk mempersiapkan kapal yang ke-3. Total ada 206 orang yang belajar. Kirimnya bertahap. Ada silabus pelajarannya dan itu semua karyawan PT PAL,” ujar Firmansyah.

Changbogo Class Submarine (Foto: alutsista)
Changbogo Class Submarine buatan DSME Korea Selatan (Foto: alutsista)

Selain mempersiakan para ahli di Indonesia, PAL juga membangun lokasi pembuatan dan perawatan kapal selam senilai US$ 150 juta (Rp 1,5 triliun) di Surabaya, Jawa Timur.
“Workshop atau tempat membangun section dalam negeri. Investasi di dalam negeri US$ 150 juta. Termasuk untuk peralatan, kapal selam kan perlu dirawat, perlu fasilitas sendiri. Selama ini perawatan ke luar negeri memakan biaya yang mahal,” sebutnya.
Ditargetkan pada tahun 2017, Indonesia telah memiliki kapal selam asli karya putra-putri Indonesia. “Tahun 2017 Indonesia sudah punya kapal selam buatan PAL,” ujar Firmansyah menutup pembicaraan.(detik.com)