Jam Digital

Selasa, 15 April 2014

Pusat Pengendalian Operasi TNI AL berfungsi sempurna

Pusat Pengendalian Operasi TNI AL berfungsi sempurna
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio (tengah, duduk), menyimak keterangan di Pusat Informasi Operasi Pusat Komando Pengendalian TNI AL, di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/4). (Dinas Penerangan TNI AL)
 
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, meninjau kesiapan dan kemampuan operasional Pusat Pengendalian Operasi TNI AL di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, untuk memastikan kelancaran persiapan Latihan Gabungan TNI 2014 nanti.

Satuan yang dipimpin Kolonel Pelaut Mintoro Yulianto ini bertanggung jawab atas operasionalisasi teknis seluruh peralatan perang dan personel di lingkungan TNI AL, berbasis teknologi informatika dan teknologi canggih lain.

Beberapa di antara fasilitas pokok Pusat Pengendalian Operasi TNI AL itu adalah Ruang Olah Yudha (War Game Room) dan Pusat Informasi Operasi. 

Dari ruang terakhir inilah Marsetio dapat berkomunikasi secara audio-visual dengan semua jajaran TNI AL, termasuk ber-telekonferensi dengan personel Korps Marinir TNI AL yang tengah bertugas di pulau-pulau terluar Indonesia. 

Menurut Mintoro, seturut keterangan Dinas Penerangan TNI AL, ada tiga aplikasi utama pendukung satuannya, yaitu Command And Control Management System (C2MS), Web Portal Info Sharing Pusat Informasi Operasi (PIO), dan aplikasi pendukung lain. 

Aplikasi yang dia maksud ini termasuk Web Link CCTV Pangkalan TNI AL, Vicon, Radio Over Internet Protocol (ROIP), Web Link Cuaca, Web Link AIS Bakorkamla, Web Link BMKG, Web Link VMS KKP, dan Air Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B).

Sebagai misal, pergerakan sepanjang waktu dan grafis lintasan olahgerak kapal-kapal perang TNI AL bisa dimonitor melalui aplikasi AIS. Dari ruang kendali, operasionalisasi mereka bisa dilakukan secara mudah.