Senin, 25 November 2013

Kontingen Garuda TNI meriahkan Hari Anak Sedunia di Haiti

 
Prajurit TNI dalam Satuan Tugas Kompi Zeni Kontingen Garuda XXXII-C Minustah di Haiti turut berpartisipasi memeriahkan Hari Anak Sedunia sehingga membagi kegembiraan kepada anak-anak setempat dengan menyerahkan bingkisan-bingkisan, pemeriksaan kesehatan, dan lain-lain.

Satuan tugas Minustah (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haiti) itu bertugas di sana untuk waktu tertentu sebagai bentuk kesertaan Indonesia sebagai warga dunia. Dalam peringatan Hari Anak Sedunia di Anse Rouge, Haiti, Sabtu kemarin itu (23/11), mereka merayakannya bersama batalion tentara Argentina. 

Keterangan diterima di Jakarta, Senin petang, dari Pusat Penerangan TNI, menyatakan, Anse Rouge adalah kota pinggir laut di utara Gonaives, Haiti, Sabtu Siang (23/11).
 
Menurut komandan satuan tugas TNI itu, Mayor Czi Alfius Navirinda K, "Pelayanan kesehatan kepada anak-anak dirasakan sangat penting, karena belum merata pelayanan kesehatan oleh pemerintah Haiti pascaterjadinya bencana gempa pada 2010 silam."
 
Sementara itu, Letnan Satu Administrasi Stiefano Widyasprasetya, selaku perwira Civil Military Coorporation satuan tugas TNI dan juga koordinator peringatan Hari Anak Sedunia, mengatakan, kondisi lingkungan  tidak bersih dan sanitasi minim menjadi fokus perhatian.

Laiknya perayaan untuk anak-anak, beraneka permainan dan bercerita juga disuguhkan kepada anak-anak setempat itu. 

Jadilah Kopral Satu Marinir M Khirom memainkan bakat terpendamnya sebagai pesulap sekaligus pelawak. Gelak tawa anak-anak dan hadirin pecah saban Khirom membanyol, keterbatasan bahasa bukan lagi jadi persoalan penting kalau sudah begitu. 

Pada akhir kegiatan, Henry Volney selaku direktur The Institution Ecole National de Grande Falaise, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada kontingan TNI dan militer Argentina, yang bisa bekerja sama menjalankan misi kemanusiaan pada Hari Anak Sedunia itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar