Minggu, 17 November 2013

Kompi Zeni Kodam XVI/Pattimura Tergabung Pasukan Satgas PBB Berangkat ke Konga

Inspektorat Kodam Kolonel Inf Heru Suryono, S.Ip selaku  mewakili Pangdam melepas pemberangkatan 134 orang prajurit Kodam XVI/Pattimura yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) Kompi Zeni Konga XX – K Mission de L’Organisation des Nation Unies Pour La Stabilisation en Republique Democratique de Congo (Monusco) Tahun 2013. Pelepasan digelar dalam suatu upacara militer bertempat Lapangan Den Zipur 5/CMG Poka Ambon, Rabu (13/11).
Satgas Kompi Zeni Konga XX–K Monusco  dari Kodam XVI/Pattimura terdiri dari 11 orang Pama, 42 orang Bintara dan 81 orang Tamtama akan bertugas selama satu tahun di Konga di bawah pimpinan Kapten Czi Trisnu Novawan selaku Komandan kompi penugasan. Satgas Kompi Zeni Konga XX-K/Monusco akan menjalani misi yang mulia dalam menjaga perdamaian di Republik Demokratik Kongo yang diikuti perwakilan dari berbagai kontingen Kompi Zeni yang berada di bawah jajaran Monusco, seperti Indonesia, China, Nepal, Uruguay, Afrika Selatan, dan Banglades.
Negara Kongo merupakan negara yang tengah dilanda konflik di negara Afrika tengah. Jutaan orang tewas dalam konflik berdarah dan bersenjata di Kongo dalam konflik yang terjadi beberapa tahun terakhir ini, apalagi informasi terbaru konflik Kongo menyebutkan sekitar 300 ribu anak-anak di Kongo akan dijadikan milisi dan terlibat peperangan yang telah menewaskan lebih dari jutaan manusia. Tugas misi kemanusiaan yang diemban oleh Satgas Kompi Zeni Konga XX–K Monusco membantu memperbaiki sarana infrastruktur pembangunan di negara ini yang belum memadai dan bertugas memisahkan anak-anak dari milisi dan kelompok bersenjata untuk mengembalikan anak-anak tersebut ke dalam keluarga dan masyarakat.
Pangdam XVI/Pattimura dalam amanatnya yang dibacakan oIeh Irdam menyampaikan, bahwa tugas bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat adalah kepercayaan sekaligus kehormatan, harga diri dan kebanggaan,  sungguh merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kodam XVI/Pattimura karena untuk pertama kalinya mewakili Indonesia bergabung dalam Pasukan perdamaian PBB yang berada di Negara Konga (Afrika Tengah). Pangdam meminta anggota satgas telah dibekali materi penugasan, baik fisik, mental, teknik dan taktik maupun materil, agar mampu melaksanakan tugas dengan baik selain itu jalin komunikasi, rasa kebersamaan, kekompakan dan soliditas diantara seluruh prajurit Denzipur -5/CMG. Mandat PBB ini adalah kebanggaan dan kehormatan karena merupakan refleksi kepercayaan dunia Internasional terhadap bangsa Indonesia, khususnya terhadap kualitas prajurit TNI, dalam mengemban misi pemeliharaan perdamaian dunia sejak pertama kali bergabung pada tahun 1957 di bawah bendera PBB. Untuk itu, junjung tinggi kehormatan, kepercayaan dan tugas ini melalui unjuk prestasi, kinerja dan dedikasi yang lebih baik,  setiap prajurit akan mengemban civic mission atau tugas kemanusiaan, guna membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat yang sedang dilanda konflik bersenjata permasalahan konflik sosial politik yang belum selesai, “jelas Pangdam”.
Dalam upacara Pemberangkatan Kompi Zeni (Satgas Kizi) Kompi Zeni Konga XX– K Monusco ini dihadiri para Perwira Ahli Pangdam, para Asisten, Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar