Jam Digital

Jumat, 10 Januari 2014

Kopassus TNI AD kukuhkan 110 personel di puncak Gunung Lawu

 Sejumlah kerabat memeluk seorang dari 122 peserta didik Pendidikan Komando Kopassus TNI AD 93 TA 2012 seusai upacara penutupan yang dipimpin Komandan Kopassus TNI AD, Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, di Pantai Permisan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (22/12). Setelah pendidikan komando, mereka masih harus menempuh ritual tradisi internal di satuan-satuan di mana mereka ditempatkan. (ANTARA/Widodo S Jusuf)

110 personel baru Grup 2 Kopassus TNI AD, Kandang Menjangan, Kartasura, Jawa Tengah, mengikuti rangkaian tradisi pengukuhan, di Puncak Gunung Lawu, Kabupaten, Karanganyar, Sabtu lalu (11/1).

Wakil Komandan Grup 2 Kopassus TNI AD, Letnan Kolonel Infantri M Hasan, di Sukoharjo, Kamis, mengatakan, sebanyak 110 personel itu terdiri dari 10 perwira dan 100 anggota berpangkat bintara dan tamtama.

"Hal ini sudah menjadi tradisi kami," kata Hasan. Ke-110 anggota baru Kopassus TNI AD itu sebelumnya telah menempuh pendidikan komando.

Menurut dia, Gunung Lawu dipilih paling tinggi karena terdekat dari pangkalan mereka. Ada tiga gunung yang jadi alternatif, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. 

Rangkaian tradisi pengukuhan ini masih berlangsung akan ritual pengukuhan itu sendiri digelar di Argo Dalem yang juga ada tugu Kopassus TNI AD-nya.

Menurut dia, anggota-angggota baru Kopassus TNI AD itu akan diberangkatkan ke puncak Lawu melalui Cemoro Kandang, sekitar pukul 06.00 WIB. Perjalanan ke puncak memerlukan waktu sekitar empat jam, setelah upacara pengukuhan, mereka turun dari Cemoro Sewu.