Jam Digital

Jumat, 10 Januari 2014

EKSPEDISI NKRI 2014 AKAN DIGELAR,KOPASSUS DAN UI TANDATANGANI MOU


















Tim Ekspedisi NKRI  Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014  bekerjasama dengan Universitas Indonesia  menggelar Sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014 , kepada Perguruan Tinggi Sejabodetabek  dan Citivas akademika, Rabu  (8/1) di  kampus UI Depok.

Dalam acara sosialisasi tersebut ,juga di tandatangani kesepakatan bersama antara Universitas Indonesia dengan Kopassus tentang kesepakatan bersama dalam Ekspedisi NKRI . Rencananya pada Kamis ( 9/1 )   Tim Ekspedisi akan mengadakan sosialisasi di Unpad Bandung serta  menandatangani kesepakatan bersama dengan Unpad, pada Rabu ,(15/1) akan mengadakan sosialisasi di UGM sekaligus menandatangani kesepakatan bersama dalam Ekspedisi NKRI,Kamis (16/1) akan sosialisasi di Undip semarang dan sekaligus menandatangani kesepakatan bersama dalam Ekspedisi NKRI.

Ekspedisi NKRI  Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014   merupakan gagasan pimpinan TNI bekerja sama dengan Kemenko Kesra yang akan berlangsung selama ± 4 bulan, dari tanggal 6  Februari  s.d. 26  Juni 2014, pada 8 titik di Pulau Maluku dan Maluku Utara  yaitu Subkorwil-1 Masohi di Kab.maluku Tengah,Subkorwil-2 Tual di Kab.Maluku Tenggara ,Subkorwil-3 Namlea di Kep.Buru, Subkorwil-4 Saumlaki di Kab.Maluku Tenggara Barat, Subkorwil -5 Ternate di Kab. Ternate dan Kab.Halmahera Tengah,Subkorwil-6 di Tidore dan Kab Halmahera Tengah, Subkorwil-7 Tobelo di Kab.Morotai dan Kab.Halmahera Utara, Subkorwil-8 Labuha di Kab.Halmahera Selatan.

Kegiatan  Ekspedisi NKRI akan melibatkan sekitar 1.300  orang yang terdiri dari seluruh komponen bangsa baik TNI, Polri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Pemerintah Daerah, kalangan pendidik dari berbagai Perguruan Tinggi, Mahasiswa dan Mahasiswi, Resimen Mahasiswa , Pencinta Alam, Organisasi Kepemudaan, Pramuka  dan Media serta didukung masyarakat setempat.

Menurut Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Letkol Inf Kosasih  mengatakan persyaratan untuk menjadi peserta ekspedisi bagi mahasiswa dan alumni  mahasiswa antara lain  mahasiswa minimal semester 5 atau DIII dengan melampirkan transkrip nilai terakhir, mengisi biodata, melampirkan  fotocopi KTP,Kartu mahasiswa, ada surat rekomendasi perguruan tinggi bagi yang masih aktif sebagai mahasiswa, surat ijin dari orang tua, surat keterangan sehat dari dokter dan surat pernyataan mengikuti ekspedisi serta foto close-up ukuran 4x6.Lebih,serta membuat essay .

Kabagops  melanjutkan, pendaftaran dimulai sejak  Desember 2013 s.d 30  Januari, 2014,  bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 31 Desember 2014 dan melaporkan diri ke Pusdikpassus Batujajar Bandung pada tanggal  4  Februari 2014  untuk melaksanakan seleksi tahap II yaitu pemeriksaan kesehatan ,wawancara dsb. Informasi tentang ekspedisi bisa diakses melalui  website ekspedisi www.ekspedisinkri.com ,FB ekspedisi NKRI Maluku  dan Twitter  @ekspedisi maluku .

 Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI M.Herindra, M.A, Asintel Danjen Kopassus Kolonel Inf Richard T.H.Tampubolo,S.H.,M.M., Wakil Rektor bidang pendidikan dan kemahasiswaan Prof.Dr.Bambang Wibawarta serta para mahasiswa Sejabodetabek