Sabtu, 23 April 2016

TNI Berencana Bangun Pangkalan Militer di Pulau Morotai


TNI Akan Jadikan Pulau Terdepan sebagai “Kapal Induk” (1)

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Gatot Nurmantyo, melakukan kunjungan ke Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Selasa (19/04).

Kunjungan itu dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, yaitu dalam rangka penguatan TNI di pulau-pulau terluar yang menjadi perbatasan wilayah Indonesia. Selama ini, pulau-pulau terdepan kurang mendapat perhatian, padahal pulau itu menjadi kunci bagi Indonesia.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta rombongan saat meninjau Runway 27 bandara Leo Wattimena Morotai, Maluku Utara, Selasa (19/04). (Wahyu Aji)
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beserta rombongan saat meninjau Runway 27 bandara Leo Wattimena Morotai, Maluku Utara, Selasa (19/04). (Wahyu Aji)

Panglima TNI mengatakan bahwa hasil temuannya akan dijadikan evaluasi untuk menambah kekuatan di daerah perbatasan. Tak hanya menambah jumlah dan kemampuan personel, TNI juga akan memanbah sarana dan prasarana yang ada. Sebagai langkah awal, TNI segera meningkatkan gelar kekuatan dan kemampuan di daerah-daerah tersebut.


Upaya yang dilakukan oleh TNI itu demi menjaga dari berbagai kemungkinan ancaman yang datang. Agar efektif, TNI akan menjadikan pulau-pulau yang ada sebagai kapal induk.

Dalam kunjungan itu, Jenderal Gatot juga melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan satuan TNI di Morotai, di antaranya adalah runway 27 dan 09, tugu baling-baling, rumah sakit TNI AU, Army dock (dermaga), dan mengecek kapal Satuan Keamanan Laut (SATKAMLA).

Sumber : Tribunnews dan Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar