Minggu, 03 April 2016

Kita Bikin Ramai di Natuna

f16

Indonesia akan mengerahkan jet tempur F-16 ke pulau-pulau Natuna untuk menangkal “pencuri”, kata Menteri Pertahanan Indonesia, kurang dari dua minggu setelah kapal penjaga pantai Cina, bentrok dengan perahu Indonesia di wilayah tersebut.

Langkah ini merupakan bagian dari penumpukan militer di pulau-pulau yang menghadap ke Laut Cina Selatan, yang akan melihat landasan pacu diperbaharui dan pelabuhan baru dibangun, ujar Ryamizard Ryacudu dalam sebuah wawancara pada hari Kamis, 31/3/2016 dengan Bloomberg News. Hal ini juga melibatkan penyebaran marinir, unit pasukan khusus angkatan udara, batalyon tentara, tiga frigat, sistem radar baru dan drone, katanya.

Penempatan yang direncanakan adalah lima pesawat F-16 yang mencerminkan tingkat baru keprihatinan Indonesia tentang sengketa teritorial di Laut Cina Selatan yang mengadu Beijing dengan beberapa tetangga di Asia Tenggara. Indonesia tidak menjadi penuntut dalam sengketa itu, tapi bentrokan dengan penjaga pantai Cina bulan lalu atas penahanan kapal nelayan China, menunjukkan potensi Indonesia ditarik ke dalam konflik tersebut.

“Natuna merupakan pintu, jika pintu tidak dijaga maka pencuri akan masuk,” kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Ryacudu. “Semua ribut-ribut ini karena sampai saat ini belum dijaga. Ini adalah tentang rasa hormat dari negara.”

Menteri Pertahanan Indonesia juga mengatakan ia sedang mempertimbangkan memperkenalkan wajib militer di Natuna dan daerah terpencil lainnya dari kepulauan 17.000 pulau, “jadi jika sesuatu terjadi orang tidak akan takut dan tahu apa yang harus dilakukan.”

China mengklaim lebih dari 80 persen dari Laut Cina Selatan, membawanya ke dalam sengketa dengan Filipina, Brunei, Malaysia, Vietnam dan Taiwan. klaim Beijing telah menekan lebih tegas dalam beberapa tahun terakhir, didasarkan pada apa yang disebut garis sembilan-terputus yang tidak memberikan koordinat yang tepat. Dalam paspor yang diterbitkan pada tahun 2012, garis China itu digerogoti zona ekonomi eksklusif Indonesia di pulau-pulau Natuna.

f-16

Kedatangan kapal-kapal nelayan Cina dan kapal penjaga pantai ke wilayah negara-negara lain di ASEAN juga telah menyebabkan kegelisahan di Malaysia. Kementerian Luar Negeri negara itu memanggil duta besar China Huang Huikangdan menyampaikan keprihatinan atas dugaan perambahan kapal berbendera Cina di Laut Cina Selatan, yang disampaikan Kamis malam.

Aaron Connelly, seorang peneliti di Lowy Institute for International Policy di Sydney, mempertanyakan arti penempatan F-16 di wilayah Natuna, jika hendak ditujukan sebagai banyak jera atau berguna memerangi illegal fishing.

“Ini terlihat seperti unjuk kekuatan, tetapi itu adalah salah satu yang tidak berarti,” katanya. “Indonesia memiliki kartu diplomatik untuk bermain, tapi tidak dengan kekuatan militernya. Ini tidak akan menakut-nakuti militer Cina dengan menempatkan beberapa pesawat F-16 di Natuna. Ini adalah barang yang tidak cukup bisa digunakan untuk survei kegiatan maritim. ”

Ryacudu juga mengatakan ia berharap untuk menyelesaikan kesepakatan pembelian antara 8 dan 10 jet tempur Rusia Sukhoi Su-35 dalam perjalanan ke Rusia pada awal April. pemerintah juga telah mempertimbangkan untuk membeli F-16V Lockheed Martin Corp, Eurofighter Typhoon BAE Systems atau Saab AB Gripen.

Ketika ditanya apakah itu dimaksudkan Indonesia akan membeli F-16Vs selain jet Su-35, Ryacudu mengatakan “tidak, milik kami yang ada sudah cukup.” Namun, ia mengatakan, Indonesia akan terus mencari ke berbagai negara untuk pengadaan.

“Kami akan membeli dari Eropa dan Amerika, dan juga dari Rusia,” katanya. “Kami tidak memiliki prioritas. Yang penting, jika kita membutuhkan mereka, dan ada transefer teknologi, kami akan membeli. Kami mengganti pesawat tua, tidak menambahkan yang baru”.

Bloomberg.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar