Kamis, 26 Desember 2013

Rudal Pesawat Tempur TNI AU 2014


F-16C Fighting Falcon, 4th Fighter Squadron "Fighting Fuujins," Hill Air Force Base, Utah, menembakkan AIM-120 Advanced Medium Range Air-to-Air missile
F-16C Fighting Falcon, 4th Fighter Squadron  Hill Air Force Base, Utah, menembakkan AIM-120 Advanced Medium Range Air-to-Air missile

Kejutan penguatan alutsista TNI terus berlangsung dan salah satu yang cukup menonjol adalah pengadaan rudal udara ke udara jarak pendek, menengah hingga bom pintar, untuk pesawat tempur TNI AU.
Rudal yang dimaksud adalah AIM-9X untuk jarak pendek, serta AIM-120C untuk jarak menengah. Dari data yang ARC dapatkan, pengadaan AIM-9X sebanyak 30 unit aktif dan 20 unit captive senilai Rp 150 miliar. Untuk rudal jarak menengah, AIM-120C ada 20 unit rudal aktif dan 20 unit rudal latihan, dengan nilai pembelian Rp 460 miliar.
Rudal AIM 120 AMRAAM akan dipindahkan ke pesawat tempur di Aviano Air Base, Italia
Rudal AIM 120 AMRAAM akan dipindahkan ke pesawat tempur di Aviano Air Base, Italia

Kementerian Pertahanan juga hendak membeli 100 unit kit JDAM senilai Rp 220 miliar. Tidak kalah penting rencana pembelian Pod Lantirn, Sniper, Flare dan lain sebagainya.
Lantirn Pods memungkinkan pilot menerbangkan F-16 siang dan malam dalam kondisi cuaca yang buruk, menyediakan  Terrain-Following Radar (TFR), Forward-Looking Infra-Red (FLIR),  target laser illumination, serta targeting information for the aircraft's on-board fire control system
Lantirn Pods memungkinkan pilot menerbangkan F-16 siang dan malam dalam kondisi cuaca yang buruk, menyediakan Terrain-Following Radar (TFR), Forward-Looking Infra-Red (FLIR), target laser illumination, serta targeting information for the aircraft’s on-board fire control system
Bisa ditebak, semua pengadaan ini terkait pengadaan F-16 hibah dari Amerika Serikat:
Alutsista-2014
arc.web.id

Selain untuk TNI-AU, pengadaan yang cetar membahana terjadi untuk TNI-AD, dengan Helikopter Apache, Blackhawk hingga Chinook yang semuanya telah dianggarkan.
TNI AD akan membeli 8 helikopter Apache, 17 Blackhawk serta 3 unit Chinook. Tidak ketinggalan tambahan 80 Tank Marder untuk memperkuat satuan lapis baja TNI-AD.
arc.web.id
arc.web.id

Sementara untuk TNI-AL, rencana pengadaan terkait kelanjutan yang sebelumnya, seperti Kapal PKR, rudal Mica, serta lainnya. Kado akhir tahun yang manis. (ARC.WEB.ID).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar