Kamis, 12 Desember 2013

Ketua bidang parade & sailing pass tiba di Palu

Ketua bidang parade & <i>sailing pass</i> tiba di Palu
Belasan kapal perang mulai berdatangan di Palu (Dok Okezone)
Perwira Pembantu 2 Operasi Staf Operasi Angkatan Laut (Paban 2 Ops Sopsal) selaku Ketua Bidang Parade dan Sailing Pass “Hari Nusantara 2013” Kolonel Laut (P) Didik Setiono didampingi Perwira Pembantu 4 Dukungan Operasi (Paban 4 Duk Ops) Sopsal Kolonel Marinir Ketut Suarya, dan Perwira Pembantu Muda Operasi Harian (Pabanda Ops Har) Sopsal Mayor Laut (P) Erfan Indra Darmawan tiba di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (11/12/2013).

Kedatangan Ketua Bidang Parade dan Sailing Pass beserta rombongan diterima Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Ferry Supriady beserta staf. Selanjutnya meninjau kesiapan akhir terhadap seluruh unsur kapal perang beserta segenap prajurit dan perlengkapannya termasuk sejumlah lokasi yang akan digunakan sebagai ajang kebaharian.

Selain itu, memimpin langsung jalannya Tactical Floor Game (TFG) di KRI Surabaya yang sedang sandar di dermaga Lanal Watusampu, Palu, Sulteng, yang dihadiri Asintel Guspurlatim Kolonel Laut (P) Yeheskiel Katiandagho dan para Komandan KRI yang terlibat dalam Sailing Pass.

Unsur-unsur kapal perang yang akan terlibat dalam Sailing Pass terdiri dari 12 unsur, yakni satu unit kapal kelas Van Speijk (VS), satu unit kelas Sigma, satu Landing Platform Dock (LPD), dua Kapal Cepat Rudal (KCR), lima Fast Patrol Boat (FPB), dan dua Patroli Cepat (PC). 

Adapun nama-nama kapalnya adalah KRI Abdul Halim Perdanakusuma (AHP)-355, KRI Sultan Hasanuddin (SHN)-366, KRI Surabaya (SBY)-591, KRI Rencong (RCG)-622, KRI Keris (KRS)-624, KRI Ajak (AJK)-653, KRI Hiu-804, KRI Kakap-811, KRI Pandrong (PDG)-801, KRI Kerapu (KRP)-812, KRI Birang (BRG)-813, dan KRI Suluh Pari (SLP)-809.

Selain Sailing Pass, puncak acara juga akan dimeriahkan dengan atraksi terjun payung Free Fall oleh 14 penerjun pilihan dari Batalyon Intai Amfibi-1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang akan mendarat di atas geladak KRI Surabaya-591 yang sedang melaju di Perairan Teluk Palu dalam rangka ambil bagian pada ajang unjuk keterampilan di hari yang cukup bersejarah ini.

Disamping itu, TNI Angkatan Laut juga menggelar pameran sejumlah peralatan dan produk Dinas Hidro Oseanografi (Dishidros) serta Dinas Penelitian dan pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal). Pameran yang digelar mulai 10 hingga 14 Desember 2013 di Palu, antara lain menampilkan peralatan survei, foto-foto kegiatan survei dan pemetaan, brosur dan leaflet Dishidros, buletin Dishidros, serta film dokumenter kegiatan survei dan pemetaan.

Bukan itu saja, masih banyak peran TNI Angkatan Laut pada peringatan Hari Nusantara 2013 ini, antara lain survei verifikasi perairan Teluk Palu, parade dan Sailing Pass kapal-kapal TNI AL maupun non TNI AL, fly pass helly menarik banner, terjun payung, pameran nasional nusantara expo 2013, aneka olah raga perairan (dragon race, renang teluk, fun diving, dan layar), transplantasi terumbu karang, pengibaran bendera Merah Putih dari dasar laut, bersih pantai, serta kemah pesisir pramuka saka bahari.

Demikian pula dengan peran Jalasenastri. organisasi para isteri prajurit TNI Angkatan Laut dari jajaran Lantamal Vl Makassar yang tergabung dalam pengurus kapal pintar ini telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk turut memeriahkan peringatan Hari Nusantara 2013 dengan melibatkan diri dalam pameran nusantara expo 2013, di Sulteng.

Materi yang dipamerkan pun beraneka ragam, mulai dari miniatur rumah pintar, makanan khas, hingga aneka kerajinan tangan, yang keseluruhannya merupakan hasil karya masyarakat kepulauan yang telah mendapat bimbingan dari para pengurus Korcab Vl Daerah Jalasenastri Armada RI Kawasan Timur pimpinan Ny Ari Soedewo ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar