Sabtu, 31 Mei 2014

KSAL Melepas Peserta Latma RIMPAC 2014 ke Hawaii


Bertempat di Dermaga Mako Kolinlamil Jakarta Utara, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio,  Jumat (30/05/2014), melepas 226 personel gabungan angkatan laut untuk mengikuti latihan militer terbesar di dunia, Multilateral Rim Of Pacific-RIMPAC 2014.

Para personil yang di antaranya terdiri dari Korps Pelaut, Marinir, Kopaska tersebut diangkut dengan menggunakan kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) KRI Banda Aceh bernomor lambung 593 menuju Pearl Harbour Training Area di Perairan Kepulauan Hawaii AmerikaSerikat. Latihan sendiri akan berlangsung pada  25 Juni hingga 1 Agustus 2014.




Dalam RIMPAC 2014 ini TNI AL melibatkan KRI Banda Aceh-593. Juga akan menurunkan satu kompi pasukan Korps Marinir, satu unit helicopter BO-105 Puspenerbal yang juga on board di kapal, dua unit LVT-7 Korps Marinir, serta satu unit Rhib Impac Komando Pasukan Katak.

Latma RIMPAC ini digelar setiap dua tahun sekali oleh Armada ke-3 US Navy, yang pada mulanya hanya melibatkan Negara-negara dari Asia Pasifik. Namun selanjutnya berkembang menjadi latihan berskala multilateral dengan melibatkan negara-negara lebih luas dari kawasan Asia Tenggara.

Dalam latihan ini, KRI Banda Aceh-593 akan bergabung dengan 40 kapal perang dari berbagai jenis. Termasuk enam kapal selam dari 23 negara, seperti: Singapura, Korea Selatan, Jepang, Chile, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Norwegia, Peru, Brunei Darussalam, Kolombia, New Zealand, Malaysia, Mexico, Belanda, Filiphina, Thailand, Inggris, China, India, dan Perancis. 

(Teks + foto: Suharso)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar