Minggu, 11 Mei 2014

Robot Perang


Melihat berbagai sistem senjata mutakhir di film science fiction apakah kita sudah bisa menggunakan pasukan robot untuk bertempur?

Michael Ardine – Bogor

Saat ini apa yang kita lihat dalam film science fiction tentang pasukan Robot Perang yang mampu secara mandiri atau bersama-sama bertempur di udara, darat, dan laut sudah dikembangkan dengan nama teknologi Sistem Senjata Otonom (Autonomous Weapons Systems/ AWS). Sistem Senjata Otonom adalah sistem senjata yang dapat memilih dan menembak pada target sendiri tanpa campur tangan manusia. Senjata sepenuhnya otonom untuk menilai konteks situasional di medan perang dan memutuskan metode menyerang terbaik sesuai dengan informasi yang diproses.

Sistem Senjata Otonom akan bertindak mengikuti suatu "kecerdasan buatan" yang pada dasarnya diciptakan lewat perhitungan aritmetika dan pemrograman robot. Namun sampai saat ini belum memiliki semua fitur kecerdasan serta “perasaan” atau penilaian manusia, agar bisa bertanggung jawab dan tunduk mematuhi aturan-aturan dan norma-norma. Penggunaan kecerdasan buatan dalam konflik bersenjata yang akan menjadi tantangan mendasar bagi perlindungan warga sipil sesuai dengan hak asasi manusia internasional dan hukum humaniter.

Sistem Senjata Otonom berbeda dari sistem senjata remote control seperti Drone atau wahana nirawak yang masih dikemudikan oleh manusia dan komputer dari jarak jauh, karena  tidak memerlukan panduan atau pengendalian manusia setelah diprogram dan diaktifkan. Meskipun Sistem Senjata Otonomi dengan kemampuan  mematikan belum digunakan saat ini, namun kemampuan beroperasi dengan berbagai tingkat otonomi atau kebebasan bertindak dan menyerang sudah mulai digunakan. Sistem robot dengan berbagai tingkat otonomi dan mematikan telah digunakan secara aktif oleh Amerika Serikat, Inggris, Israel, dan Korea Selatan.

Penggunaan intensif pesawat tanpa awak  MQ - 1 Predator adalah saat CIA mulai melihat betapa  praktisnya jika  menggunakan robot udara untuk mengumpulkan intelijen dan menyerang sasaran dengan resiko dan biaya lebih kecil.

Para pakar percaya bahwa perang modern masa depan akan menggunakan  sistem senjata otonom.  Militer AS berinvestasi besar-besaran dalam penelitian dan pengembangan sistem senjata otonom  seperti wahana udara tak berawak  IAI Pioneer & MQ - 1 Predator  yang dapat dipersenjatai dengan rudal dan dioperasikan dari pusat komando jarak jauh untuk pengintaian dan penyekatan sasaran.

DARPA telah menyelenggarakan kompetisi di tahun 2004 & 2005 yangmelibatkan perusahaan swasta dan universitas untuk mengembangkan kendaraan darat tak berawak untuk bernavigasi melalui medan kasar di Gurun Mojave dengan beberapa simulasi tugas untuk hadiah  2 juta dolar .

Bidang artileri juga telah melihat beberapa penelitian yang menjanjikan dengan sistem senjata eksperimental bernama Dragon Fire II yang secara otomatis mampu mengisi peluru (loading) dan menghitung balistik untuk menembak secara akurat.

Pengembangan jet tempur dan pengebom otonom untuk menghancurkan target sangat menjanjikan karena tidak memerlukan pelatihan untuk pilot robot dan pesawat otonom mampu melakukan manuver yang tidak dapat dilakukan pilot manusia, desain pesawat tidak memerlukan sistem pendukung kehidupan, dan hilangnya pesawat tidak berarti hilangnya pilot manusia.  

Bahkan system robotika modern mampu membuat wahana tanpa awak dalam ukuran dan kemampuan sehinga mampu meniru burung kecil, serangga, ikan  atau binatang kecil yang dapat masuk celah-celah atau lubang dan masuk diantara kabel listrik untuk fungsi pengintaian hingga penyerangan, dengan senjata peledak atau senjata kimia dan biologi.

Namun, semua senjata otonom peperangan masih memiliki keterbatasan karena masih  memerlukan intervensi manusia untuk memastikan masih sesuai Konvensi Jenewa untuk hukum perang . Pertanyaan yang timbul adalah, dapatkah keputusan atas kematian dan kehidupan diserahkan kepada mesin? Dapatkah Sistem Senjata Otonom berfungsi dalam cara yang benar dan “etis”? Apakah mesin mampu bertindak sesuai dengan hukum kemanusiaan  atau hak asasi manusia internasional ?

Mengingat sebagian besar konflik bersenjata saat ini adalah konflik tanpa batas yang jelas antara berbagai kelompok bersenjata dan warga sipil, patut dipertanyakan bagaimana robot dapat secara efektif diprogram untuk menghindari korban sipil ketika manusia sendiri masih menghadapi kesulitan untuk mengatasi dilema ini .

Serangan militer tidak bisa dilakukan bila berisiko menyebabkan kerusakan sipil  dengan proporsional tinggi. Jelas diragukan  bahwa teknologi berpikir sistem robot perang saat ini mampu membuat keputusan tersebut .
Kelemahan terbesar sistem robotika perang adalah ketidakmampuan wahana robotika untuk mengakomodasi kondisi non-standar yang memerlukan intuisi dan perasaan manusia tentang yang baik dan jelek, yang salah dan benar, yang tepat dan tidak tepat. (Kol. Pnb. Agung "Sharky" Sasongkojati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar