Rabu, 06 Januari 2016

Ganja dan Patroli Prajurit TNI di Perbatasan PNG

  Patroli TNI
Patroli TNI

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satuan Tugas (Satgas) Yonif 406/CK yang sedang melaksanakan patroli di perbatasan RI-PNG, berhasil menemukan lahan ganja. Penemuan ini diperoleh berdasarkan informasi Komandan Pos Bompay Lettu Inf Karno dari masyarakat kampung Bompay, bahwa terdapat lahan ganja di pinggir sungai, di hutan kampung Bompay. Keesokan harinya anggota Satgas melakukan pengecekan dan menemukan lokasi lahan ganja di Keerom, Papua, Selasa (5/1/2016).

Lokasi lahan ganja berhasil ditemukan setelah personel Satgas Yonif 406/CK menyusuri hutan selama satu setengah jam perjalanan. Lokasi lahan ini ternyata disamarkan di antara pohon tebu dipinggir anak sungai Keerom dengan koordinat 8785 3225. Hasil yang ditemukan 17 batang pohon ganja berukuran 2 sampai 3 meter dan 2 ons ganja kering.

tni-4

Dansatgas 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya menyampaikan, seluruh jajaran pos Satgas Yonif 406/CK memiliki tugas untuk mencegah peredaran Minuman Keras (Miras), Narkoba dan Senjata Api serta Munisi di wilayah perbatasan RI-PNG. Tugas tersebut dilaksanakan dengan melaksanakan sweeping, patroli maupun mencari informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan keberadaan Miras, Narkoba dan Senjata Api serta Munisi.

“Kegiatan ini dinilai sangat efektif dilaksanakan, hal ini terbukti pada bulan September 2015 Satgas Yonif 406/CK berhasil mengamankan senjata laras panjang dan munisi tajam sebanyak 30 butir hasil dari kegiatan sweeping yang digelar dan sekarang Satgas berhasil menemukan lahan ganja”, ujar Letkol Inf Aswin Kartawijaya.

tni

Letkol Inf Aswin Kartawijaya mengatakan peredaran miras dan narkoba di Indonesia semakin banyak dan memprihatinkan. Tidak hanya orang dewasa saja yang mengunakan narkoba, tetapi juga remaja dan anak-anak sudah menjadi pengguna dan mengkonsumsi miras serta narkoba. Tidak terkecuali di Papua, khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG, peredaran miras dan narkoba di wilayah tersebut sangat tinggi.

tni-5

“Di suasana pergantian tahun, pada saat moment tersebut semakin banyaknya kita temukan masyarakat perbatasan yang mabuk di pinggir jalan, karena mengkonsumsi miras dan narkoba. Bila hal ini dibiarkan maka akan memicu banyaknya pelanggaran dan masa depan bangsa Indonesia akan terancam dan akan rusak karena miras serta narkoba”, ujar Dansatgas.

Puspen TNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar