Selasa, 18 November 2014

PIONER TERJUN PAYUNG INDONESIA

            Kita sebagai prajurit angkatan udara sangat familiar dengan olah raga terjun payung, baik itu terjun olah raga maupun militer.  Untuk itu kita perlu mengenal lebih dekat dengan Marsdya TNI Purn HM. Soedjono.   Beliau adalah salah satu tokoh pelopor, perintis terjun payung yang dimiliki TNI AU. 
            Awal ketertarikan ia ke dunia militer adalah pada saat  sekolah di AMS Yogyakarta. Ketika kelas tiga, pemuda Soedjono melamar untuk masuk Vrijwilling Vliegers Corps (VVC) yang merupakan  suatu korps Penerbang Sukarela Belanda.  Setelah diadakan berbagai tes, akhirnya Soedjono terpilih diantara para pemuda yang lainnya untuk mengikuti pendidikan.  Soedjono bersama para calon siswa lainnya berlatih terbang di sekolah tersebut setiap sore hari di daerah Sekip. Pesawat yang digunakan adalah pesawat buatan Belanda dan pelatihnya tentara Militaire Lucthvaart (ML) Belanda.   Pemerintah  Belanda menyadari bahwa disaat mendekati Perang Dunia ke- II dibutuhkan banyak tenaga  penerbang yang akan diterjunkan ke berbagai front pertempuran.
            Pada saat mendekati Perang Dunia ke- II, ia  bersama para pemuda lainnya dimiliterisasi untuk dijadikan tentara wajib militer. ia bersama para siswa lainnya kemudian dibawa ke Tasikmalaya, lalu ke Bandung, kemudian dari Jakarta diungsikan ke  Australia melalui jalur laut.  Jadi sebelum tentara pendudukan Jepang masuk ke wilayah Hindia- Belanda, pemuda Soedjono sudah berangkat terlebih dahulu ke Australia.  Setelah sampai di Australia rupanya timbul berbagai permasalahan baru seperti  keterbatasan instruktur penerbang untuk melatih calon-calon penerbang, minimnya persediaan bahan bakar  pesawat dan permasalahan lainnya.  Dari permasalahan yang ada pemerintah Belanda kemudian membuat kebijakan yaitu para calon penerbang tersebut diberangkatkan  ke Amerika Serikat untuk berlatih terbang.

            Dari Amerika Serikat , Soedjono kemudian dikembalikan lagi ke Australia untuk dilatih di Jungle Warfare Training Camp di Queensland sebelum diberangkatkan ke front pertempuran di Biak.  Satu tahun di front pertempuran Biak, ia lalu mendapat istirahat  di kota Melbourne lalu ke Brisbane Australia. Sebelum berangkat lagi ke front pertempuran, pada pertengahan bulan September 1945, ia mendengar berita bahwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Untuk itu ia mencari informasi ke berbagai sumber untuk mendapat keterangan mengenai kondisi terakhir di Indonesia.

            Soedjono dengan berbagai cara, akhirnya tiba dengan selamat di tanah air, pesawat yang ditumpangi mendarat dengan selamat di Lapangan Udara Kemayoran pada tanggal 5 Oktober 1945.    Tiba di tanah air, Soedjono melihat  masih banyak tentara Jepang yang berkeliaran.  Bersama Bapak Halim Perdanakusuma dan Bapak Roeslanoedanoeroesamsi berusaha mencari kontak dengan para pemuda untuk bisa sampai ke kota Yogyakarta.  Pada saat tiba di Lapangan Udara  Kemayoran, ia masih mengenakan seragam Belanda, dengan memakai topi pet, membawa pistol sehingga membuat orang-orang pribumi segan, malah cenderung takut untuk didekati kalau ditanya informasi seputar keadaan di tanah air. Akhirnya dengan pertolongan beberapa tokoh pejuang ia bisa berangkat ke Yogyakarta melalui Stasiun Manggarai.

            Sebelum berangkat ia dipesan oleh Dr. Kuswolodigo agar jangan bertanya macam-macam karena tentara dan mata-mata Belanda  ada dimana-mana, di samping itu juga agar tidak menimbulkan kecurigaan pihak Belanda tentang keberadaan mereka.   Sesampainya di Yogyakarta, ia menginap di rumah orang tua Bapak Roeslanoedanoeroesamsi yaitu Bapak Brontodiningrat.  Kemudian ia  menghubungi orang-orang di KNI pusat dan Polisi. Polisi datang ke tempat Soedjono menginap di rumah orang tua Bapak Roeslan. Tindakan polisi selanjutnya bukan membantu apa yang diminta Soedjono tetapi justru  menahannya  mungkin karena kesalah pahaman. Setelah ditahan kemudian atas pertolongan temannya yang bernama Umar Slamet ia dibebaskan.

            Setelah itu pemuda Soedjono mulai memasuki kancah revolusi dengan secara resmi masuk ke AURI tanggal 1 April 1946 dengan mendapatkan Nomor Registrasi Prajurit (NRP) 461010. Mengawali karir di AURI dengan pangkat Opsir Udara II menjabat Perwira Staf Khusus merangkap perwira diperbantukan pada Komandan Pangkalan Udara Maguwo dengan tugas khusus untuk mengatur pertahanan pangkalan dan disiplin lainya, karena Komodor Muda Udara A.Adisutjipto yang ditunjuk untuk menjabat sebagai Komandan Pangkalan, sibuk  mendidik calon-calon penerbang di Sekbang Maguwo.

            Kegiatan lainnya yang dilakukannya adalah melatih para pemuda untuk menjadi anggota Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP), kemudian  atas perintah Markas Tertinggi AURI melalui Komodor Muda Udara  Halim Perdanakusuma pada1947 membentuk pasukan payung pertama (paratroop).    Soedjono dengan semangat yang menyala-nyala melaksanakan perintah  yang telah diberikan oleh Markas Tertinggi AURI dengan senang hati.  Oleh karena ia belum pernah melaksanakan terjun, langkah pertama yang dilakukan beliau adalah mendatangi orang-orang yang berpengalaman dalam hal paracutis, di samping itu ia mempelajari sendiri teori-teori  terjun payung.

            Secara kebetulan  Soedjono mendapatkan payung-payung bekas peninggalan Belanda yang sudah lama tidak terpakai di Pangkalan Udara Maguwo. Soedjono sendiri secara kebetulan    baru mendapatkan informasi kalau ada pelipat payung zaman Belanda yaitu Legino, Amir Hamzah, dan Pungut. Mereka itu telah melaksanakan latihan penerjunan pertama kali tanggal 11 Februari 1946 di Pangkalan Udara Maguwo.   Di samping itu Soedjono bertemu dengan Opsir Muda Udara I  Soekotjo yang pernah bergabung dengan Angkatan Laut Belanda,  melaksanakan penerjunan dalam Operasi Perang Dunia ke- II.   Soejono kemudian menghubungi orang-orang tersebut untuk membantu memberikan teori dan praktek tentang penerjunan. Opsir Muda Udara I Soekotjo dengan senang hati membagikan pengetahuan dan  pengalamannya pada  Soedjono mengenai teori dan praktek terjun payung  meliputi teknik pendaratan klasik dengan koprol, juga membagikan ilmu operasi pendaratan di daerah yang diduduki musuh seperti menghilang bila sedang diikuti musuh disuatu kota dan lain sebagainya.

            Soedjono bersama Opsir Muda Udara I Soekotjo  mencoba sendiri untuk melakukan latihan terjun payung dengan pesawat Cureng bersayap ganda yang dikemudikan Komodor Muda Udara A.Adisutjipto dan Kadet Udara I Gunadi.   Pesawat Cureng sebetulnya tidak lazim digunakan untuk terjun payung, karena pesawat tersebut merupakan pesawat latih yang tidak memungkinkan seorang penerjun meloncat dari dalam pesawat.  Untuk itu ada teknik tersendiri untuk loncat dari pesawat, dimana penerjun keluar dari dalam pesawat kemudian merayap ke sisi kiri atau kanan pesawat untuk persiapan terjun.   Setelah siap  dengan posisi jongkok di pinggir sayap pesawat kemudian merebahkan diri kebelakang agar tidak tersangkut ekor pesawat.

    Pelaksanaan latihan terjun yang dilakukan oleh Soedjono dan Soekotjo disaksikan oleh sejumlah petinggi AURI diantaranya KSAU Komodor Udara S Suryadarma, Perwira Operasi Komodor Muda Udara Halim Perdanakusuma. Baru penerjunan ke dua Suryadarma meninggalkan tempat latihan. Namun dari cerita yang didapat dari orang terdekat rupanya Komodor Suryadarma tidak tega melihat kalau percobaan terjun yang dilakukan oleh kedua orang tersebut mengalami kegagalan. Tuhan Maha Besar penerjunan yang dilakukan oleh Soedjono dan Soekotjo berhasil dilakukan dengan baik meskipun payung yang digunakan Soekotjo mengalami robek setelah melakukan penerjunan.   Atas perintah KSAU Suryadarma,  Soedjono juga mendapat tugas untuk melatih para pemuda yang akan diterjunkan di Kalimantan di bawah pimpinan Mayor Tjilik Riwut pada tanggal 17 Oktober 1947 dengan tugas untuk mendrop pasukan di belakang garis depan musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar