Selasa, 18 November 2014

Menhan : Eksistensi Menwa Penting Bagi Penyelenggaraan Bela Negara

Menteri Pertahanan RI, menganggap eksistensi dan peran Menwa sangat penting dan strategis bagi pertahanan negara terutama dalam penyelenggaraan bela negara. “Peran pemuda terutama Menwa di Perguruan Tinggi sangat diperlukan di dalam bela negara, karena kegiatan Menwa juga merupakan salah  satu perwujudan upaya masyarakat dalam bela negara” demikian di ungkapkan Menhan, Ryamizard Ryacudu saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke II Korps Nasional Resimen Mahasiswa (Menwa) dengan topik “ Revitalisasi Menwa dalam membangun semangat bela negara”.Jumat (14/11), di Kampus ITB, Bandung.
Selebihnya Menhan mengatakan generasi muda Menwa sebagai penerus bangsa harus memiliki landasan sikap dan kesadaran terhadap jati dirinya berupa nilai-nilai kebangsaan dan semangat bela negara.
Dikatakannya, selain memiliki semangat bela negara yang tinggi dalam pertahanan negara, peranan Menwa di masyarakat juga begitu tinggi dengan tenaga dan pikirannya. Sebab, Menwa merupakan gabungan mahasiswa multidisiplin yang bersatu dengan semangat bela negara. "Jadi tidak hanya memiliki jiwa patriotisme yang tinggi, Menwa ini juga memiliki SDM yang mumpuni untuk disiapkan untuk pertahanan negara, mulai dari tenaga dan pikirannya," ungkapnya
Diutarakan Menhan, nilai-nilai bela negara tersebut menjadi semakin penting untuk dimiliki, ketika menghadapi tantangan dan ancaman terhadap persatuan kesatuan dan kelangsungan hidup bangsa yang semakin multi dimensi dan asimetris.
Nilai-nilai tersebut adalah nilai kenegaraan yang tercermin dalam kesadaran manusia untuk senantiasa memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan pada Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara.
Terkait penyelenggaraan Munas Menwa itu sendiri, Menhan menilai kegiatan ini merupakan pembaharuan tekad untuk menjadikan generasi muda yang patriotis, rela berkorban dan selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

DMC. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar