Rabu, 17 Juni 2015

Calon Panglima TNI & Kepala BIN Harus Netral

Badan Intelijen Nasional (BIN). (ist)
Badan Intelijen Nasional (BIN). (ist)
Komisi I DPR RI mulai melakukan pertemuan untuk membahas teknis proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bagi calon Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo dan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso.
“KaBIN (Kepala BIN-red) dari sebelumnya melewati itu, Marciano melalui proses fit and proper test di DPR. Presiden ajukan sama seperti Panglima, ini memang ketentuan untuk itu,” kata dia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6/2015).
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebutkan, salah satu kriteria yang harus dipenuhi dua calon tersebut adalah netralitas. Hal ini juga sudah disampaikan Mahfudz secara langsung ke Bang Yos yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
“Kriteria itu prinsipnya penilaian. Bagi Komisi I untuk KaBIN dan Panglima TNI kembali meurujuk ke Undang-Undang, salah satu asas itu netralitas. Makanya proses diajukan dan masih sebagai ketum partai. Secara formal sudah bicara ke Bang Yos, amanat UU mengharuskan bekerja secara netral dan tidak partisan,” tegasnya.
Kata Mahfudz, pihaknya sudah mendengar niat baik Bang Yos untuk mengundurkan diri dari PKPI. “Saya sudah dengar bahwa (Bang Yos) sudah resmi mengundurkan diri dari ketum partai,” tandasnya.(okezone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar