Sabtu, 03 Oktober 2015

Mengintip Persiapan HUT ke-70 TNI di Cilegon

KOMPAS.com/FABIAN Gladi bersih HUT ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu (3/10/2015)

"Yang perlu kau tahu, yang perlu kau tahu...rasa cintaku, cintaku padamu...rasa sayangku, sayangku padamu, hanyalah di dalam mimpi..." demikian lirik yel yang dinyanyikan 230 personel TNI Angkatan Darat dari Yonif 312 Kala Hitam, Subang, Jawa Barat, Sabtu (3/10/2015).

Mirip seperti tarian tradisional Ja'i dari Nusa Tenggara Timur (NTT), mereka membentuk lingkaran dan berputar mengelilingi sang komandan yang juga ikut bernyanyi. Kemeriahan tersebut hanya satu dari banyak kemeriahan yang ada di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, pusat peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sabtu ini adalah gladi bersih acara peringatan yang rencananya dilaksanakan, Senin 5 Oktober 2015 mendatang. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama sejumlah kepala staf TNI hadir meninjau gladi bersih tersebut. Tema peringatan HUT ke-70 TNI tahun 2015 ini adalah  "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiiri dan Berkepribadian."

Dermaga yang biasa digunakan untuk bongkar muat barang komersial tersebut disulap menjadi arena upacara raksasa. Panggung sepanjang sekitar 100x50 meter bernuansa merah putih dibangun menghadap laut. Sejumlah mobil pelontar rudal dan tank diparkir berderet di anjungan dermaga yang berada persis menghadap panggung.

Pemandangan itu menjadi background ribuan prajurit TNI yang tengah berbaris di lapangan upacara.

Berdasarkan siaran pers Pusat Penerangan TNI, pasukan yang terlibat dalam parade upacara tersebut terdiri gabungan dari tiga matra, yakni darat, udara dan laut dengan jumlah 6.349 personel.

Adapun, masing-masing matra mengeluarkan alat utama sistem persenjataan masing-masing. Misalnya, TNI AD dengan 6 unit Tank Scorpion, 4 Panser Tarantula dan 1 unit Radar Giraffe ; TNI AL dengan 3 Roket RM 70 Grad dan 3 unit Tank LVT 7 ; TNI AU dengan 2 unit Smart Hunter, Drone dan Rudal QW3.

Gladi bersih itu digelar tepat pukul 09.00 WIB. Hingga pukul 09.45 WIB, acara gladi bersih itu masih berlangsung. Saat ini, seribuan personel TNI sudah menyelesaikan latihan upacara dan tengah bersiap menunjukan kemampuan bela diri.

Selain wartawan, acara tersebut menjadi tontonan masyarakat setempat dan wisatawan yang kebetulan sedang mengunjungi kawasan tersebut. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar