Senin, 05 Oktober 2015

KEBANGGAAN & INTROSPEKSI DIRI HUT TNI 70 Thn

dedenew166

dedenew168

Sejarah militer menjelang 70 tahun TNI..kita patut bangga ternyata Jenderal Nasution telah dinobatkan oleh ahli sejarah amerika sebagai salah satu konseptor perang gerilya..disamping jenderal nguyen vo giap dari Vietnam, Mao Zedong dari China dan lawrence of arabia..

Kita patut bangga..ternyata kontingen TNI juara dunia 8 kali berturut turut dalam kejuaraan Australian Army skill at Arms Meeting(AASAM)..senjata dan MU yang digunakan semuanya produksi PT Pindad.

Kita patut bangga bahwa berdasarkan kajian GlobalFirepower 2015 kekuatan TNI berada di urutan 12 dari 160 negara dan pasukan khusus kita(den81,den bravo,denjaka) berada diurutan ke 3 dari 5 (SAS inggris dan IDF israel)..

Kita patut bangga..ternyata pada bulan april 1965..(saat konfrontasi dengan Malaysia) dalam sebuah pertempuran di desa Mapu,Long Bawan perbatasan kalbar -sabah..bataliyon 2 RPKAD Pecundangi pasukan SAS..pasukan SAS terbirit birit..silahkan baca dibuku fifty years of the parachute hal 261..(tapi inggris gak ngaku..malu kalee..)

Kita patut bangga..ternyata pada 10 Nop 1945 di Surabaya.. kekuatan TKR (cikal bakal TNI) yang hanya berbekal senjata apa adanya..mampu menghadapi satu Resimen para komando inggris ..bahkan Danmen nya Brigjen Mallaby tewas..

Kita patut berterima kasih pada disertir tentara jepang letnan Shigeru Uno..yang memberi pelatihan dasar militer kepada pejuang pejuang Indonesia..kisah ini bisa dibaca dalam buku They’re Forgetted karya Eiichi Hayasi..Letnan Uno berganti nama menjadi Rahmat..meninggal 25 agustus 2015 di malang..

Kita patut berbangga pada alm prajurit KKO Usman dan Harun..dalam surat terakhirnya kepada ibundanya..” Maafkan ananda..kematian tidak akan meruntuhkan kedjudjuran..ananda berharap ibunda bersabar..”cukilan sejarah TNI tersebut dapat di baca di buku “Conftontation, The Indonesia-Malay dispute 1963-1966″ karya Jack Mackhie..

Kita patut berbangga pada Komodor Yos Sudarso dengan sesantinya yang terkenal..”Kobarkan Semangat Pertempuran..”

Kita patut berbangga kepada alm Pelda Achmad Kirang yang gugur dalam operasi penyelamatan sandera pesawat Garuda ” Woyla ” yang dibajak teroris pada tanggal 31 maret 1981 di bandara Don Muang Bangkok..bisa dibaca di buku “Pengalaman Seorang Prajurit Komando”..Mayjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan

Kita patut berbangga..kepada Kopral Sarjono anggota PGT diterjunkan untuk merebut radar milik Belanda di pedalaman Kaimana Papua pd 26 April 1962..pengalaman ini telah melahirkan motto prajurit Paskhas..” Karmanye vadikaraste mavelesu Kadatjana ” kerjakan tugasmu..tanpa menghitung untung ruginya..

Kita patut menyesal dan prihatin..bahwa dua dari tiga pelaku perampokan uang 4,8M di Semarang hari senin yang lalu adalah Sertu Prisma Prihantono dan Serda Isac corupton angg denintel Kodam Diponegoro

Kita patut introspeksi diri..bahwa berdasarkan data imparsial sejak reformasi 1999-2015 bentrokan TNI POLRI berjumlah lebih 200 kali dengan korban tewas lebih 20 org..lebih besar dari korban gugur dalam penugasan. Di th 2014 saja terdapat 7 kali bentrok..(diakes via bbc.news dan Tribunnews 031020152214

dedenew165

Renungan HUT TNI Ke 70..ditengah tengah 10 kebanggan dan 2 introspeksi diri tadi.. saya jadi ingat pesan pak Dirman yg disampaikan pada 12 nov 1945 dan diulanginya dalam siasat 1/1948 saat pasakan TNI Menyerang benteng belanda di jogya…”Tentara hanya memiliki kewajiban satu yakni mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya..sebagai Tentara disiplin harus dipegang teguh.tunduk pada pimpinan atasannya, lhlas mengerjakan kewajibannya”..sungguh suatu perenungan yang harus bisa kita ambil manfaatnya..

TRI DHARMA EKAKARMA” Pengabdian tiga matra dalam satu kesatuan jiwa,tekad dan semangat perjuangan..”

DIRGAHAYU TNI ke 70 Thn
By Marsekal Muda Agus Barnas / Patriot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar