Minggu, 10 Mei 2015

Kopassus gunakan pendekatan 3 K ( Kesetaraan, Keadilan ,Kesejahteraan )




















Danjen Kopassus kembali bertemu dengan para tokoh, kali ini dengan tokoh dari Papua yaitu Tokoh Organisasi Papua Merdeka(OPM) Nikson Aroger,Kamis ( 30/4/2015) di lapangan tembak Ksatria Makopassus Jakarta Timur 

Dalam sambutanya, Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo mengucapkan terimakasih atas kehadiran para tokoh Papua dalam acara HUT  ke 63 Korps Baret Merah di Makopassus
Danjen Kopassus  juga mengatakan, masa lalu adalah masa lalu dan kini mari kita songsong masa depan yang lebih baik.
Danjen Kopassus mewakili Korps Baret Merah berjanji akan selalu menjaga keamanan masyarakat Papua, yaitu dengan menerapkan 3 konsep untuk menangani masalah di Papua.
Konsep pertama : Kesetaraan, diharapkan masyarakat Papua dapat menerima seluruh keluarga besar yang datang dari pelbagai daerah dengan hati yang tulus. 
Oleh karena itu, Kopassuss berjanji akan selalu menjaga keamanan dan juga akan selalu mengedepankan faktor kesetaraan dengan penerapan berbagai metodologi, sosial budaya.
Danjen berharap dengan melalui pendekatan kesetaraan ini dapat menarik hati kelompok-kelompok yang selama ini terlibat perselisihan dan ketegangan bersama aparat keamanan.
Konsep Kedua : Pendekatan Keadilan, ini sangatlah penting karena ditemukan banyak ketidakadilan di Papua. Diharapkan dengan adanya keadilan ini, diharapkan keadilan di Papua dapat ditegakkan, seperti adil dalam pendidikan, adil dalam kesejahteraan.  Dan keadilan akan terwujud apabila proses hukum mendapat dukungan.
Konsep Ketiga : Pendekatan Kesejahteraan, pendekatan ini juga sangat penting, karena banyak daerah. Kaya akan alamnya tetapi mereka justrru tidak menikmatinya dengan apa yang mereka miliki.
" Kami Korps Baret Merah akan melindungi diri dan juga masyarakat dari gangguan keamanan," tegas Danjen.
Dan, lanjutnya lagi, apabila tidak ada gangguan-gangguan. Yang dilakukan maka kamipun tidak akan ada upaya-upaya yang konprenhensip. Tetapi manakala ada gangguan, kami akan melakukan upaya melindungi diri dan juga melindungi tanah Papua.
" Marilah kita membina rasa persatuan dan kesatuan," tutup Danjen Kopassus 
Pada kesempatan tersebut Danjen Kopassus memberikan cinderamata kepada Boy Eluay berupa jaket Sahabat Kopassus .Boy Eluay putra sulung Theys Hiyo Eluay pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar