Kamis, 09 Juli 2015

Kepolisian Australia Curigai Dua Pilot Indonesia Diradikalisasi ISIS


Laporan Kepolisian Federal Australia (Australian Federal Police, AFP) yang bocor ke media menyatakan dua orang pilot Indonesia bernama Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih patut diwaspadai karena kemungkinan besar telah diradikalisasi oleh kelompok teroris ISIS.
Kedua pilot itu, menurut laporan AFP yang berjudul "Identifikasi Daftar Pilot Indonesia yang Berpandangan Ekstrim", patut dicurgai sebagai ancaman serius.
Laporan AFP yang disusun bulan Maret 2015 itu bocor dan dimuat di website Amerika Serikat bernama The Intercept. Website itu menyatakan laporan AFP ini telah dibagi di kalangan penegak hukum di Turki, Yordania, Inggris, dan AS sendiri.
"Pada 16 Maret 2015, AFP menerima informasi bahwa dua orang pilot Indonesia, yang kemungkinan bekerja di AirAsia and PremiAir, telah memposting di laman Facebook mereka pernyataan dukungan bagi ISIS," demikian laporan AFP seperti dikutip The Intercept.
Disebutkan bahwa pilot bernama Tommy pernah ke Australia tahun lalu selain mengunjungi berbagai negara tujuan lainnya.
"Berdasarkan atas analisa isi akun Facebook mereka, dipercaya bahwa kedua orang ini telah dipengaruhi elemen-elemen radikal - paling tidak secara online - dan akibatnya, mungkin menimbulkan ancaman bagi keamanan," kata The Intercept mengutip apa yang mereka sebut laporan AFP.
Ditambahkan, "Kedua pilot tampaknya dipengaruhi elemen ISIS termasuk propaganda online oleh unsur radikal Indonesia dan oleh milisi ISIS asal Indonesia yang ada di Suriah atau Irak".
Hingga Kamis (9/7/2015) siang waktu Melbourne, pihak AFP menolak memberi penjelasan mengenai benar-tidaknya laporan tersebut.

Viva. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar