Jam Digital

Minggu, 12 Juni 2016

Vietnam Akan Beli Tiga Unit Pesawat CN-295

Pesawat CN-295 produksi PT Dirgantara Indonesia (DI) disiapkan di landasan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke perusahaan tersebut di Bandung, Jawa Barat, Senin (12/01/2016). Presiden Joko Widodo menginginkan PT DI untuk fokus pada pembangunan pesawat angkut berkapasitas 30-60 orang yang menyesuaikan karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan. (ANTARA/Andika Wahyu/ip)

Pemerintah Vietnam semakin serius untuk membeli pesawat jenis CN-295 dari PT Dirgantara Indonesia. Hari Jumat (10/06) ini, Menteri Keamanan Publik Republik Sosialis Vietnam, To Lam, mengunjungi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Kantor Wapres, untuk membahas kerja sama pembelian CN-295.

Deputi Wakil Presiden bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan, Dewi Fortuna Anwar, menjelaskan bahwa Vietnam telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian alutsista sejak tahun 2013 lalu. Vietnam memesan tiga pesawat jenis CN-295.

“Saat ini, PT Dirgantara Indonesia tengah menyiapkan mekanisme pembiayaan lewat bank,” kata Dewi.

Pada awal Juni lalu, Jusuf Kalla telah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam, Trinh Dinh Dung, di sela-sela World Economic Forum (WEF) on ASEAN 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. Salah satu topik pembahasan dalam pertemuan itu adalah rencana Vietnam untuk membeli CN-295. Namun ketika itu, belum dijelaskan tentang jumlah unit yang akan dibeli oleh Vietnam.

Sumber: Republika Online