Jam Digital

Sabtu, 11 Juni 2016

India Jadikan Indonesia Sebagai Target Pasar Penjualan Rudal BrahMos


Peluru kendali supercepat India, Brahmos.

India menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar penjualan peluru kendali atau rudal jelajah canggih BrahMos. Perdana Menteri Narendra Modi telah memerintahkan BrahMos Aerospace sebagai produsen peluru kendali BrahMos untuk meningkatkan penjualan ke lima negara yaitu Vietnam, Indonesia, Afrika Selatan, Chile, dan Brasil.

Beberapa negara lain yang menjadi target pasar penjualan rudal BrahMos adalah Filipina, Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Menurut India, negara-negara tersebut telah “menyampaikan ketertarikannya, namun memerlukan pembicaraan dan analisis lebih lanjut”.

Sebelumnya, New Delhi telah menangguhkan permintaan Hanoi terkait BrahMos pada tahun 2011 karena takut akan membuat marah Tiongkok. Tiongkok memandang rudal itu dapat menimbulkan keguncangan.

Rudal BrahMos merupakan hasil kerja sama antara India dan Rusia. Rudal itu dikenal sebagai rudal tercepat di dunia dengan kecepatan hingga tiga kali kecepatan suara. BrahMos memiliki jarak tempuh sejauh 290 kilometer dan dapat diluncurkan dari darat, laut dan dengan kapal selam. Saat ini, sebuah varian yang dapat diluncurkan dari udara sedang dalam tahap pengujian.

Kini, India sedang berkembang menjadi salah satu eksportir senjata di dunia. India berusaha mengirimkan persenjataan demi mengumpulkan rekan pertahanan dan meningkatkan pendapatan.

Sumber: Kompas.com