Jumat, 01 November 2013

Menhan : Indonesia Butuh 34 Radar

 
 
NATUNA : Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantioro menjelaskan, saat ini Indonesia sedikitnya membutuhkan sebanyak 34 radar. Radar dibutuhkan untuk menunjang pengawasan TNI Angkatan Udara (AU) dalam menjaga wilayah udara di seluruh Indonesia.

"Jadi radar TNI AU itu radar primer, kalau sekunder itu buat komersil. Untuk kekurangannya, kami hitung sekitar 32 sampai 34 radar untuk seluruh Indonesia," kata Purnomo di Markas Komando Latihan Angkasa Yudha 2013 Lanud Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (30/10).

Purnomo menegaskan, saat ini yang menjadi prioritas penambahan radar dipusatkan di bagian timur Indonesia. Semua dilakukan demi pengawasan arus penerbangan yang maksimal.

"Wilayah barat sudah sebagian terpenuhi. Kalau wilayah timur ya bertahap. Untuk renstra (rencana strategis) pertama ada empat yang harus dipenuhi," ujar Purnomo.

Namun demikian, pemenuhan radar yang kurang tersebut akan dilakukan secara bertahap. Semua dilakukan sesuai renstra dan masterplan yang sudah ada.

Dijelaskan, selain dilakukan bertahap, pemenuhan radar tersebut juga menunggu persetujuan dari kementrian keuangan (Kemkeu) dan Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas).

"Untuk renstra pertama sampai 2014 ini, kami rencana beli 4 radar harganya total US$ 150 juta," ungkap Menhan.

Penguatan alat utama sistem senjata (Alutsista) juga tetap akan menjadi prioritas. Kemhan saat ini masih utamakan alutsista bergerak, baru pemenuhan alutsista tidak bergerak seperti radar.

Komandan Satuan Radar 212 Lanud Ranai Mayor Electronika Feri menuturkan, radar yang sudah terpasang di Lanud Ranai jangkauanya mencapai hingga 540 Km. Akivitas radar sangat diperlukan untuk mengintai arus penerbangan yang melewati udara di Natuna.
 
 "Jangkauan radar ini bisa sampai kucing (wilayah bagian Malaysia)," kata Feri.

Saat ini, radar di Lanud Ranai yang menjadi pintu gerbang terdepan pertahanan Indonesia dijaga sekitar 47 Personil. 47 itu terdiri dari perwira 12 dan anak buah 35.

"Mulai Januari hingga Oktober hanya ada penerbangan kapal Tiongkok, tapi setelah dicek berkas lengkap, itu terjadi April 2013," ucapnya.

Saatnya Indonesia Bermain Cerdas dan Strategis di Kancah Politik Asia Pasifik

NKRI sudah dikepung rapat oleh neokolim yang hampir sekarat ini: Darwin Australia, Cocos Island, Diego Garcia, Guam, Filipina sampai Singapura.
 
Saatnya Indonesia Bermain Cerdas dan Strategis di Kancah Politik Asia Pasifik
 

Ke depan, sistem hegemoni politik-ekonomi berdasar model domestikasi tidak lagi menjadi jaminan berlanjutnya hegemoni. AS harus melihat kenyataan semakin sangarnya China di Asia Pasifik, belum lagi agresifnya Rusia yang mulai bermain-main di Pasifik, termasuk rencananya membuat pangkalan militer di Vietnam. Dan juga jangan lupakan rencana Rusia membuat pangkalan "riset ruang angkasa" di sebuah pulau "Negeri Timur" yang tengah menggeliat bangkit. AS sangat naif dan bodoh jika melihat konstelasi semacam ini, AS masih berpikiran dia sebagai kekuatan unipolar era akhir 1990-an, yang cukup menghegemoni NKRI melalui sistem domestikasi saja.

Kalau Indonesia mau, konflik bisa diledakkan di depan hidung Australia. Sekarang Timor Leste "merapat" ke China, makanya AS dan Australia kebakaran jenggot. China cuma menghormati Indonesia, tinggal menunggu "ijin" dari Indonesia untuk membangun pangkalan di Timles. Kartu "as" ada di tangan NKRI. Jika NKRI ijinkan, Xi Jinping tinggal buat pangkalan langsung menantang pangkalan nekolim AS di Darwin Australia. Maka kita tinggal melihat "pesta kembang api" di Pasifik Selatan. Saatnya NKRI bermain cerdas dan strategis!

Dan Cina baru saja menguji tembak rudal pemburu kapal induk AS, DONGFENG 21-D. Rudal ini mampu mengejar kapal induk AS hingga range 2000 km dan berkecepatan lebih dari 4,5 mach (4,5 kali kecepatan suara). Makanya AS sekarang makin meradang dan megap-megap Mas Arief. Biarkan China saja yg meremukkan AS yang sudah sekarat ini. (GFI)


Penulis Tjokrogeni Ibrahim, Alumni Fakultas Teknik Elektro, Universitas Brawijaya, Malang
Strategi. 

Rabu, 30 Oktober 2013

ABDULRACHMAN SALEH

Anak Keluarga Dokter
 Abdulrachman Saleh dilahirkan dari keluarga dokter yang mempunyai disiplin dan pendidikan yang sangat kuat.  Tepatnya Abdulrachman Saleh dilahirkan pada tanggal 1 Juli 1909, di kampung Ketapang (Kwitang Barat) Jakarta.   Dan sebagai penghormatan terhadap jasa-jasa beliau, pemerintah kemudian menetapkan nama jalan tersebut menjadi jalan dr. Abdulrachman Saleh.  Ayah beliau, dr. Mohammad Saleh berasal dari Salatiga dan beristrikan seorang gadis Jakarta yang bernama Ismudiati.   Nama Mohammad Saleh cukup dikenal sebagai seorang dokter yang sosiawan di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat kota Probolinggo.   Beliau lulus menjadi dokter seangkatan dengan dr. Sutomo tokoh nasional pendiri Budi Utomo.
Sejak kecil Abdulrachmaman Saleh dan saudara-saudaranya selalu dalam asuhan ayah bunda dengan penuh kasih sayang, tetapi mereka juga dibiasakan hidup tertib dan serba mandiri.   Keluarga Mohammad Saleh merupakan keluarga besar, sebelas orang putranya, dua meninggal dunia waktu masih anak-anak dan sekarang hanya tinggal sembilan orang.  Putra dan putri keluarga Saleh mendapat didikan disiplin yang kuat, sampai-sampai pada makananpun sangat menjadi perhatian bagi keluarganya untuk pertumbuhan badan putra putrinya.   Pengetahuan merupakan prinsip utama bagi hari depan mereka.   Tidak kekecewaan yang beliau peroleh sebagai hasil jerih payah mendidik dan memberi disiplin kepada putra-putranya.  Memang hasil dari pendidikan dan pengajaran yang ditanamkan di hati setiap putra-putranya membuktikan kenyataan bahwa ketujuh putra-putrinya kesemuanya menjadi orang yang b erguna bagi masyarakat.
Maman, demikian panggilan Abdulrachman dari waktu kewaktu setiap hari hampir tiada waktu yang terbuang tidak berarti, setiap waktu yang ada selalu dimanfaatkan untuk mengetahui sesuatu.   Putra ini mewarisi sifat ayahnya yang memiliki sifat periang dan baik hati.   Sejak kecil Maman dijiwai hidup dan sifat serba ingin tahu terhadap sesuatu yang sangat menonjol.  Setiap mainan pemberian orang tuanya selalu ingin dibongkarnya, dan senantiasa bagian-bagian mainan yang telah berserakan tak menentu, dapat dipasangnya kembali.   Hal ini sering menimbulkan kesal pada orang tuanya karena mainan yang baru tidak pernah dibiarkan utuh dalam keadaan semula.   Pembawaan sifat serba ingin tahu yang dimiliki sejak kecil, kelak menjadi dasar bagi sukses dalam hidupnya, sehingga menjadi tokoh yang all round.

Keluarga besar Marsekal Muda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh
Ketika belum sekolah Maman kecil tempat tinggalnya berpindah-pindah, karena keluarga Saleh mendarma baktikan ilmunya kepada masyarakat dari kota yang satu pindah ke kota yang lain.   Tenaga dokter waktu itu sangat dibutuhkan dan jumlahnya sangat sedikit sekali bila dibangdingkan masyarakat yang membutuhkan,  karena tidak adanya keseimbangan antara penderita dan dokter-dokter pribumi maka keluarga saleh selalu berpindah-pindah.   Semula dari Jakarta dipindahkan ke Boyolali, Jawa Tengah, tak lama menempati kota ini keluarga Saleh menuju Kolonedale, Sulawesi Tengah disusul lagi kepindahannya ke Bondowoso, Pasuruan, Probolinggo.
Betruntunglah Maman yang dilahirkan dan dibesarkan oleh keluarga yang berpandangan luas dan jauh kedepan, oleh karena itu masalah pendidikan menjadi hal yang utama dalam keluarga tersebut.   Pendidikannya dimulai dengan Holland Indische School (HIS), Meer Urgebreid Lagere Onderwijs (MULO).   Setelah lulus MULO maksudnya hendak melanjutkan studinya ke School Tot Opleding van Indische Artsen (STOVIA) di Jakarta, untuk mengikuti jejak ayahnya.   Akan tetapi baru beberapa bulan ia masuk STOVIA, sekolah itu dibubarkan.
Pemerintah Belanda beranggapan bahwa dasar sekolah ini kurang memenuhi syarat-syarat, karena untuk menjadi dokter dibutuhkan dasar yang kuat dari Algemene Middelbare School (AMS).    Sekolahnya terpaksa dilanjutkan ke AMS Malang.   Kecerdasan dan kekuatan menghadapi sesuatu, merupakan modal bagi kelancaran pelajarannya, sehingga Maman terkenal anak yang pandai di kelasnya.
Mengikuti Jejak Orang Tua.
Sebagai seorang dokter, bapak Mohammad Saleh tentu menginginkan putra beliau melanjutkan cita-cita dan jejak beliau.   Ditambah pula lingkungan dan nilai-nilai sekolah lebih mendorong pemuda Abdulrachman untuk terjun dalam bidang kedokteran.   Kegagalannya di STOVIA tidak menghambat cita-citanya.   Setelah menamatkan AMS dengan nilai-nilai yang gemilang, ia memasuki Geneeskundige Hooge School (GHS) di Batavia.
Masa-masa kemahasiswaannya, tidak disia-siakan begitu saja.   Beliau aktif di bidang kemahasiswaan, begitu pula kegiatan-kegiatannya di luar fakultas.   Ia bukan seorang mahasiswa yang berjiwa text-book thinker.   Jiwanya yang serba ingin tahu mendorongnya untuk menyeburkan diri dalam organisasi-organisasi atau perkumpulan-perkumpulan yang sangat sesuai bagi dirinya.   Bakatnya di bidang olahraga sangat besar.   Waktu luang diisinya dengan kegiatan-kegiatan dalam organisasi keolahragaan, dimana ia dapat memupuk bakatnya.
Maman pernah menjadi anggota Indonesia Muda.   Dalam perkumpulan ini ia terjun dalam bidang olahraga atletik, berlayar, anggar.   Di samping perkumpulan olahraga, perkumpulan yang bersifat sosial juga tidak luput dari perhatiannya.   Sebelum masuk dalam Kepanduan iapun menggabungkan  diri dalam persatuan pemuda Jong Java yang bersifat kedaerahan dan ikut aktif pula di dalamnya.
Ketika Indonesische Padvinderij Organisatie (INPO) berdiri, ia menyebutkan diri dalam perkumpulan itu.   Pada tahun 1952 INPO diganti nama menjadi KBI (KepanduanBangsa Indonesia).   Peleburan ini dilakukan untuk mengganti nama Belanda dengan nama Indonesia.   Organisasi Kepanduan ini pun menuntut segenap perhatiannya.  Di kalangan KBI ia disayangi karena keramahannya dan keuletannya, dan juga disegani oleh anggota-anggota lainnya karena sifatnya yang berdisiplin.   Akhirnya ia menjadi seorang pemimpin yang berwibawa dalam Kepanduan.  Bakat-bakat kepemimpinanannya kelihatan makin nayata.   Dengan sifat yang tegas dan progresif sebagai pemimpin, Maman juga sanggup memberantas segala sesuatu yang kurang baik dalam organisasi Kepanduan.   Hal-hal yang tidak pada tempatnya selalu diusahakan untuk menjadi lebih teratur.   Ia juga tidak segan-segan mengoreksi sesama kawan yang menyeleweng atau kurang disiplin.   Untuk ini teman-teman sekepanduan lebih menyukai menyebut pemuda Abdulrachman dengan Karbol.   Karbol asalnya dari Krullebol yang waktu perpeloncoan disebut Karbol.
Sebelum Perang Dunia II, terdapatlah suatu Aeroclub di Jakarta bertempat di Kemayoran yang merupakan perkumpulan olah raga terbang.  Anggotanya sebagian besar hanya terdiri dari bangsa Belanda.   Biaya untuk masukpun dalam perkumpulan tersebut sangat tinggi, sehingga pemuda-pemuda Indonesia banyak yang tidak mampu menjadi anggota.
Bidang penerbangan ini mulai menarik baginya.   Berkat kemauannya yang keras, dan semangat pantang mundur dalam bersaing dengan pemuda-pemuda Belanda, akhirnya brevet terbang dapat diperolehnya.
Selama masa kemahasiswaan yang dilaluinya dari tahun ketahun, di samping belajar untuk menjadi dokter, ia juga mengembangkan keterampilannya dalam bidang-bidang lain sehingga ia sungguh-sungguh menjadi orang yang all-round.
Sudah menjadi tradisi bagi keluarga dr. Saleh yang menurun dari ayah kepada putra-putranya, bahwa sebelum mengakhiri masa belajarnya, mereka telah melangsungkan perkawinan terlebih dahulu.    Dalam tahun 1933 Maman memasuki kehidupan berumah tangga dengan gadis pilihannya bernama Ismudiati, seorang pendidik yang berasal dari Purworejo.    Perkenalannya dimulai di rumah Dr. Mardjono di Probolinggo,   dari perkawinan ini lahirlah dua orang putra yang bermana Pandji Saleh dan Triawan Saleh.
Setelah memperoleh gelar dokter, ia memperdalam pengetahuannya di bidang ilmu faal.  Dokter muda ini termasuk mahasiswa yang pandai, sehingga terpilih menjadi asisten dalam ilmu faal, mula-mula dosen pada NIAS, Surabaya, dan akhirnya iapun menjadi dosen pada Perguruan Tinggi Kedokteran di Jakarta, dan kemudian menjadi guru besar di Klaten sampai wafatnya.
Pendiri Radio Republik Indonesia (RRI)
Dalam tahun 1934 berdirilah perkumpulan yang menamakan dirinya Vereniging voor Oosterse Radio-Omroep (VORO) di mana salah satu pelopor dari perkumpulan tersebut adalah dr. Abdulrachman Saleh.   Tujuan perkumpulan ini menyiarkan kesenian-kesenian ketimuran.   VORO mempunyai pemancar sendiri berkekuatan 40 watt dengan gelombang 88 meter.
Pada tahun 1936 pemimpin VORO berpindah dari tangan Gunari ketangan dr. Abdulrachman Saleh.   Sejak waktu-waktu itu VORO mengalami kemacetan dalam bidang keuangan, karena itu studio berpindah tempat mencari sewa yang semurah-murahnya.   Mula-mula studio bertempat di Kramat 81 kemudian pindah ke jalan Menteng 20.   Sejak tahun 1937-1942, kemajuan VORO bertambah besar, ini berkat kegiatan dr. Abdulrachman Saleh yang besar bantuannya dalam bidang tehnik dan keuangan.
Setelah Pearl Harbor di bom pada tanggal 7 Desember 1941, seluruh daerah Asia Tenggara secara berangsur-angsur berpindah kekuasaannya ke tangan “Dai Nippon”.   Indonesiapun sebagai daerah yang strategis letaknya, lagi pula kaya akan bahan-bahan mentah tak luput menjadi calon batu loncatan bagi Jepang untuk menyerbu Australia.   Pemerintah Belanda di Indonesia dioper oleh Balatentara Jepang.  Pada masa Jepang dr. Karbol bekerja sebagai pengajar pada Perguruan Tinggi Jakarta.  Keaktifannya di luar perguruan tinggi pada masa Jepang, ikut dengan mahasiswa-mahasiswa dalam latihan militer pada PETA Jakarta.
Tanggal 14 Agustus 1945 adalah saat kekalahan Jepang setelah mengalami pemboman atom di Hirosima.   Kekalahan Jepang berarti berakhirnya penjajahan dan penindasan bangsa lain terhadap bangsa Indonesia.   Pemuda bersama seluruh rakyat bangkit melucuti sisa-sisa tentara asing yang masih tinggal.   Tidak ketinggalan pemuda-pemuda pegawai Kantor Radio Jepang juga merasa wajib untuk ikut berjuang dan membentuk suatu gerakan rahasia untuk menguasai kantor itu  karena radio merupakan mass media yang utama.   Gerkan  ini diketahui oleh Kempetai (dinas rahasia Jepang), sehingga proklamasi kemerdekaan yang diucapkan atas nama Sukarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 pada pukul 10 pagi, tidak dapat langsung disiarkan.   Penyiaran proklamasi terpaksa tertunda untuk beberapa jam lamanya.
Untuk dapat menyiarkan proklamasi kemerdekaan terpaksa pegawai-pegawai radio bagian tehnik termasuk Pak Karbol menyalurkan siarannya melalui pemancar yang bergelombang 16 meter, yang berada di Bandung.   Pemancar ini sudah agak lama tidak dipakai, dahulu pemancar tersebut dipergunakan oleh Markas Balatentara Jepang untuk memberi instruksi-instruksi kepada tentaranya yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia.   Penggunaan siaran gelap ini diketahui oleh Pemimpin Kantor Radio bangsa Jepang.   Dua orang Indonesia diminta pertanggungan jawabnya, yaitu Bachtiar Lubis dan Jusuf  Ronodipuro.  
Ketika bertemu dengan pemuda Jusuf Ronodipuro pada tanggal 18 Agustus 1945 menceritakan bahwa Hosokkyiku (pusat siaran radio pendudukan Jepang di Jl Merdeka Barat) ditutup, beliau bertekat membuat radio siran nasional.   Pemancar berkekuatan 100 Watt segera dibuat dari ruang Laboratoriun Ilmu Faal,  sejak tanggal 22 Agustus 1945 berkumandanglah “The Voice of Free Indonesia” atau  “Radio Suara Indonesia Merdeka”.   Siaran ini dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.   Siaran Suara Indonesia Merdeka inilah yang menyiarkan pidato Bung Karno sebagai Presiden Republik Indonesia untuk pertama kalinya pada tanggal 25 Agustus 1945 dan Wakil Presiden Republik Indonesia Bung Hatta pada tanggal 29 Asgustus 1945.   
Kemudian penyiaran keluar negeri melalui pemancar di Bandung untuk kedua kalinya dihentikan atas perintah Markas Besar Tentara Sekutu di Timur Jauh.   Kebutuhan untuk mengadakan penyiaran keluar negeri dirasakan sangat besar manfaatnya,  karena adanya berbagai kendala yang berupa larangan penyiaran terpaksa siaran-siaran dilakukan di luar studio.  Dipelopori oleh dr. Abdulrachman Saleh disiapkanlah pemancar-pemancar secara ilegal.   Berkat keahliannya dalam bidang tehnik, tak lama kemudian siaran radio kita dapat mengudara dengan nama Radio Indonesia Merdeka dengan gelombang 85 meter,   tempatnya di sebuah Gedung di Jl Mentang Raja Jakarta.   Kemudian dengan berstudio di Perguruan Tinggi Kedokteran di Salemba 6 (kini Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), mulai memancarlah siarannya di angkasa :  Siaran Radio Indonesia Merdeka keluar negeri dengan call : This is the Voice of Free Indonesia.   Waktu itu Balatentara Jepang dengan perasaan geram mencari-cari sumber siaran kita diluar studio, namun   usaha mereka tidak pernah berhasil.  
Semua ini dapat berhasil  dengan baik berkat jerih payah dan daya upaya Pak Abdulrachman Saleh, yang sebenarnya bukan seorang pemimpin dari Djawatan Siaran Radio.   Tetapi karena wataknya yang ringan tangan dan demi untuk kemerdekaan negara ia mencurahkan tenaga dan pikirannya kepada perjuangan di bidang radio.   Dan berkat bimbingan Pak Karbol dengan dibantu oleh para aktivis radio, dapatlah disusun dasar-dasar dari Radio Republik Indonesia pada tanggal 11 September 1945.   Terkenal sebagai Triprasetya RRI yang merupakan testament  Prof. Dr. Abdulrachman Saleh.   Dan terkenallah semboyan RRI menantang segenap musuh revolusi :  Sekali di udara tetap di udara.
Peran sebagai insan radio ini membawa Profesor, Dr Abdulrachman Saleh sebagai ketua organisasi Radio Republik Indonesia.   Ketika stasiun radio setasiun radio sudah pindah kembali ke Jl. Merdeka Barat organisasinya sudah meliputi sepuluh stasiun yaitu:
  1. Stasiun Jakarta (Pusat)
  2. Stasiun Bandung
  3. Stasiun Jogyakarta
  4. Stasiun Semarang
  5. Stasiun Surakarta
  6. Stasiun Purwokerto
  7. Stasiun Surabaya
  8. Stasiun Madiun
  9. Stasiun Kediri
  10. Stasiun Magelang
Dalam pertemuan pada tanggal 10 September 1945 di kediaman pemuda Adang Kadarusman di Menteng, Jakarta,  dimana pertemuan dipimpin oleh Abdulrachman Saleh, telah diambil beberapa keputusan yang mendasar antara lain, 11 September 1945 ditetapkan sebagai berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI).   Tri Prasetya RRI, yaitu sumpah pegawai RRI kepada Republik Indonesia dan menjaga RRI sebagai alat perjuangan bangsa.   Kemudian organisasi semua radio tunduk kepada pusat yang diketuai oleh Profesor, Dr Abdulrachman Saleh.     
Setelah siaran-siaran RRI lancar,  Pak Karbol merasa bahwa sudah tiba saatnya beliau mempelopori perjuangan di bidang lain.   Beliau lalu mengundurkan diri dari bidang radio dan masuk kedalam Tentara Republik Indonesia untuk membentuk Angkatan Udara Nasional bersama-sama dengan Adi Sutjipto, seorang bekas murid Pak Karbol di Perguruan Tinggi Kedokteran Jakarta.
Mengabdi di AURI
Setelah Indonesia merdeka beliau mengalihkan perhatiannya pada perjuangan di bidang kedirgantaraan, dengan memilih berjuang ke AURI.   Pada saat AURI masih dalam pertumbuhan, beliau bersama perintis Angkatan Udara lainnya tidak mengenal lelah dan gentar untuk mengembangkan kejayaan sayap tanah air.    Dalam tahun 1947 ketegangan antara Pemerintah Indonesia dan fihak kolonialis Belanda makin lama makin memuncak.  Untunglah bahwa pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 5 Oktober 1945 telah membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang kemudian mempunyai Djawatan Penerbangan.  Nama TKRI itu kemudian diganti dengan nama Tentara Republik Indonesia (TRI) dan Djawatan Penerbangan dengan Dekrit Presiden pada tanggal 9 April 1946 menjadi TRI Angkatan Udara.  Pucuk pimpinannya dipegang oleh Komodor Udara (sekarang Laksamana) S. Suryadarma dan Wakil I Komodor Sukarnen Martokoesoemo, Wakil II Komodor Muda Udara Adisutjipto.  Tugas yang dibebankan kepada anggota-anggota  TRI Angkatan Udara tidaklah ringan,  terutama pada bidang pembangunan dan pembentukan penerbangan militer.  Juga usaha merintis jalan ke arah penerbangan sipil dalam keadaan darurat tidak dapat dianggap enteng.
Kebutuhan akan tenaga ahli sangat kurang,   ditambah pula pesawat terbang yang tersedia merupakan barang-barang rongsokan, bekas pesawat terbang Jepang.   Demikian pula keadaannya dengan penerbang-penerbang Indonesia, hanya ada beberapa gelintir saja.   Dari beberapa gelintir penerbang-penerbang Indonesia ini, tenaganya diminta untuk ikut membentuk Angkatan Udara.   Sebagai mantan penerbang olahraga sebelum Perang Dunia ke II Pak Karbol tidak ketinggalanmenyumbangkan darma baktinya bagi bangsa dan tanah airnya.
Di Yogyakarta Pak Karbol belajar mengemudikan pesawat Cureng bersayap dua, dan Adisutjipto bertindak sebagai instrukturnya.   Dipelajarinya tipe-tipe pesawat lain diantaranya Glider, Hajabusya, bomber.   Pesawat-pesawat tersebut semuanya merupakan warisan Jepang yang mesin-mesinnya diperbaiki sendiri oleh beliau.   Banyak pesawat-pesawat rongsokan Jepang yang telah rusak diperbaikinya sehingga dapat dipergunakan lagi oleh AURI.
Untuk beberapa waktu lamanya beliau tinggal di Yogyakarta menjadi instruktur penerbang pembantu Adisutjipto.  Tak lama kemudian pada tahun 1946 tugasnya dipindahkan untuk menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Maospati (Madiun) dan bertempat tinggal di Malang.
Ketika tinggal di Madiun putra kedua lahir.  Pemberian nama bagi putra kedua berdasarkan atas kenang-kenangan masuknya beliau ke TRI Angkatan Udara.  Nama Tri dan Awan menjadi Triawan.  sifat “air minded” yang beliau miliki kelihatan nyata, sampai-sampai putranya diberi nama demikian.
Satu kelucuan lagi dalam sifat dr. Abdulrachman yaitu sewaktu kepindahan beliau dari Madiun ke Malang diikuti oleh keluarga.  Dengan menaiki Cureng, putra Triawan yang masih bayi ditempatkan dikoper kecil, untuk menghemat tempat dalam pesawat.  Disini kelihatan sifat beliau sejak kecil yang selalu sederhana dan praktis.

Abdulrachman Saleh dalam suatu kegiatan ketika menerangkan pesawat AURI yang sedang terbang
Di Malang  Abdulracman mendirikan  Sekolah Tehnik Udara yang pertama, di Madiun juga membentuk Sekolah Radio Udara.  Tenaga beliau sangat dibutuhkan dimana-mana, selain dibidang penerbangabn, juga dibidang kedokteran.  Perguruan Tinggi Kedokteran di Jakarta yang selama Clash I telah dipindahkan ke Klaten, membutuhkan tenaga guru besar.   Bagaimana mungkin beliau yang tinggal di Malang harus mengajar setiah hari ke Klaten yang jaraknya cukup jauh.  Untuk melaksanakan tugas mengajar di Klaten beliau menggunakan peaswat Hayabusha  dengan diterbangkan sendiri melalui Pangkalan Udara Maospati.
Disini kita jumpai lagi keparaktisannya dalam kehidupannya setiap hari.  Untuk memudahkan tugasnya apabila ada persoalan penting yang harus beliau selesaikan di Madiun, dipasang suatu tanda oleh  ajudannya yang ada di Pangkalan Udara Maospati.  Sebaliknya apabila Pak Karbol hendak menugaskan sesuatu, beliau tinggal melemparkan secarik kertas dengan pesan-pesan pada ajudannya.  Bila tak ditemuinya tanda-tanda, perjalanan dilanjutkan ke Pangkalan Udara Panasan dan dari sini dengan mengendarai sepeda motor.
Ada suatu kejadian istimewa yang mungkin hanya dapat terjadi pada diri beliau saja.  Ketika beliau mendarat di Maguwo, dengan kereta api menuju ke Klaten, tiba-tiba kereta api berhenti di tengah jalan, loko nya mogok.  Tak segan-segan beliau segera turun tangan membetulkan mesinnya yang rusak sehingga kereta dapat meneruskan perjalanan dengan selamat sampai di Klaten.  Contoh ini merupakan cermin bagi kita betpa dr. Abdulrachaman Saleh benar-benar melaksanakan asas “ilmu untuk amal”.  Dalam kehidupannya beliau sangat sederhana dalam segala hal, tidak terdapat padanya sifat-sifat sombong.  Hidupnya secara intensif dan penuh inisiatif yang menjadikan dirinya bermanfaat untuk keluarganya, masyarakat dan tanah air.
Gugur Bersama Pesawat Dakota VT-CLA
Menjelang bulan Juli 1947 dr. Abdulrachman Saleh bersama-sama dengan Pak Adisutjipto mendapat tugas dari pemerintah untuk pergi ke luar negeri yaitu ke India.  Tugas ini maksudnya untuk mencari bantuan luar negari berupa instruktur dan obat-obatan.  Seorang industrialis India bernama Pat Naik meminjamkan pesawatnya jenis Dakota untuk tugas mengangkut obat-obatan  bagi PMI.   Dalam tugas ini terjadi  peristiwa yang sangat menyakitkan bangsa Indonesia yang terjadi pada sore hari tanggal 29 Juli 1947.   Pada hari itu bertolak dari Singapura pesawat Dokota India VT-CLA ke Yogyakarta dengan membawa obat-obatan  sumbangan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia.   Pemberangkatan pesawat tersebut telah mendapat persetujuan pemerintah Inggris dan pemerintah Belanda.  
Tanggal 28 Juli 1947 pers dan radio Malaya telah menyiarkan berita bahwa sebuah pesawat Dakota VT-CLA dengan muatan obat-obatan akan tiba keesokan harinya (29 Juli 1947) di Yogyakarta.  Katanya sudah memperoleh persetujuan dari Pemerintah Belanda.  Namun kenyataannya ketika pada siang hari menjelang sore pesawat udara yang mengangkut obat-obatan ini hendak mendarat di Pangkalan Udara Maguwo dari arah Utara muncul dua buah pesawat Mustang Belanda.  Secara bertubi-tubi peluru dimuntahkan kearah peasawat Dakota VT-CLA, pesawat ini kehilanggan ketinggian dan membuat pendaratan, ke arah Selatan kota Yogyakarta.  Pesawat membentur pohon, patah menjadi dua dan terbakar, hanya sebagian ekornya saja yang masih utuh.  Semua awak pesawat dan penumpang meninggal dunia kecuali seorang penumpang yang kebetulan duduk di bagian ekor pesawat yang masih hidup.  Penumpangnya, temasuk dr. Abdulrachman Saleh, Adisutjipto, Adisumarmo Wiryokusumo, Zainal Arifin, pilotnya Alexander Noel Constantine (Wing Comander Australia), Squadron Leader Inggris Roy Hazelhurst, juru tehnik India Bidha Ram dan Ny. Constantine, sedangkan yang selamat yakni Gani Handonotjokro.
Masyarakat Yogyakarta tidak menyangka samasekali bahwa pesawat terbang tersebut berisi orang-orang penting yang membawa obat-obatan, mereka hanya mengira bahwa serangan itu memang sesuai dengan siasat musuh yang akan membom Yogyakarta.   Dikalangan AURI ada anggapan bahwa apabila pesawat tersebut dikemudikan oleh Pak Adisutjipto dan pak Abdulrachman Saleh sendiri yang mengenali dari udara kubu-kubu musuh dan daerah-daerah di sekitar Yogyakarta dengan baik, mungkin tak sampai terjadi peristiwa yang menyedihkan itu.
Tetapi bagaimanapun juga kejadian ini merupakan suatu musibah yang sangat menyedihkan seluruh seluruh rakyat Indonesia, AURI khususnya.  Betapa tidak, pahlawan-pahlawan pembina dan tulang punggung penerbangan kita telah tiada.  Ini semua adalah pengchianatan dari Jenderal Spooe, yang secara biadab dan pengecut telah memerintahkan untuk menyerang pesawat Dakota VT-CLA jenis angkut yang tidak bersenjata, sehingga tidak berdaya untuk membela diri. Akhirnya pesawat jatuh di desa Tamanan, kecamatan Banguntapan, dekat desa Ngoto, Bantul, Yogyakarta.
Usaha ini memang sejak lama menjadi rencana Belanda yakni untuk  melumpuhkan tenaga-tenaga initi dari penerbangan kita.   Kota Yogyakarta berkabung dengan jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA, peti-peti jenazah ditempatkan berjejer di Hotel Tugu.  Pada hari pemakaman rakyat penuh sesak disepanjang jalan Malioboro untuk memberi penghormatan yang terakhir kalinya pada pahlawan-pahlawan penerbangan kita.  Jenazah dr. Abdulrachman Saleh dimakamkan di pemakaman Kuncen, Yogyakarta.
Penghargaan Kepada Marsda TNI Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh
Sebagai rasa terima kasih AURI yang tak terhingga atas jasa-jasa beliau dan Komodor Muda Udara Adisutjipto yang ikut membina sayap tanah air, almarhum dianugerahi pangkat Laksamana Muda Udara,  dan ditempat jatuhnya pesawat didirikan tugu peringatan.   Tepat pada hari ulang tahun republik Indonesia, 17 Agustus 1952 AURI telah menetapkan Pangkalan Udara Bugis, Malang menjadi Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh.
Sebagai penghargaan jasanya yang sangat besar di bidang kedokteran umumnya dan bagi ilmu faal khususnya, maka Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pada tanggal 5 Desember 1958 telah meresmikan dr. Abdulrachman Saleh sebagai Bapak Ilmu Faal Indonesia.  Pada tanggal 16 April 1959 Presiden Sukarno berkenan memberikan Satyalencana Bintang Garuda kepada Ibu Abdulrachman Saleh, sebagai tanda terima ksih rakyat epublik Indonesia atas jasanya.  Penghargaan dan penghormatan yang berikutnya juga telah diberikan pada tanggal 15 Pebruari 1961 oleh Presiden kepada Ibu Abdulrachman Saleh yakni Bintang Mahaputra.
Marsekal Muda Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh atau lebih dikenal dengan nama panggilan “Pak Karbol” adalah salah satu diantara Pahlawan Pembina Angkatan Udara Republik Indonesia yang serba bisa dan serba guna atau “all raound”.   Karena beliau adalah seorang penerbang dan teknik radio, seorang guru besar dalam ilmu kesehatan/ilmu faal, seorang bintang lapangan dalam olahraga, seorang pemimpin yang pandai, berwibawa dan jujur dan mendahulukan kepentingan tugas negara di atas kepentingan pribadi.   Oleh karena itu Taruna Akademi Angkatan Udara sangat perlu mengambil suri tauladan dari pahlawan tersebut dalam semangat, kepandaian dan pengorbanan.   Untuk penghargaan, penghormatan dan pengabdian nama pahlwan udara tersebut, maka sesuai dengan Surat Keputusan Komandan Akademi Angkatan Udara Nomor : 145/KPTS/AAU/1965 tertanggal 3 Agustus 1965 dianggap perlu nama “Pak Karbol” yang diberikan pada Taruna Akademi nama panggilan “Kadet” diganti dengan nama panggilan “Karbol”.   Dalam perjalanan sejarah panggilan “Karbol” berubah menjadi “Taruna”, namun sebutan “Karbol” dikukuhkan kembali sebagai panggilan Taruna Akademi Angkatan Udara   berdasarkan Surat Keputusan Kasau Nomor : Skep/179/VII/2000 tanggal 18 Juli 2000.
Prof. Dr. Abdulrachman Saleh bukan hanya milik TNI AU saja, tetapi beliau adalah milik bangsa Indonesia, maka sudah selayaknya apa bila beliau dijadikan sebagai suri tauladan dalam pengabdian kepada nusa, bangsa dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor: 071/TK/1974 tanggal 9 November 1974 tentang Penetapan Pahlawan Nasional.  Pada tangal 14 juli 2000 atas prakarsa Kepala Staf TNI AU Hanafi Asnan kerangka jenasah Bapak Abdulrachman Saleh dan Adi Sutjipto beserta istri dipindahkan ke lokasi tempat jatuhnya pesawat VT-CLA.  Lokasi tersebut dibangun menjadi monumen yang sangat megah sekaligus sebagai makam kedua tokoh TNI AU beserta istri drngan nama Monumen Perjuangan TNI AU sebagai penganti nama Monumen Ngoto.     

Pemindahan jenazah Abdulrachman Saleh 
Jelaslah bagi kita mengapa tanggal 29 Juli merupakan Hari Berkabung bagi AURI.  Sebab dengan gugurnya kedua pelopor Penerbangan Nasional, bangsa Indonesia telah kehilangan tenaga yang sangar besar artinya.  Hari Berkabung itu kemudian dijadikan Hari Bhakti AURI, karena pahlawan-pahlawan itu telah gugur dalam kebaktiannya kepada tanah air.
Berkat hasil serta semangat perjuangan beliau dimasa lampau, Prof. dr. Abdulrachman Saleh diakui sebagai pelopor bangsa pada berbagai bidang, merintis Ilmu Faal di Indonesia, ikut mencetuskan suara RRI ke udara dan yang ikut meletakkan dasar-dasar bagi Angkatan Udara kita hingga dewasa ini semakin kuat, berkuasa di udara.
TNI.

PULAU NATUNA DI BOMBARDIR PESAWAT TNI AU

Sejumlah pesawat tempur TNI AU terdiri dari enam Su-27/30 Sukhoi Skadron 11, empat F-16 Fighting Falcon Skadron 3, empat Hawk 109/209 Skadron 12, empat Hawk 109/209 Skadron 1 dan tiga EMB-314 Super Tucano Skadron 21 akan menggempur dengan bom dan roket dengan sasaran Pulau Natuna pada Kamis (31/10).
Pesawat-pesawat tersebut secara bergantian akan memuntahkan bom dan roket terhadap sasaran di darat dan pantai maupun laut sekitar Pulau Natuna yang dikuasai musuh.
Sebelum pengeboman dilakukan, sebuah pesawat intai Boeing 737-200 Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasnuddin Makassar yang dikawal dua Sukhoi melakukan pengintaian dan pempotretan udara disekitar Natuna, pengintaian juga dilakukan pesawat Cassa 212 Skadron Udara 4 Lanud Abdurachman Saleh Malang yang dikawal dua pesawat Hawk 109/209.
Selain itu dilakukan pengintaian bersenjata (ARM RECCE) oleh pesawat Hawk 109/209 Skadron, F-16 Fighting Falcon, Su-27/30 Sukhoi dan EMB-314 Super Tucano.
Untuk mengendalikan pertempuran dan pengeboman oleh pesawat-pesawat tempur TNI AU, pada H-2 diterjunkan 13 pasukan tim Pengendali Tempur (Dalpur) oleh CN-295 Skadron 2 pada dini hari untuk menghidari pantauan musuh.
Usai pengeboman oleh pesawat-pesawat tempur TNI AU, sekitar 400 Pasukan Khas Angkatan Udara (Paskhasau) yang diterjunkan oleh tujuh pesawat C-130 Hercules mengadakan penyerbuan kedaerah musuh untuk membesihkan sisa-sisa musuh yang masih tersisa untuk menguasai obyek vital, sedangkan untuk mengoperasikan kembali pangkalan yang sudah dikuasai C-130 Herculen dilakukan air landed membawa Paskhas yang terlatih di bidang PLLU, Meteorologi maupun fasilitas pangkalan agar menudahkan operasi selanjutnya.
Dalam pertempuran tidak tertutup kemungkinan akan terjadi penyanderaan dan evakuasi korban-korban pertempuran, untuk membebaskan penyanderaan Tim Paskhasau akan melakukan operasi SAR Tempur (Sarpur) sedangkan untuk korban pertempuran akan dilakukan Pengungsian Medis Udara (PMU) dengan C-130 Hercules dengan membawa korban langsung ke Jakarta.
Kegiatan tersebut merupakan skenario Latihan Operasi Udara dengan sandi “Angkasa Yudha 2013” yang digelar di Pulau Natuna yang disaksikan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro, Anggota DPR RI Komisi I, Pejabat Mabes TNI dan pejabat TNI AD, TNI AL dan TNI AU.
Dalam latihan tersebut didukung juga oleh pesawat CN-235 dalam penerjunan Tim Bravo, satu C-130 KC (Tanker) untuk pengisian bahan bakar di udara (Air Refueling) serta Helikopter SAR maupun helikopter dukungan VIP.
Kasau Masekal TNI Ida Bagus Putu Dunia mengatakan, latihan ini merupakan pembinaan kemampuan dan kekuatan satuan-satuan TNI AU secara berjenjang mulai tingkat perorangan, tingkat satuan, antar satuan hingga tingkat latihan puncak Angkasa Yudha, untuk menguji kesiap siagaan satuan sekaligus menguji doktrin operasi udara dalam menanggulangi kontijensi.
Latihan ini juga ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas dan Dinas terkait.
Latihan ini menerapkan prinsip unity of command. Prinsip ini tercermin sejak tahap Geladi Posko hingga tahap Geladi Lapangan, diterapkan dalam rangkaian Operasi Pertahanan Udara, Operasi Serangan Udara Strategis, Operasi Lawan Udara Ofensif, Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi.
Menurut Kasau, Perbaikan doktrin serta skenario latihan memang perlu selalu diperbaiki. “Doktrin harus disesuaikan dengan trend ancaman masa depan dan kemampuan perang kita kita, sedangkan skenario harus berpedoman dari ancaman masa kini yang paling mungkin terjadi”.
Hal tersebut dimaksudkan sebagai koreksi untuk mengurangi kelemahan-kelemahan yang pasti ditemui selama latihan berlangsung. Hanya dengan cara perbaikan secara terus menerus seperti itulah, kita dapat melakukan perubahan-perubahan agar dapat menyiapkan kekuatan tempur yang lebih kuat, handal dan benar-benar siap menghadapi ancaman, jelas Kasau.

TNI. 

SUPER TUCANO TIBA DI LANUD SUPADIO

Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Ir. Novyan Samyoga menyambut kedatangan tiga pesawat Super Tucano EMB-314/A-29 di shelter Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Senin (28/10). Kedatangan pesawat pengganti pesawat OV-10 Bronco berhome base di Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh bertujuan untuk ikut serta dalam latihan Angkasa Yudha 2013 yang dipusatkan di Ranai Kepulauan Natuna. Turut serta menyambut Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Radar Suharsono, para penerbang dan perwira teknik Skadron Udara 1.
Kedatangan pesawat tempur ringan buatan negara Brasil dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb James Yanes Singal. Sedangkan ground crew dan perlengkapan pesawat Super Tucano didukung oleh 2 pesawat Hercules yang tiba di Lanud Supadio pada hari yang sama.
TNI. 

ELANG KHATULISTIWA LATIHAN AIR REFUELING

TNI Angkatan Udara sedang melaksanakan Latihan Angkasa Yudha 2013. Latihan yang rutin tiap tahun dilaksanakan ini merupakan latihan puncak bagi TNI Angkatan Udara. Latihan ini merupakan akumulasi dari latihan tingkat perorangan, tingkat satuan yang berguna menguji kesiapsiagaan satuan sekaligus menguji doktrin operasi udara dalam menanggulangi kontijensi. Oleh sebab itu TNI AU mengerahkan semua unsur dan kekuatan yang dimilikinya.
Salah satu kekuatan udara yang dimiliki TNI Angkatan Udara adalah Skadron Udara 1 Elang Khatulistiwa Lanud Supadio, yang tentunya terlibat dan ikut serta dalam latihan Angkasa Yudha. Untuk meningkatkan dan mengasah ketrampilan para penerbang maka Skadron Udara 1 dengan pesawat Hawk 200 dan Skadron Udara 32 dengan pesawat Hercules melaksanakan latihan air refueling, Senin (28/10).
Menurut Danlanud Supadio Kolonel Pnb Ir. Novyan Samyoga dalam beberapa hari kedepan TNI Angkatan Udara melaksanakan latihan Angkasa Yudha. Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel dijajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas dan dinas terkait serta menguji doktrin yang digunakan dalam penyelenggaraan operasi udara.
“Skadron Udara 1 Lanud Supadio ikut terlibat dalam latihan Angkasa Yudha. Untuk menyukseskan latihan tersebut maka selama tiga hari dilaksanakan latihan Air Refueling. Latihan Air Refueling ini tentunya latihan yang sangat penting sekali untuk meningkatkan profesional dan skill bagi seorang penerbang pesawat tempur. Latihan ini diperlukan apabila seorang penerbang sedang melaksanakan pertempuran di udara atau akan menyerang ke sasaran musuh yang letaknya cukup jauh dari home base. Dan apabila pesawat tempur tersebut memerlukan pengisian fuel (bahan bakar) maka tidak perlu pulang ke home basenya namun dapat mengisi bahan bakar di udara (air refueling),” jelas Danlanud Supadio.
Disisi lain, lanjutnya dengan adanya pengisian bahan bakar di udara juga dapat menghemat waktu sehingga penyerangan ke daerah musuh dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Namun demikian untuk melaksanakan latihan air refueling ini tidaklah mudah karena dibutuhkan ketepatan, ketelitian, kecakapan seorang penerbang dan tentunya mempunyai jam terbang yang memadai.
TNI. 

Pesawat Tempur Taktis EMB-314 Super Tucano Mendarat Mulus di Lanud Sjamsudin Noor

Di era 90-an, pesawat tempur milik TNI AU kerap unjuk kebolehan di langit Kalimantan Selatan dengan Homebase Pangkalan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor.  Pilot pesawat tempur tersebut melakukan atraksi-atraksi diatas langit dengan manuver berbahaya. Seperti terbang sangat rendah dan flypass menukik seakan jatuh membuat penonton berdebar. Ada juga pesawat ringan dengan baling-baling atau warga sering menyebutnya pesawat capung yang mampu melakukan atraksi berputar-putar seakan lepas kendali. Sayang, atraksi yang membuat anak bangsa itu bangga akan kekuatan militer negerinya dan kehandalan personel TNI AU di udara kini tak pernah lagi terlihat di Kalsel.
Pagi ini, Senin (28/10) sebanyak tiga pesawat tempur yang bisa dibilang baru dimiliki TNI AU jenis EMB-314 Super Tucano tiba-tiba saja melintas di langit Banjarmasin. Pesawat yang masih asing terlihat menimbulkan beberapa pertanyaan sebagian warga khususnya di Kota Seribu Sungai ini.
Pesawat tempur taktis TNI AU tersebut mendarat di Lanud SAM dalam rangka Latihan Angkasa Yudha 2013. Pesawat buatan pabrik pesawat terbang Embraer Brazil tersebut merupakan pesawat tempur taktis yang dilengkapi dengan teknologi modern yang dapat digunakan untuk berbagai misi, seperti serangan ringan, pengintaian serta dapat dioperasikan pada malam hari (memiliki FLIR & NVG Compatible) sehingga sangat ideal untuk melaksanakan misinya dalam COIN (Counter Insurgency) dengan presisi yang tinggi. Sistem persenjataan Super Tucano terdiri atas 2 machine gun kiri dan kanan serta dapat dipasang bomb sejenis MK-81 maupun MK-82, Cluster, Rocket Pod dan juga dapat dipasang Laser Guided Bomb.
Sebelumnya ketiga pesawat tempur taktis tersebut sempat flypass diatas langit Kota Banjarbaru. Kedatangan Super Tucano tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh Malang, Letkol Pnb James Yanes Singal, SE., dan disambut oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos. Menurut Komandan Lanud SAM kedatangan Super Tucano tersebut, dalam rangka untuk melakukan Latihan Angkasa Yudha 2013 yang dipusatkan di Ranai Kepulauan Natuna serta Lanud Supadio Pontianak dan Batam. Lebih lanjut, Danlanud SAM menambahkan kegiatan ini juga untuk memastikan kesiapan Lanud Sjamsudin Noor sebagai pangkalan aju dalam memberikan dukungan operasi udara.
Selain ada tiga pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano, ada Helly Puma SA-330 dan dua pesawat Hercules C-130 yang juga singgah di Lanud SAM, guna mendukung kegiatan dan kelancaran penerbangan tiga pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano. Meski hanya sekejap, kedatangan pesawat-pesawat tersebut mampu menunjukkan kepada publik Banjarmasin bahwa kekuatan TNI AU itu masih bisa diandalkan guna menjaga Pertahanan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai dan banggakan sampai saat ini.
TNI.