Selasa, 12 Mei 2020

Treva-15 – Perkenalkan Ransus “Tactical Recovery And Evacuation” Terbaru Zeni TNI AD



Satuan Zeni Tempur (Zipur) TNI AD, total akan menerima 18 unit M3 Amphibious Rig yang dipesan dalam kondisi full gress. Dalam beberapa gelombang pengiriman dari Ceko, selain M3 Amphibious Rig, komposisi pengadaan alat berat untuk Korps Zeni ini sebenarnya mencakup beberapa ransus (kendaraan khusus) lain, yaitu rantis pokko 3 unit, rantis trackway 5 unit dan recovery vehicle 2 unit. Nah yang disebut terakhir sebagian telah tiba di Indonesia, yaitu ransus recovery vehicle yang diketahui dari jenis Treva-15 dari Excalibur Army.
Dikutip dari situs excaliburarmy.cz, Treva-15 dengan bekal blade pada bagian depannya adalah kendaraan tactical recovery and evacuation vehicle. Punya tugas dalam misi pemulihan taktis dan evakuasi kendaraan tempur/taktis, Treva-15 dilengkapi fasilitas crane dengan kapasitas 15 ton, bahkan dengan extension kapasitas crane bisa ditambah 4 ton. Crane yang menggunakan basis AV-15, punya panjang lengan standar 7 meter dan bila menggunakan extension bisa mencapai 11,4 meter.
Selain bekal crane, Treva-15 dapat menarik ranpur lapis baja secara langsung dengan sling hingga kapasitas 40 ton. Selain itu, Treva-15 dapat menderek (angkat) ranpur yang punya bobot 30 ton. Lain lagi bila Treva-15 berperan sebagai penarik trailer, maka muatan yang dapat ditarik di atas trailer bisa mencapai kapasitas 65 ton.


Secara keseluruhan, Treva-15 punya berat 31,5 ton dan dibangun menggunakan basis truk Tatra T815-7 8×8, sejenis dengan heacytruck yang digunakan oleh Korps Marinir TNI AL. Truk ini diawaki dua personel dan ada tambahan dua personel lagi pada kompartemen di bagian belakang yang dilengkapi pintu tersendiri.

Dengan mesin diesel Tatra T3C-928.90, Treva-15 dapat melesat dengan kecepatan maksimum 80 km per jam di jalan mulus dan 25 km per jam di jalan offroad. Dengan tangki bahan bakar penuh, normalnya Treva-15 dapat menjelajah sampai 800 km. Dalam unit kendaraan, sudah dilengkapi generator, welding and cutting equipement serta mobile workshop. Treva-15 dari dimensinya punya panjang 11,6 meter, lebar 2,55 meter dan tinggi 3,38 meter.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar