Minggu, 07 September 2014

KRI Teluk Bintuni 520: LST Terbesar Satuan Kapal Amfibi TNI AL

24IMG_20140905_140830
Dari beragam jenis kapal perang milik TNI AL, tipe LST (landing ship tank) termasuk sepi dalam bahasan alutsista. Apalagi setelah hadirnya LPD (landing platform dock), sontak menjadi maskot TNI AL dalam misi operasi amfibi, bantuan bencana alam, operasi sosial/kesehatan, bahkan kerap difungsikan sebagai kapal markas. Meski secara teknologi LPD lebih maju dan lebih banyak kebisaan dibanding LST, tapi tetap saja, LST punya peran strategis bagi TNI AL.
Di lingkungan armada TNI AL, tipe kapal LST dan LPD masuk dalam naungan Satuan Kapal Amfibi (Satfib), yang terbagi dalam Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur. Peran LST tentu tak bisa dikesapingkan, ibarat keberadaan C-130 Hercules di lingkup TNI AU, maka LST punya andil sebagai tulang punggung transportasi bagi TNI AL, khususnya dalam tugas-tugas serbuan amfibi. Karena luasnya wilayah lautan Indonesia, TNI AL udah sejak dahulu ‘dinobatkan’ sebagai operator LST terbanyak di kawasan Asia Tenggara.
Saat ini ujung tombak LST Satfib TNI AL masih dipercayakan pada Frosch Class buatan Jerman Timur, Frosch Class terdiri dari KRI Teluk Gilimanuk 531, KRI Teluk Celukan Bawang 532, KRI Teluk Cendrawasih 533, KRI Teluk Berau 533, KRI Teluk Peleng 535, KRI Teluk Sibolga 536, KRI Teluk Manado 537, KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Parigi 539, KRI Teluk Lampung 540, KRI Teluk Jakarta 541, KRI Teluk Sangkulirang 542, KRI Teluk Cirebon 543 dan KRI Teluk Sabang 544. Ditambah lagi ada varian LST besutan galangan kapal Tacoma SY, Korea Selatan. LST buatan Korea ini terdiri dari KRI Teluk Semangka 512 (purna tugas) , KRI Teluk Penyu 513, KRI Teluk Mandar 514, KRI Teluk Sampit 515, KRI Teluk Banten 516, dan KRI Teluk Ende. Bahkan TNI AL hingga kini masih mengoperasikan LST buatan AS keluaran era Perang Dunia II, yaitu KRI Teluk Bayur 502, KRI Teluk Amboina 503, KRI Teluk Ratai 509 dan KRI Teluk Bone 511. Identitas LST dicirikan dengan kode angka 5xx dan penyebutan nama Teluk di Nusantara.
Dalam setiap laga operasi tempur amfibi yang melibatkan gelar pendaratan pasukan Marinir, pendaratan tank dan pansam (panser amfibi), maka LST dipastikan selalu diikutkan. Sebut saja peran penting LST buatan AS saat operasi Seroja di Timor Timur di tahun 70-an, hingga peran LST dalam operasi pendaratan pasukan TNI saat operasi keamanan melawan separatis GAM di Aceh.
Mengingat beberapa LST TNI AL sudah memasuki usia pengabdian yang sangat tua, maka sudah merupakan keharusan untuk dilakukan penggantian dengan jenis LST yang baru ini. Itu telah terangkum dalam susunan list di MEF (minimum essential force) I. Untuk maksud pengadaan LST, TNI AL memesan 3 unit LST baru. Kementerian Pertahanan memesan 2 unit dari BUMN PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari dan 1 unit dari perusahaan swasta PT Daya Radar Utama (DRU) yang galangannya berada di Lampung Selatan.

KRI Teluk Bintuni 520
Dari ketiga LST pesanan Kemenhan RI, tipe pertama yang rampung adalah KRI Teluk Bintuni 520 yang dibuat PT DRU. Dari segi bobot mati, bobot kapal dalam keadaan kosong, maka Teluk Bintuni dengan bobot 2.300 ton menjadi LST terbesar TNI AL. Sebagai perbandingan LST buatan Tacoma punya bobot mati 1.800 ton, sementara yang lebih kecil, LST Frosch Class bobot matinya 1.530 ton. Bobot yang besar pada KRI Teluk Bintuni ternyata berkorelasi dengan tugas yang diembannnya, dimana kapal perang ini dirancang untuk membawa MBT (main battle tank) Leopard.
KRI Teluk Bintuni dalam proses finishing. Sumber foto: Saibumi.com
KRI Teluk Bintuni dalam proses finishing. Sumber foto: Saibumi.com
989822kapal-angkut-tank-3
Bagian buritan sebelum di cat.
Bagian buritan setelah di cat.
Bagian buritan setelah di cat.
bintuni2_zps38666668
Total kapal ini bisa membawa 10 unit MBT Leopard 2A4 yang berat tiap tank mencapai 62,5 ton. Sebuah lompatan besar, bila sebelumnya LST TNI AL hanya akrab membawa tank ringan dengan berat per tank hanya belasan ton. Selain itu, KRI Teluk Bintuni bisa membawa 2 unit helikopter, kapal ini memang dibekali dua helipad dengan fasilitas hangar. Dikutip dari situs Saibumi.com, kapal ini punya panjang 120 meter, lebar 18 meter, dengan tinggi 11 meter. Kecepatannya 16 knot dengan main engine 2×3285 KW yang ditenagai dua mesin.
KRI Teluk Bintuni terdiri dari 7 lantai yang letaknya secara berurutan dimulai dari bawah yakni deck A merupakan ruang untuk tangki dan ruang pasukan. Paling bawah adalah bottom deck yang menjadi ruang khusus mesin kapal dan deck B untuk pasukan. Lalu, deck C untuk kru kapal termasuk tempat tidur dan peralatan keseharian kru kapal. Deck D juga untuk kru kapal dan deck E untuk komandan dan para perwira. Kemudian, deck F untuk ruang komando. Terakhir, deck G alias top deck atau kompas deck digunakan untuk meletakkan dua radar utama. Belum dijelaskan tentang jenis radar yang bakal diadopsi.
Sementara untuk persenjataan, hanya diproyeksikan untuk self defence. LST ini mengandalkan meriam Bofors kaliber 40/L70 mm yang ditempatkan pada bagian haluan. Kemudian ada kanon PSU kaliber 20 mm, serta dua unit SMB (senapan mesin berat) kaliber 12,7 mm. Dalam operasi tempur, LST harus mendapat kawalan dari Satuan Kapal Eskorta atau Satuan Kapal Cepat. Secara umum KRI Teluk Bintuni sanggup dimuati 113 ABK (anak buah kapal), enam orang kru helikopter, dan pasukan sebanyak 361 orang. Untuk mengantar pasukan Marinir ke pantai, LST ini dapat membawa 4 unit LCVP (Landing Craft, Vehicle, Personnel). Untuk memudahkan loading logistik dan cargo, pada bagian depan anjungan juga dilengkapi crane, mengingatkan pada desain crane di kapal-kapal Pelni. Kapal ini ditargetkan setelah rampung akan ditampilkan dalam defile HUT TNI ke-69 yang berlangsung di Dermaga Koarmatim, Surabaya.
Tampak bagian haluan, pada posisi tengah nampak dudukan untuk meriam Bofors 40mm.
Tampak bagian haluan, pada posisi tengah nampak dudukan untuk meriam Bofors 40mm.

Dihadang Musibah
Seperti halnya KRI Klewang 625, KRI Teluk Bintuni 520 juga dihadang masalah pada saat peluncuran. Bedanya, KRI Klewang 625 sempat sukses melaut, meski kemudian hangus terbakar (total loss) beberapa hari kemudian. Sementara masalah di Teluk Bintuni lain lagi, musibah datang saat peluncuran baru akan dilakukan. Baik KRI Klewang dan KRI Teluk Bintuni punya kesamaan, kedua kapal pesanan TNI AL ini dibuat oleh perusahaan swasta nasional.
Upacara peluncuran KRI Teluk Bintuni 520 pada hari Jumat (5/9/2014) berubah menjadi bencana akibat sling penahan kapal putus sebelum kapal resmi diluncurkan. Insiden tersebut mengakibatkan dua pekerja harus dilarikan ke rumah sakit. Akibatnya, upacara peluncuran kapal yang dilakukan di tempat pembuatannya di galangan kapal PT Daya Radar Utama, Lampung Selatan menjadi batal dilaksanakan.
Lewat tabung pelampung berbahan karet inilah KRI Teluk Bintuni digerakkan ke laut.
Lewat tabung pelampung berbahan karet inilah KRI Teluk Bintuni digerakkan ke laut.

Berdasarkan kronologinya, KRI Teluk Bintuni saat itu berada di pinggir galangan. Dalam tahap persiapan, kapal berbobot 2.300 ton ini dialasi tabung-tabung pelampung berbahan karet dan bodi kapal diikat sling serat baja. Saat sejumlah pekerja sedang mempersiapkan upacara peluncuran kapal pengangkut tank Leopard ini, tiba-tiba sling putus dan otomatis tanpa dikendalikan kapal meluncur ke pinggir laut. Sejumlah pekerja yang berada di pinggir kapal berlari menyelamatkan diri. Namun, naas, dua pekerja di bibir pantai terlindas tabung pelampung karet. Beruntung, tidak ada korban yang mengalami luka serius, disebutkan korban hanya mengalami shock. Teluk Bintuni diambil dari salah satu teluk di kawasan Papua.(Danang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar