Sabtu, 24 Mei 2014

(TRUE STORY) Secuil Kisah-kisah Awak “Hiu Kencana” yang tidak terpublikasikan Jilid 7

Kisah ini sengaja saya tulis berdasarkan catatan-catatan tertulis yang saya punya dan juga cerita-cerita dari para “Silent Warrior” pinisepuh saat mereka dulu bertugas mengawaki “Hiu-hiu besi” kita dalam menjaga Kedaulatan NKRI yang mungkin selama ini belum pernah terpublikasikan. Dan tulisan ini saya dedikasikan juga kepada seluruh “Beliau-beliau” tadi berikut juga dengan para “Silent Warrior” muda yang kini masih bertugas mengawal NKRI. Khusus untuk Jilid ini saya ingin mencoba menggambarkan peta kekuatan Armada Bawah Air dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik, sebagai sedikit gambaran untuk Warjagers agar mengetahui seberapa kuat sih Armada Siluman Bawah Air negara-negara disekeliling kita.  Dan enggak lupa tulisan ini saya buat secara bersambung (soale dibuat disela-sela kesibukan saya alias kalo lagi mood dan ada waktu luang ya nulis, kalo enggak mood ya males nulis soale kerjaan saya bejibun banyaknya). So harap maklum kalo-kalo nanti artikel sambungannya lamaaa banget keluarnya.

 CINA / TIONGKOK
Chinese Type 94-SSBN (defencetalk)

Di wilayah Asia – Pasifik, Cina memiliki salah satu armada kapal selam terbesar. Rincian secara pastinya armada bawah laut PLAN sulit diprediksi jumlahnya, tapi pada saat ini mereka diperkirakan mengoperasikan sekitar 79 KS yang tersebar di sembilan kelas yang berbeda . Pada tingkat strategis armada kapal selam rudal balistik nuklir mereka terdiri dari empat unit KS Type- 94 ‘ Jin class’, dengan kapal kelima dilaporkan dalam pembangunan. Jin Class ini dapat membawa 12 biji rudal Balistik Julang-2 (JL-2) dengan jangkauan 7.200 kilometer ( 4.475 mil) yang bisa ditambahkan dengan hulu ledak nuklir. Keempat kapal selam Jin ini juga ditemani beberapa unit KS Type- 92 ‘ Xia Class ‘  yang saat ini dianggap mengalami konversi menjadi SSGN. dan didukung armada KS yang terdiri dari sekitar empat unit SSN Type- 93 ‘ Shang Class ‘  dan empat unit SSN Type- 91 ‘ Han Class’.
Kapal Selam China

Meskipun memiliki armada kapal selam nuklir yang cukup besar, PLAN terus mempertahankan armada SSKs alias armada KS diesel elektriknya. Patut diduga mereka mengoperasikan  9 unit Type – 41 ‘ Yuan Class ‘, 14 unit SSKs Type- 39 ‘ Song Class ‘, 12 unit ‘ Kilo Class ‘, 14 unit KS ‘ Ming Class ‘ dan 30 unit KS ‘ Romeo Class ‘ sebagai cadangan dan ada beberapa yang digunakan untuk pelatihan . Dipicu oleh ekonomi yang kuat, angkatan laut China membuat kemajuan dalam pengembangan kekuatan kapal selam multifaset . Salah satu tujuan dari kapal selam Cina adalah untuk menciptakan sebuah zona anti-access/area untuk mempertahankan daratan Cina. Zona ini meliputi Kepulauan Kuril, Jepang, Taiwan, dan Laut Cina Selatan dengan tujuan menegakkan klaim China di Timur dan Selatan.
Ballistic Missile Submarine XIA Class

China telah memperluas tiga pangkalan angkatan laut untuk mendukung pertumbuhan armada kapal selam mereka. Armada Laut Selatan adalah armada yang paling kuat dan memiliki pangkalan kapal selam bawah tanah di Yulin Naval Base di pulau Hainan .

 TAIWAN
Taiwan navy’s SS-793 Hai Lung diesel-electric submarine

Taiwan hanya memiliki 2 unit KS  Hai Lung class yang dibuat di Belanda  pada tahun 1980-an. Terancam oleh potensi blokade laut Cina, Taiwan sebetulnya tertarik untuk memperkuat armada KS nya hingga delapan unit kapal selam baru. tetapi masalahnya adalah tidak ada satu negara pembuat Kapal Selam yang mau memenuhi permintaan Taiwan ini karena ancaman konsekuensi politik dan ekonomi dari China yang pastinya akan ngamuk. Sementara Amerika Serikat yang ingin sekali membantu juga dipaksa harus berfikir matang-matang.

 INDIA
Akula-II in Service with IN.Pls ID this Sub.

India patut diduga saat ini mengoperasikan sekitar 14 kapal selam yang terdiri dari sepuluh ‘Sindhughosh class‘ dan empat ‘Shishumar class‘ SSKs . Namun demikian, armada kapal selam India saat ini sedang mengalami peningkatan yang signifikan  sejalan dengan roll- out negara itu untuk melengkapi dengan senjata nuklir bagi kekuatan udara, darat dan laut pasukannya. Angkatan Laut India juga segera mengoperasikan satu unit dari total 6 unit  KS ‘ Arihant class ‘ SSBN yang dapat membawa dua belas Rudal balistik K – 15 Sagarika ( dengan kisaran 750km ) atau empat rudal balistik Agni – IV ( 3.500 km range) yang mulai diluncurkan dan menjalani uji laut sejak tahun 2009, dengan KS pertama INS Arihant diharapkan untuk dapat beroperasi sekitar tahun 2015 mendatang. KS ini akan bergabung bersama INS Chakra dan INS Nerpa. Kapal selam SSN dari type – 971 ‘ Akula – II ‘ yang judulnya disewakan Rusia kepada India selama sepuluh tahun.
India missile BO 5 launched

India juga masih memiliki 14 kapal selam konvensional berupa 10 Sindhughosh class (Kilo / Proyek 877EKM ) dan 4 tipe  209/1500 HDW atau sering disebut Shishumar class.
Shishumar class submarine

Armada Kapal selam konvensional India ini juga mengalami perbaikan besar-besaran. Upaya modernisasi ini akan menambah kekuatan operasi SSKs meeka dengan pengadaan Proyek – 75 ‘Scorpene‘ dari  DCNS Perancis, dengan kemampuan meluncurkan MBDA Exocet SM.39 sebagai rudal anti kapal, ??ditambah hingga 18 torpedo kelas berat dan atau 30 ranjau. Kapal selam ini sedang dibangun di Mazagon Docks, Mumbai. Dan diharapkan ‘Scorpene’ pertama akan beroperasi pada Juni 2015, dengan total 6 unit KS dijadwalkan akan dibuat sampai tahun 2019 .

 PAKISTAN
Agosta 90B Submarine Pakistan

AL Pakistan mempertahankanpengoperasian 5 unit kapal selam Agosta class terdiri dari dua unit dari kelas Agosta asli dibangun pada 1970-an, sementara tiga lainnya adalah dari kelas modern Agosta 90B yang dilengkapi dengan MESMA AIP. Pada tahun 2006, Pakistan mengumumkan persyaratan untuk pembelian armada SSKs terbaru untuk menggantikan armada Agosta nya dengan memilih untuk bekerja sama dengan China untuk membeli 6 unit kapal selam yang dilengkapi AIP dengan empat unit yang akan dibangun di Cina dan dua unit terakhir di Pakistan.
X-Craft (SX-756 Class) midget submarine

Selain itu Pakistan juga mengoperasikan 6 unit KS Midget tipe SX 506 dan sekitar 6 s/d 10 unit KS Midget type  SX 756  yang mereka buat sendiri dengan lisensi dari galangan Cos.Mo.S (Construzioni Motoscafi Sottomarini) Livorno, Italia

JEPANG
The Soryu class submarine or 16SS

Jepang saat ini telah meningkatkan armada kapal selam nya.  Jepang saat ini diyakini memiliki 22 unit KS dalam operasional mereka, termasuk 2 unit ‘Soryu class’ dilengkapi dengan Stirling Air Independent Propulsion (AIP) produksi Kockums Stirling 4V – 275R Mk – III ‘,  10 unit ‘Oyashio class‘, 6 unit ‘ Harushio class‘ dan 2 unit  ‘Asashio class‘ yang digunakan untuk pelatihan.


KOREA UTARA
‘Sang-O class

Banyak misteri yang mengelilingi armada kapal selam dari Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) alias Korea Utara ini. Patut diduga Armada KS mereka dianggap cukup kuno, yang terdiri dari sekitar 25 unit type 633 ‘Romeo class‘ , yang diperkirakan telah dibangun secara lokal menggunakan komponen yang dipasok Cina. Melengkapi 4 unit  ‘Romeo’ kelas-613/644/665 ‘Whiskey class‘.   Selainitu patut diduga mereka mengoperasikan sekitar 25 s/d 40 unit ‘Sang-O class‘ yang memiliki jangkauan hingga 2.800 km dimana beberapa diantaranya dimodifikasi menjadi  kapal selam infiltrasi bersenjata yang dirancang untuk mengangkut pasukan khusus Korea Utara yang disebut Sang O class versi K-300, yang pernah diidentifikasi pada tahun 2011 lalu.
Korea Utara juga diduga mengoperasikan 50 unit ‘Yugo  class’ kapal selam Midget yang diyakini bertanggung jawab atas tenggelamnya kapal Cheonan Angkatan Laut Korea Selatan yang di torpedo menggunakan Torpedo type CHT – 02D, Maret 2010 lalu.

KOREA SELATAN
Chang Bogo Class

Saat ini armada negara ini diperkirakan mengoperasikan 9 unit ‘ Chang Bogo class ‘ kapal selam konvensional yang didasarkan pada pengembangan type – 209/1300 , ditambah beberapa KS Midget berupa beberapa unit ‘ Tolgorae class ‘ dan ‘ Cosmos class ‘.   Mereka juga dalam tahap pembuatan 6 s.d 9 unit KS ‘ Son Won Il class ‘ kapal selam ini dibuat berdasarkan pada design kapal selam konvensional Howaldtswerke – Deutsche Werft Type – 214 dengan AIP.
Son Won-Il

Salah satu fitur menarik dari kapal ini adalah penambahan radar Thales Sphinx – Dserta terminal X -band satcom yang memiliki probabilitas rendah intercept dan sistem tempur Atlas Elektronik dan sonar suite.

SINGAPURA
Pada tahun 1995 dan 1997, RSN mengakuisisi 4 unit KS  kelas Challenger (sebelumnya dikenal sebagai kelas Sjöormen) kapal selam dari Angkatan Laut Swedia, Sebagai kapal selam yang dirancang oleh Swedia untuk operasi di Laut Baltik, berbagai modifikasi yang diperlukan untuk beroperasi di perairan tropis juga dilakukan singapura. Singapura juga menandatangani perjanjian dengan Kockums untuk penyediaan dua unit KS kelas Archer (sebelumnya dikenal sebagai kelas Västergötland) pada 4 November 2005 dan telah beroperasi sejak tahun 2009. KS ini kira-kira berusia lebih dari 20 tahun yang sebelumnya adalah armada cadanganAngkatan Laut Swedia, KS ini telah dilakukan modernisasi dan konversi untuk operasi di perairan tropis dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen.  Mengupgrade sistem sonarnya sehingga memungkinkanKS untuk mendeteksi kontak pada jarak jauh, sedangkan sistem torpedo memiliki kemampuan akuisisi target yang lebih baik.Empat KS kelas Challenger dan dua KS kelas Archer ini membentuk 171 Squadron dari RSN.
Republic of Singapore Navy (RSN) personnel at work inside the RSS Archer

Sementara itu untuk yang terbaru Singapura telah menandatangani kontrak untuk pengadaan dua unit KS type  218SG dari Thyssen Krupp Marine Systems pada bulan November 2013 dengan biaya sekitar satu miliar Euro dan diperkirakan akan memakan waktu enam tahun untuk menyelesaikannya dan menurut schedule KS pertama akan diserahkan kepada Angkatan Laut Singapura pada tahun 2020.


MALAYSIA

KD Tunku Abdul Rahman

Berbatasan dengan Selat Malaka dan konflik di Laut Cina Selatan, The Royal Navy Malaysia ( RMN ) mengoperasikan 2 unit KS Scorpene yang dibangun oleh DCNS dan Navantia yang berbasis di Sepanggar Bay di Sabah. Dan Malaysia melakukan uji – tembak bawah permukaan KS pertama kalinya dengan Rudal SM39 Exocet pada bulan Juli 2010.
(Ilustrasi KS Midget)

Selain itu Malaysia juga mengoperasikan antara 3 sampai dengan 6 unit KS Midget type SWATS (Shallow Water Attack Submarine) dengan tonnage 200 ton buatan Cos.Mo.S (Construzioni Motoscafi Sottomarini)Italia, dimana Calon awak kapalnya dilatih disatuan midget Angkatan Laut Pakistan.
Agosta 70 class diesel attack submarine (SSK)

Dan juga patut diduga mereka juga masih mengoperasikan 2 unit KS type  Zwaardvis yang dulunya disewa selama lima tahun dari Angkatan Lautnya Kompeni alias Belanda dalam rangka persiapan awak KS mereka sebelum mengoperasikan Scorpene. Padahal dulu awak KS Scorpene mereka dilatih di Perancis menggunakan KS latih, Agosta Class (Ouessant  S623).


THAILAND 
Type 206A diesel electric submarine

Royal Thai Navy ( RTN ) sedang mempertimbangkan pembelian kapal selam juga. Pada bulan Maret 2011, Angkatan Laut Thailand melakukan negoisasi pembelian dua unit  kapal selam Type 206A second hand dari Angkatan Laut Jerman dengan harga sekitar USD220 juta.Departemen Pertahanan Thailand juga mengusulkan pembelian 6 unit kapal selam bekas Tipe 209. Sebuah markas armada kapal selam di Sattahip Naval Base akan selesai pada tahun 2014 ini dan Thailand telah mengirimkan petugas untuk mengikuti pelatihan kapal selam di Jerman dan Korea Selatan, dan juga akan segera membangun Trainer Submarine Command Team.


VIETNAM
Ho Chi Minh City submarines

Vietnam merupakan pesaing regional untuk Cina dan meskipun militernya kalah jauh dengan PLA, lokasi geografis negara ini merupakan iritasi bersejarah dengan Cina. Saat ini Vietnam mengoperasikan sampai dengan 6 unit Kilo class ( Proyek 636 ) dengan platform mampu menembakkan LACMs.
(VOV) -A mini submarine (Made-in-Vietnam)

Selain itu Vietnam juga mengoperasikan antara 2 sampai dengan 6 unit KS Midget “Yugo Class”  yang dibeli dari Korea Utara.

FILIPINA
Sampai saat ini Angkatan Laut Filipina masih memprogramkan pengadaan antara 2 sampai dengan 3 unit KS, tetapi belum ada detail lebih lanjut mengenai jenis dan type yang mereka pilih dan dijadwalkan pengadaan ini harus segera terealisasi paling lambat tahun 2020 mendatang.


AUSTRALIA 
Royal Australian Navy Submarine

( RAN ) Royal Australian Navy pada awalnya mengoperasikan 6 unit KS kelas konvensional ‘ Collins class ‘ yaitu :
  • SSG 73 HMAS Collins
  • SSG 74 HMAS Farncomb
  • SSG 75 HMAS Waller
  • SSG 76 HMAS Dechaienux
  • SSG 77 HMAS Sheehan
  • SSG 78 HMAS Rankin
Namun patut diduga dari enam unit itu sekarang ini hanya dua unit saja yang dapat beroperasi yaitu HMAS Collins dan HMAS Farncomb. Kapal selam kelas Collins dapat dikategorikan sebagai kapal selam gagal. Berbagai permasalahan teknis selalu menghantui kapal selam buatan Australia ini. Entah itu kerusakan combat system, kerusakan generator, Perangkat Lunak, masalah aliran hidrodinamik, baling-baling yang retak, mesin dan gearbox segel, periskop yang mengalami getaran dan masih banyak lagi. semua itu memiliki kontribusi terhadap tingkat kesiapan operasional yang rendah untuk kapal selam dan lain sebagainya.
Semua itu berawal dari keinginan Australian Navy mengoperasikan kapal selam yang tidak digunakan oleh Angkatan Laut lain di dunia. Pemerintahan di Canberra lebih memilih pendekatan desain daripada off-the-shelf. Kapal selam kelas Collins desain dasarnya adalah kapal selam Vastergotland asal Kockum AB, Swedia yang kemudian didesain ulang oleh ASC. Melalui desain ulang, dimensi kapal selam mengalami pembesaran beberapa kali dibandingkan aslinya.
(ilustrasi)

Kapal selam buatan Swedia secara filosofis dirancang untuk beroperasi di perairan Laut Baltik dan bukan untuk di perairan laut dalam atau samudera. Sedangkan kapal selam kelas Collins yang merupakan pembesaran dari kelas Vastergotland dirancang untuk beroperasi di laut lepas. Namun yang luput dari perhatian para perancang Australia adalah pembesaran dimensi kapal selam bukanlah jawaban terhadap kebutuhan operasional yang diinginkan oleh Angkatan Laut negeri itu. Proyek Collins class ini merupakan desain unik yang disesuaikan dengan persyaratan Australia.
Bagian kapal selam pertama dibangun oleh Kockums di Swedia, namun sebagian besar pekerjaan dilakukan di Australia oleh galangan kapal lokal milik pemerintah. Keseluruhan kapal kedua sampai keenam dibangun secara lokal. Upaya ‘melokalisir’ design asli Kockums ini tanpa asistensi pemilik design aslinya kemudian dianggap sebagai blunder dalam pembangunan Collins class yang menyebabkan “cacat teknis”.
Kapal selam tersebut mengalami penurunan kemampuan karena berbagai masalah (baterai, mesin, generator, towed array, dan propulsi darurat) yang telah diketahui secara luas selama bertahun-tahun. Bahkan sampai saat ini ada dua kapal selam sejenis yang tergeletak di dock selama sembilan tahun. Di KS ini juga sering banget dilakukan upgrade peningkatan kemampuan mulai dari tahun 2003 sampai yang terbaru 2013 kemarin

Australian Submarines: a history ‘ by Michael W.D. White.

RAN berusaha menggandakan jumlah kapal selam mereka menjadi 12 unit di tahun 2020-2030. Pemerintah Australia sudah menganggarkan dana riset sebesar $214 juta AUD hanya untuk pemilihan design kapal selam pengganti Collins. Belum jelas apa kapal selam pengganti Collins class nanti. Tetap ada kemungkinan kembali menggunakan design Kockums seperti Collins class dengan type Archer/Challenger-class seperti yang digunakan RSN (The Republic of Singapore Navy) atau bahkan ikut melirik kapal selam Jerman terbaru pengembangan Type 216 HDW seperti Type 218SG.
Pada 2012 juga terdengar kabar Australia mempertimbangkan teknologi kapal selam Soryu-class dgn berat 4200 ton buatan Mitsubishi Heavy Industries. Dan selain itu terdengar juga wacana mengganti Collins class dengan kapal selam bertenaga nuklir. mereka juga mensyaratkan parameter pertimbangan sebelum memutuskan pilihan diantaranya adalah: Endurance, Fuel Load, Hull and Equipment Efficiencies, Reliability, Maintainability and Redundancy, Stowage Capacity, Crew Endurance, Payload Capacities, Hull Size, Range and Radius of Action. Selain itu juga ada wacana yang mensyaratkan kemampuan serang darat dan kemampuan menyebarkan KS Midget pada KS terbaru mereka nanti.


RUSIA 
Russian submarines

Rusia  memiliki salah satu armada kapal selam terbesar di kawasan Asia – Pasifik. Di kawasan ini mereka mengoperasikan armada bawah air yang terdiri dari 5 unit - 667BDR SSBNs ‘ Delta – III class’. diperkuat juga oleh 3 unit SSGNs  - 949A ‘ Oscar – II class, 4 unit SSN – 971 ‘ Akula class ‘ dan sekitar 9 unit ‘ Kilo class ‘ bagi kapal selam konvensionalnya.
KS Rusia uji coba ICBM (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty -CTBT)

Kekuatan bawah air Rusia di Asia – Pasifik juga ditambah dengan 4 unit KS “Borey class” -  dengan berat submerged 19.400 ton dan dilengkapi dengan enam 533mm tabung torpedo busur – mount dan 16 SS – N – 32 Bulava. Dan juga 4 unit “Oscar class” dengan berat submerged 14.500 ton dan membawa 24 SS – N – 19 rudal anti – kapal. Torpedo persenjataannya adalah dalam bentuk empat tabung 533mm dan 650mm serta empat tabung torpedo busur yang mampu menembakkan SS – N – 16 Stallion dan SS – N – 15 Starfish rudal anti kapal selam, torpedo pandu dan Shkval supercavitating torpedo.

Amerika Serikat

USA juga memiliki salah satu armada kapal selam terbesar di kawasan Asia – Pasifik yang termuat dalam gugus tempur armada VII dibawah kendali task force 74. Di kawasan ini mereka mengoperasikan armada bawah air yang terdiri dari beberapa unit KS SSN dari type Los Angeles Class dan beberapa unit KS SSBN dari type Ohio Class. Armada mereka juga diperkuat dengan KS SSN dari type Virginia Class yang merupakan pengembangan dari KS Seawolf class yang saat ini baru beroperasi sekitar belasan unit dari total pembuatan sebanyak 30 unit KS yang akan dibuat.
Submarine Group 7

Salah satu faktor utama di balik sebagian besar pengdaan KS di negara-negara tersebut diatas  saat ini adalah karena kebangkitan armada bawah air angkatan laut China dan khususnya lagi kekuatan militer China. Satu-satunya cara dari negara-negara yang merasa terancam dengan kekuatan militer armada bawah air China ini adalah berinvestasi dalam pengadaan Kapal selam juga yang nantinya difokuskan sebagai penangkal ancaman China tadi. Mengingat suasana tegang di sekitar wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur, negara-negara seperti Vietnam jelas berinvestasi dalam meningkatkan kemampuannya untuk mencegah dan berpotensi juga untuk mengganggu angkatan laut China dan merebut setiap pulau yang disengketakan.
Sementara setiap pembelian KS oleh Filipina juga didorong oleh keinginan yang sama dengan Vietnam. Demikian pula Jepang, Korea Selatan dan motivasi serupa mungkin terletak di belakang program penggantian Collins class Australia. yang jelas kecenderungan pengadaan kapal selam di Asias elama beberapa tahun terakhir kemungkinan akan terus berlanjut di masa mendatang.
Bersambung…..  
“Wira Ananta Rudhiro”
“Jalesveva Jayamahe”  
“NKRI harga mati!”

By. Pocong Syereem

JKGR. 

Jumat, 23 Mei 2014

Indonesia Butuh Presiden Visioner Teknokrat

Eurofighter Typhoon
Eurofighter Typhoon

Sudah lama kita “mendem jero”, terpuruk dalam bidang teknologi. Spirit kemajuan teknologi yang dibangun Presiden Soekarno “mampet” di tengah jalan. Akibatnya negara yang dulunya senasib seperti: India, Pakistan, Iran dan Korea Utara, sudah  melenggang, masuk ke teknologi modern.
Syukurlah Presiden SBY telah memberikan pijakan yang cukup kuat, untuk kembali menguasai kemandirian teknologi, agar Indonesia tidak dilecehkan atau dimangsa negara tetangga atau negara kuat.
Presiden ke depan tidak boleh hanya berpikir “margin”, mencari selisih keuntungan dari sebuah proses jual beli. Lihat saja Indonesia dengan negara penduduk berjumlah 250 juta tidak punya mobil buatan negeri sendiri. Betapa besar devisa yang terbuang ke luar negeri.
Bandingkan dengan negara-negara lain. Belanda, Perancis, Belgia dengan negeri sekecil itu saja, memiiki mobil produksi dalam negeri.
Mengapa kita tidak ?. Ya karena selama ini kita hanya bermental pedagang. Cari margin, merupakan orientasi utama. Malas melakukan riset and development, karena dengan biaya besar, tapi keuntungan belum tentu didapat. Semua berpikir jangka pendek.
Pemerintah menargetkan Indonesia mampu membuat pesawat tempur pada tahun 2020. Sebuah tantangan yang berat sekaligus mengasyikan. Mengasyikan bagi presiden, bila dia punya visi jauh ke depan dan mencintai teknologi.
Negeri ini akan bisa terbang menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam belasan tahun ke depan, jika punya visi dan punya teknologi untuk meraihnya. Tidak bisa lagi hanya sekedar mencari “margin”, politik dagang semata.
Tekad Indonesia untuk dapat membuat Pesawat tempur tahun 2020, harus dituntaskan dan harus direalisasikan. Indonesia tidak bisa hanya menunggu Korea Selatan dengan proyek KFX IFX nya. Arah kemandirian Indonesia ini, mulai terlihat dengan rencana PT DI yang mendorong Kementerian Pertahanan untuk membeli Eurofighter Typhoon, sebagai pengganti F5 Tiger. PT DI berhitung dengan adanya serapan teknologi dari Eurofighter atau Rafale, keinginan mewujudkan pesawat tempur Indonesa pada tahun 2020, semakin terbuka lebar.
Photo; Jalo
Photo; Jalo

Para teknorat sudah membukakan jalan. Kita lihat bagaimana sikap presiden yang terpilih pada Pemilu Presiden 2014. Jayalah Indonesia

JKGR. 

Cerita lucu Kopassus jago silat meng-KO pelatih karate

Cerita lucu Kopassus jago silat meng-KO pelatih karate

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD merayakan hari jadi ke-62 tepat tanggal 16 April 2014. Banyak kisah menarik soal pasukan elite ini. Tak cuma yang heroik, banyak pula cerita lucu.

Saat itu tahun 1960an, Kopassus masih bernama Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD). Komandan Resimen dijabat oleh Kolonel Sarwo Edhie Wibowo.

Saat itu RPKAD sedang mengembangkan berbagai ilmu bela diri untuk memperkaya kemampuan personelnya. Didatangkanlah pelatih, yang sudah mendapat lisensi sebagai master karateka dari Jepang.

Sebenarnya saat itu para personel RPKAD sudah jago berantem. Mereka juga sudah kenyang bertempur. Tapi namanya kata komandan ya ikut sajalah.

Datanglah pelatih karateka itu melatih pasukan RPKAD. Pada suatu kesempatan, pelatih itu melakukan latihan tanding melawan salah satu personel RPKAD yang dipanggil Haji Umar.

"Di komplek RPKAD Cijantung, Haji Umar ini terkenal jago silat. Dia bisa memainkan empat buah golok sekaligus. Diputar-putar seperti baling-baling," kata Tatang Sudrajat, putra salah seorang anggota Kompi A RPKAD saat berbincang dengan merdeka.com di Sukabumi beberapa waktu lalu.

Dalam beberapa jurus, si pelatih pun terkapar KO disikat Haji Umar. Seluruh pasukan yang mengikuti latihan tertawa terbahak-bahak.

Akhirnya pelatih karate itu tak lagi ditugaskan melatih pasukan RPKAD. Namun karena sudah dipanggil jauh-jauh oleh Sarwo Edhie, dia tetap melatih di Asrama Cijantung. Hanya saja jadinya melatih anak-anak dan remaja di Asrama Cijantung.

"Saya ingat kemudian pelatih itu melatih karate anak-anak kolong (anak tentara). Kita disuruh lari Jakarta-Bogor untuk pemanasan," kata Tatang sambil tertawa.

Pakai senapan Pindad, tim TNI AD pecundangi Australia dan AS


Tim penembak TNI Angkatan Darat berhasil mengukir prestasi membanggakan. Mereka menjadi juara umum pada kejuaraan menembak tingkat internasional Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2014.

Kejuaraan ini digelar pada tanggal 5 hingga 16 Mei 2014 di Australia. Tim TNI AD memperoleh 32 medali emas, 15 medali perak dan 20 medali perunggu.

Menempati urutan kedua tim penembak tuan rumah Australia dengan perolehan medali 6 emas, 15 perak dan 20 perunggu. Sementara di urutan ketiga ditempati oleh tim penembak dari tentara Brunei Darusallam dengan perolehan medali 5 emas, 4 perak dan 1 Perunggu.

Gelar sebagai juara umum yang diraih TNI AD ini merupakan yang ke 7 kalinya diperoleh secara berturut-turut dari tahun 2008 hingga 2014.

Pada pelaksanaan tahun 2014 kali ini diikuti oleh 16 tim penembak dari tentara Negara di kawasan Asia Pasifik yaitu Indonesia, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jepang, Filipina, Thailand, Timor Leste, Papua Nugini, Singapura, Brunai Darussalam, New Zealand, New Caledonia, Papua Nugini dan Tonga.
Pakai senapan Pindad, tim TNI AD pecundangi Australia dan AS


"Keberhasilan ini membuktikan kepada Angkatan Darat negara sahabat, bahwa TNI Angkatan Darat senantiasa membangun diri menjadi tentara modern yang profesional, tentara yang hanya fokus pada tugas pokoknya sebagai alat pertahanan yang tangguh dan patut dibanggakan rakyatnya," kata Kasad Jenderal TNI Budiman di Mabesad, Kamis (22/5).

Lomba tembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) merupakan ajang lomba tembak tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia sejak tahun 1984 dan untuk pertama kalinya dibuka untuk kontingen penembak Internasional pada tahun 1988.

Adapun materi yang diperlombakan adalah materi perorangan maupun tim pada nomor senapan, pistol, senapan otomatis (SO) dan gabungan senapan dan SO.
Senjata yang digunakan prajurit TNI AD pada kejuaraan AASAM adalah produk dalam negeri yaitu produk PT Pindad (Persero) antara lain senapan serbu SS2-HB (Heavy Barrel), senapan Mesin SM-2 dan SM-3 serta pistol G2 versi Elite.
 

Air Refueling Hawk 100/200 Skadron Udara 12

Air refueling Hawk 100/200
Tepat pada ketinggian 10.000 kaki (3.048 m) segenap penerbang tempur "Black Panther" Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan air to air refueling (AAR) atau pengisian bahan bakar di udara di wilayah Training Area, kota Pekanbaru, Rabu, 21 Mei 2014. Dengan menggunakan pesawat tanker Hercules C-130 A-1309 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd. Saleh, Malang, segenap penerbang tempur Skadron Udara 12 yang mengawaki pesawat tempur Hawk 100/200 secara bergantian melaksanakan AAR.

Pada kesempatan tersebut Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis menyampaikan bahwa pelaksanaan air refueling tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan para penerbang sekaligus persiapan para penerbang dalam mengikuti latihan puncak TNI nantinya. Menurut Danlanud, pelaksanaan air to air refueling mutlak harus dikuasai oleh seluruh penerbang tempur mengingat AAR bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jelajah pesawat tempur sehingga dapat terbang dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa harus kembali ke pangkalan.

Pada pelaksanaan latihan tersebut, para penerbang Hawk 100/200 melaksanakan secara "dry" memasukkan AAR Probe ke Hose pesawat tanker tanpa mengalirkan fuel dan secara "wet" (langsung mengalirkan fuel dari tanker ke pesawat tempur Hawk). Menurut Danskadron Udara 12, Letkol Pnb Reka Budiarsa, penguasaan teknik AAR mutlak harus dikuasai oleh penerbang, baik penerbang Skadron Udara 12 maupun penerbang Skadron Udara 32, selain itu ketelitian, kecermatan dan kehati-hatian seluruh kru udara sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan latihan tersebut.

Informasi dan gambar: Pentak Lanud Roesmin Nurjadin 
 

Uji Alutsista Baru di Latgab TNI 2014



Sejumlah alat utama dan sistem senjata TNI yang masih baru akan dioperasikan oleh TNI dalam Latihan Gabungan (Latgab) yang akan dilaksanakan di wilayah Asembagus, Situbondo, Jawa Timur pada 1-5 Juni 2004 nanti. Senjata-senjata baru itu antara lain roket dan bom yang dimilki pesawat tempur Sukhoi SU-27/30, roket FFAR dan kanon 30 mm Bell-205, meriam 155 KH 179, torpedo kapal perang dan lainnya. Selain persenjataan baru, juga akan dioperasiakn persenjataan lama yang dimiliki oleh TNI seperti rudal exocet, panser Saladin, pesawat tempur F-5, dan lainnya.

Menurut Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko, tujuan Latgab TNI selain untuk membina kemampuan TNI agar selalu siap menjaga kedaulatan NKRI juga untuk mengantisipasi perkembangan kawasan geopolitik dan maritim kawasan Asia-Pasifik yang selalu bergejolak.


‘’Secara singkat dapat kita katakan bahwa kawasan Asia Pasifik merupakan sebuah titik temu berbagai kepentingan sejumlah negara yang tentunya semua kepentingan itu akan berpengaruh terhadap geopolitik dan geostrategis, serta geoekonomi bagi Indonesia,’’ jelas Jenderal Moeldoko dalam amanatnya sewaktu memimpin upacara pembukaan Latgab TNI 2014 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta , Senin (19/5/2014). ‘’Dalam kaitan semua itu maka Latgab TNI digelar.  Dengan tujuan membangun kesatuan operasional dari semua unsur kekuatan  darat, laut dan udara sekaligus terus membangun interoperability TNI,’’ tambahnya.


Khusus untuk TNI AU, sejumlah alutsista yang akan digelar dalam Latgab TNI 2014 antara lain 40 pesawat tempur . Terdiri dari 16 C-130, empat  B-737, tiga  F-28, empat C-295, dua CN-235, tiga Cassa-212, 8 SU-27/30, 6 F-16, 10 Hawk 100/200,  dua F5, 12 T-50, dua  EMB-314, dan 11 heli Nas 332/330.
 

Kamis, 22 Mei 2014

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Menyatakan CIA Menutupi Masalah MAS MH370

mair
Mantan PM Malaysia Dr. Mahathir bi Mohamad ( Foto : infowar.com)

Sudah hampir dua setengah bulan pesawat Boeing 777 MAS Flight MH370 lenyap tak jelas rimbanya dalam penerbangan dari Bandara Sepang Kuala Lumpur ke Beijing. Banyak teori bermunculan setelah pesawat tersebut dinyatakan jatuh kedalam laut oleh pemerintah Malaysia dengan dasar satelit Inmarsat. Setelah dicari selama dua bulan tanpa hasil, kini mendadak muncul pernyatan dari mantan Perdana Menteri Malaysia yang berkuasa sejak Tahun 1981-2003 tentang kasus MH370.
Mahathir menyatakan pada hari Senin (19/5/2014) seperti dikutip laman IB Times, kecelakaan pesawat itu janggal dan menyatakan bahwa badan intelijen Amerika Serikat CIA (Central Intelligence Agency) telah menyembunyikan informasi penting terkait hilangnya MAS MH370. Mahathir juga menyatakan bahwa pencarian pesawat itu di pantai Barat Australia (Samudera Hindia) adalah pekerjaan sia-sia, membuang uang dan waktu saja.
Mahathir menegaskan kemungkinan pesawat itu berada disuatu tempat tanpa inisial Malaysia.  Dikatakannya, "The plane is somewhere, maybe without MAS (Malaysia Airlines) markings,” he said. “It is a waste of time and money to look for debris or oil slick or to listen for pings from the black box.”
Seseorang atau badan pemerintah AS menyembunyikan sesuatu dalam kasus ini dan rasanya tidak adil apabila Malaysia yang harus disalahkan, begitu dia menuliskan dalam blognya. Mahathir juga meminta agar CIA membagi informasi kepada Malaysia. Selain itu dia menyatakan bahwa pesawat telah diambil alih kendalinya. Pabrik Boeing serta instansi pemerintah AS mempunyai kemampuan mengambil alih kendali pesawat dari jarak jauh.
Mahathir juga menyatakan bahwa media tanpa alasan yang jelas telah membatasi pemberitaan tentang Boeing dan CIA. ".“For some reason, the media will not print anything that involves Boeing or the CIA,” tegasnya. Seperti diketahui, selama memerintah, Mahathir dikenal  sering mengkritisi negara-negara Barat, misalnya dia mengatakan bahwa serangan ke WTC adalah sebuah rekayasa agar ada alasan untuk dilakukannya serangan terhadap dunia muslim. Mahathir tidak percaya sebuah pesawat canggih sekelas Boeing 777 hilang begitu saja, dimana diketahui bahwa pesawat dilengkapi dengan alat komunikasi sistem yang canggih, radio dan satelit tracking.
Sebagai dasar argumennya Mahathir menggunakan referensi artikel flightglobal.com   tahun 2006 yang menyatakan bahwa CIA dapat mengaktifkan autopilot khusus yang diinstal pada pesawat untuk mencegah teroris apabila terjadi pembajakan dengan kekerasan. Boeing dan CIA akan mengaktifkan kendali pesawat tersebut dan dapat dikontrol untuk didaratkan.
Pernyataan mantan PM Malaysia tersebut tidak/belum  mendapat tanggapan baik dari CIA, Boeing maupun pemerintah AS. Pernyataan resmi pernah keluar dari Kepala CIA John Brennan  pada tanggal 12 Maret 2014, bahwa teori hilangnya pesawat karena pilot MH370 melakukan aksi bunuh diri atau  kemungkinan adanya aksi teroris tidak dapat diabaikan.
Sementara itu pencarian pesawat di Samudera Hindia tetap dilanjutkan. Commander James R. Lybrand, anggota tim pencari dari Royal Australian Navy menyatakan keraguannya  bahwa beberapa sinyal elektronik yang terdeteksi selama ini bukan berasal dari kotak hitam pesawat MH370. Keraguan tersebut berdasarkan analisis akustik lebih lanjut dari transmisi oleh otoritas Australia selama beberapa pekan terakhir. Menurut Lybrand, sinyal transmisi yang selama ini terdeteksi lebih rendah dari frekuensi 37,5 kHz yang dirancang pada locator beacon.” Sejauh frekuensi yang terdeteksi antara 27 kHz dan 33 kHz, terjadi lompatan frekuensi yang cukup besar,” katanya.
Masalah besar lainnya adalah kendala soal biaya. Untuk pencarian bawah laut itu membutuhkan biaya USD 55,58 juta  atau hampir Rp640 miliar, yang belum jelas siapa yang akan menanggungnya. Fase pencarian bawah laut ini akan dimulai setelah sebuah data hasil pencarian berdasarkan sonar dan visual dianalisis, dan kontraktor pencarian menemukan peralatan yang akan digunakan dalam operasi ini. Wakil PM Australia Warren Truss mengatakan, pihaknya kemungkinan akan meminta Boeing sebagai produsen pesawat 777-200, dan Rolls-Royce sebagai pembuat mesin, ikut membiayai operasi pencarian.

Analisis
Pernyataan dari mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad merupakan sebuah pernyataan keras pertama dari pihak Malaysia terkait MH370. Memang kini Malaysia menerima resiko kerugian yang semakin lama semakin besar. Selain kasus MH370 memukul bidang pariwisata, konon diberitakan juga bahwa kepercayaan publik terhadap keamanan Malaysia Airlines System menurun dan tersisa 74 persen. Selain itu MAS mengalami kerugian yang terus membengkak.
Kini sulit bagi Malaysia untuk membela diri, sementara Boeing sebagai  pihak produsen pesawat nampaknya tetap tenang-tenang. Memang dalam rumusan kecelakaan pesawat, masalah human error akan lebih menguntungkan produsen dibandingkan dengan masalah teknis. Boeing pernah mengalami masalah teknis dengan produksinya, Boeing 767 yang beberapa waktu harus grounded di seluruh dunia. Sementara dalam kasus MH370, walau pesawat belum ditemukan dan belum ada bukti-bukti nyata, nampaknya penyebab kecelakaan lebih terarah kepada captain pilot. Disinilah dimulainya tekanan terhadap Malaysia.
Karena itu Malaysia harus membela diri, apakah benar Captain Pilot Zaharie pelaku utama penghilangan pesawat? Ini masih merupakan misteri. Oleh karena itu pernyataan Mahathir, lebih menjurus kepada upaya membela negara Malaysia, dengan menyatakan dan bahkan lebih serius menuduh badan intelijen CIA dari Amerika serta pabrik Boeing telah mengambil alih jarak jauh kendali pesawat tersebut. Memang kini diketahui,  dengan teknologinya militer AS (USAF) telah berhasil melakukan operasi pesawat tanpa awak (drone) yang dikendalikan dari jarak ribuan kilometer untuk beroperasi disebuah daerah operasi. Drone ini yang dikendalikan oleh CIA banyak menuai kesuksesan dalam peniadaan tokoh-tokoh Al-Qaeda di Yaman, Afghanistan, Pakistan misalnya.
Karena itu pernyataan Mahathir perlu juga mendapat  penjelasan dari pabrik Boeing. Pertanyaannya apakah Captain pilot mereka deteksi melakukan penyimpangan ekstreem kemudian kendali di ambil alih? Lantas mengapa pesawat diarahkan ke Samudera Hindia. Selain itu juga, bagaimana dengan awak pesawat lainnya? Mereka bisa melakukan hubungan tilpon, mengapa tidak dilakukan? Nampaknya masih tersisa beberapa pertanyaan yang diluar logika dari Mahathir yang perlu dijawab. Kesimpulan penulis, MH370 akan lama dan mungkin tidak ditemukan, dan Mahathir menginginkan adanya keseimbangan tekanan  psikologis dalam kasus ini. Apabila tidak, Malaysia akan terus menerima akibat yang tidak terkirakan. Tetap disalahkan dan runtuhnya citra.
Walaupun demikian, karena Mahathir mantan PM Malaysia yang sangat terkenal dan smart,  pendapatnya perlu kita cermati bersama. Kita perlu juga angkat jempol dengan keberanian Mahathir membela negaranya, jarang ada tokoh yang sudah pensiun dan uzur berani berbicara sekeras dia. Yang ditabraknya bukan badan sembarangan CIA dan Amerika. Dia berani menuduh, mungkin ada insider information yang dipunyainya. Dengan kecanggihan intelijen AS yang mampu memonitor jutaan alkom di dunia, kita heran mengapa sistem disekitar  MH370 lolos dari penyadapan.
Indonesia juga memiliki beberapa buah Boeing 777, apakah tidak ada penjelasan dari pabrik Boeing bagi crew bahwa pesawat bisa diambil alih oleh sebuah teknologi yang tidak dibuka? Ada ataupun tidak crew Garuda harus tahu. Yang ini harus jelas pastinya bukan?

Penulis : Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan, www.ramalanintelijen.net