Kamis, 27 Agustus 2015

Panglima TNI: Kita Tak Akan Krisis Jika Manfaatkan Sektor Agraris

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bertandang ke Gedung DPR RI untuk memenuhi undangan sebagai pembicara dalam Seminar Kebangsaan ‘Refleksi 70 Tahun Indonesia Merdeka’ yang digelar oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Dalam seminar tersebut, mantan Kasad ini menyebut Indonesia tidak akan pernah mengalami krisis apabila pemerintah dan masyarakatnya mampu memanfaatkan sektor agraris dengan baik. Diketahui saat ini Indonesia terancam krisis ekonomi karena dampak dari krisis global.
“Negara kita ini memiliki daratan dan lautan. Kalau kita bisa memanfaatkan daratan menjadi sektor agraris, saya yakin negara ini tidak akan krisis,” kata Gatot di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8).
Dia pun menceritakan pengalamannya selama tinggal di Papua pada tahun 1998. Menurutnya, basis agraris yang kuat di Papua membuat orang-orang di sana tidak pernah mengalami krisis. Karena itu, kata dia, disaat orang di Jakarta mengalami krisis pada tahun tersebut, di Papua malah aman-aman saja.
“Pada tahun 1998, saat terjadi krisis saya di Papua. Di Jakarta terjadi krisis, kami di sana aman-aman saja, karena bertumpu pada agraris,” katanya.
Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, cukup sulit karena masih ada kebijakan yang memuluskan impor dibidang pertanian seperti sapi dan beras. Menurutnya, kebijakan tersebut tidak akan bisa membangun perekonomian bangsa, karena usaha yang dihasilkan dari dunia agraris dalam negeri tidak bisa bersaing dengan barang impor.
“Tapi ini memang hal yang berat, karena disaat yang lain ingin membangun ekonomi dari sektor agraris, tapi malah yang lain seenaknya saja bicara impor beras, impor sapi, dan seterusnya,” tandasnya.(Merdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar