Selasa, 22 September 2015

Kisah 'Dukun Yang Jadi Menteri Urusan Mistis' Di Era Soeharto

Sudjono Humardani. ©2015 national library of australia
Sudjono Humardani. ©2015 national library of australia

Ada seseorang yang sangat dekat dengan Soeharto pada saat kepemimpinan dia di masa Orde Baru. Dialah Mayor Jendral Sudjono Humardani yang merupakan staf pribadi Soeharto yang memegang urusan keuangan dan ekonomi.

Menurut buku biografi Liem Sioe Liong dengan judul ” Liem Sioe Liong’s Salim Group: The Business Pillar of Suharto’s Indonesia” yang ditulis oleh suami-istri Nancy Chng dan Richard Borsuk, Sudjono terkenal dekat dengan Soeharto. Bahkan, hanya dia yang mendapatkan izin masuk ke kamar Soeharto selain Ibu Tien. Selain menjadi staf pribadi Soeharto, Sudjono juga dikenal sebagai dukun yang handal dan merupakan penasihat spiritual Soeharto.

Sangking kuatnya pengaruh Sudjono kepada Soeharto, para jurnalis juga menjulukinya sebagai “Rasputin” Indonesia. Grigori Rasputin adalah ahli mistis dan orang terpercaya keluarga Nicholas II (Kekaisaran terakhir Rusia) pada tahun 1915an.

Sudjono juga merupakan orang yang membawa nama konglomerat Liem Sioe Liong kepada Soeharto sehingga mereka bisa bersahabat lebih erat di masa pemerintahannya.

Pandangan jurnalis asing tentang Sudjono memang unik. Selain menjulukinya sebagai “Rasputin” Indonesia, para jurnalis asing tersebut juga juga memandang Sudjono sebagai orang yang aneh, terutama untuk jurnalis asing yang tidak mengerti konsep mistis Jawa.

Bagaimana tidak? Sudjono sering menyambut tamu dengan kaki telanjang di ruangan yang hanya diterangi oleh cahaya lilin. Salah satu jurnalis pernah menulis: “Dia (Sudjono) pernah menerima duta besar negara Barat di ruangan yang gelap, dengan beberapa barang yang sepertinya mengandung kekuatan gaib menguar di cahaya yang remang-remang; dia mengenakan semacam kostum Jawa dan berjalan-jalan dengan kaki telanjang”.

Salah satu julukan yang diberikan kepada Sudjono adalah “Menteri Urusan Mistis”.

Namun, bila ditilik ke belakang, hubungan antara Soeharto dan Sudjono memang sudah lama terjalin. Keduanya adalah murid spiritual Romo Diyat. Pada suatu waktu, Romo Diyat pernah berpesan kepada Sudjono untuk menjaga Soeharto yang diramalkan akan menjadi orang hebat.

Soeharto sendiri mengecilkan peran Sudjono. Dia membantah menjadikan Sudjono sebagai guru spiritualnya. Menurut Soeharto, ilmunya tak kalah dengan Sudjono. Selama ini dia hanya mendengarkan saja tanpa melaksanakan apa-apa yang disarankan Sudjono.

Hal itu disampaikan Soeharto dalam buku biografinya yang berjudul “Soeharto: My Thoughts, Words and Deeds; An Autobiography”

“Saya mendengar orang-orang mengatakan bahwa dia mengetahui ilmu mistis lebih dari saya, namun Djono dulu sering sungkem ke saya. Dia menganggap saya sebagai senior yang mempunyai lebih banyak mengetahui soal mistis.

Beberapa orang mengatakan ilmu mistis adalah suatu hal yang bisa dipelajari dari guru. Namun, untuk saya, ilmu mistis adalah cara untuk dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Memang benar Djono sering datang dan bertemu saya membawa buku catatannya. Dia percaya dengan pengajaran spiritual dan dalam kapasitas tersebut, dia sering menasihati saya.

Saya hanya mendengarnya agar dia bahagia, namun tidak saya anggap semua yang dia katakan. Saya menganalisis dan berpikir mengenai hal tersebut apakah masuk akal atau tidak. Jika masuk akal, masuk nalar, maka saya menerimanya. Jika tidak, saya tidak akan mengikuti nasihatnya. Jadi bagi siapa yang berpikir bahwa Djono adalah guru mistis saya, maka dia salah.” (Merdeka)

Senin, 21 September 2015

Kementerian Pertahanan tunda beli persenjataan

Kementerian Pertahanan tunda beli persenjataan
China menggelar latihan militer selama enam hari di Laut China Selatan, beberapa waktu lalu. (DTN News)
... pesawat belum menjadi prioritas, bukan tidak jadi namun ditunda, namun yang penting saat ini menghadapi situasi yang memanas di Laut Tiongkok Selatan...
Menteri Pertahanan, Ryamizad Ryacudu, mengatakan, alokasi anggaran kementerian itu pada 2016 lebih difokuskan untuk membangun insfrastruktur perbatasan negara sehingga pembelian persenjataan ditunda.
Yang terakhir, Kementerian Pertahanan mengumumkan pembelian satu batch Sukhoi Su-35BM sebagai pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14 TNI AU, dengan alasan Su-35BM itulah yang paling mampu memberi daya penggentar di kawasan.
Padahal biaya operasionalnya tinggi dengan skema transfer teknologi yang belum pernah diungkap jelas dan rinci kepada publik sebagai pemenuhan amanat UU Nomor 16/2012 tentang Industri Pertahanan. Rusia melalui Rosoboronexport tidak pernah mengungkap ini secara jelas.
Bicara soal infrastruktur di perbatasan negara itu, yang dia maksud itu terutama di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, di mana China sangat agresif dan tidak malu-malu lagi menafikan aturan diplomasi internasional untuk memaksakan klaim sepihak mereka atas laut itu.
"Pembelian pesawat belum menjadi prioritas, bukan tidak jadi namun ditunda, namun yang penting saat ini menghadapi situasi yang memanas di Laut Tiongkok Selatan," katanya, di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Senin.
China alias Tiongkok sejak beberapa tahun terakhir makin agresif, yang dikhawatirkan bisa memicu kehadiran kembali Amerika Serikat di Laut China Selatan dan sekitarnya, apalagi Filipina --sekutu Amerika Serikat-- punya masalah berat atas klaim sepihak China di Laut China Selatan ini.
Ada empat negara ASEAN yang berhadapan dengan China tentang Laut China Selatan ini secara sendiri-sendiri, yaitu Viet Nahm, Brunei Darussalam, Filipina, dan Malaysia. Indonesia bukan negara yang mengajukan klaim, namun berbatasan langsung secara geografis dan penting secara politik kawasan.
Menurut dia, Indonesia memiliki hubungan baik dengan kedua negara itu (Amerika Serikat dan China), namun kondisi memanas di wilayah itu maka Indonesia tidak boleh hanya diam.
"Indonesia tidak ada masalah dengan AS dan Tiongkok. Kita punya alutsista, seperti kapal dan pesawat namun yang penting adalah landasan (di Pulau Natuna)," ujarnya. Arsenal dan sistem pendukung arsenal TNI banyak yang berasal dari Amerika Serikat atau minimal dari Barat.
Sejauh ini belum ada wahana perang Indonesia berasal dari China, kecuali beberapa peluru kendali, di antaranya peluru kendali panggul perorangan QW-1 dan peluru kendali permukaan-ke-permukaan C-802.
Ryacudu menilai landas pacu di Kepulauan Natuna saat ini tidak bisa digunakan untuk pesawat tempur namun hanya bisa untuk pesawat angkut. "Pesawat tempur bisa menghisap krikil (apabila landasan rusak) dan menyebabkan mesin pecah," katanya.
Lampu-lampu dan radar yang ada di landas pacu akan diperbaharui. Selain itu menurut dia UAV alias drone juga akan diperbaiki sehingga para prajurit bisa menambah jarak pengawasan dan pengamatan tempurnya hingga 60 kilometer.
"Di wilayah yang netral adalah Indonesia dan Thailand, namun kalau ada negara yang berpihak kepada AS dan Tiongkok. Kalau sudah ada blok seperti itu, bisa saja terjadi perang maka Indonesia harus mendamaikan," katanya.
Dia dan sejumlah petinggi Kementerian Pertahanan baru-baru ini datang ke Kepulauan Natuna.
Selain itu dermaga pelabuhan di sana juga sangat memprihatinkan. Alih-alih untuk kapal perang tambat, untuk kapal biasa saja beresiko tinggi karena kayu-kayunya sudah lapuk. 
 

Pulau Natuna Akan Dipersiapkan Sebagai Basis Drone UAV

1625785_-_main

Guna menghadapi eskalasi dan tantangan di kawasan Laut Cina Selatan, TNI akan mempersiapkan penempatan satuan drone/UAV (Unmmaned Aerial Vehicle) di Pulau Natuna. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam kunjungan kerjana ke Lanud Ranai di Kepulauan Riau dan Pos Perbatasan TNI di Pulau Sekatung.

image301IMG_20141106_154907

Dikutip dari Janes.com (16/9/2015), Menhan Ryamizard mengharapkan kemampuan surveillance UAV hingga jangkauan 40 – 50 km. Dari prasyarat Menhan, UAV Wulung besutan PT DI (Dirgantara Indonesia), BPPT dan PT Len tentu tidak akan kesulitan, mengingat jarak jelajah Wulung yang bisa mencapai 200 km. Lebih jauh Menhan Ryamizard menyebut nantinya UAV akan menjadi ‘mata indra’ bagi kesiapan personel tempur yang ada di Natuna dan pengambil keputusan di Jakarta. Namun, lebih detail belum ada jadwal pasti untuk deployment Wulung di Natuna. Seperti diketahui, saat ini TNI AU telah membentuk satuan UAV yakni Skadron Udara 51 yang bermarkas di Lanud Supadio, Pontianak – Kalimantan Barat.

Masih terkait kunjungan Menhan, rencana penempatan UAV juga akan diikuti penambahan 2.000 personel TNI di Pulau Natuna. “Kedepan kita akan menggelar pesawat tempur langsung dari Natuna, juga penempatan radar terbaru di Natuna,” ujar Ryamizard Ryacudu, dikutip dari situs Kemhan.go.id (18/9/2015).

Untuk mendukung kesiapan tempur di kawasan Natuna, saat ini Lanud Ranai akan ditingkatkan kemampuan landas pacunya agar bisa di darati pesawat tempur Sukhoi Su-27/Su-30 Flanker. Di kawasan Ranai kini terdapat Satuan Radar (Satrad) 212 yang menggunakan jenis radar Thomson TRS-2215. Oleh Menhan, jenis radar ini pun nantinya akan diganti dengan jenis yang lebih modern. (Gilang Perdana) Indomil.

“Kesalahan Akuisisi Alutsista”

  image001

KFX / IFX (kerjasama riset fighter jet) – tidak dibutuhkan TNI

EMB-314 (fighter turboprop) – tidak dibutuhkan TNI

F-16 ex USANG (fighter jet)– tidak dibutuhkan TNI, spesifikasi rendah

Leopard 2 (MBT) – kesalahan pengorganisasian
Changbogo Type 209/1400 (kapal selam) – tidak dibutuhkan TNI, spesifikasi rendah
TRS Master T (radar strategis) – tidak dibutuhkan TNI, spesifikasi rendah
Exocet (rudal anti kapal) – tidak dibutuhkan TNI

Kesalahan Akuisisi Alutsista: KF-X, Elang Salah Asuhan


Pilihan Indonesia bergabung dengan pembangunan KF-X adalah pilihan yang salah dan diambil tanpa pertimbangan matang.

Proyek KF-X KF-X adalah proyek Korea Selatan membuat fighter baru pengganti F-4, F-5, dan F-16. KF-X yang diharapkan beroperasi tahun 2021 ini direncanakan memiliki keunggulan:

Spesifikasi lebih baik daripada F-16
Jet twin engine dengan thrust vectoring (arah jet bisa diatur sehingga gerak pesawat lebih lincah)
Semi-stealth, dengan rudal di dalam body pesawat

Jika terwujud, maka KF-X akan diberi nama F-33, yaitu pesawat dengan kemampuan diatas F-16, tetapi masih dibawah F-35. Mengikuti penamaan AS sebagai sumber teknologi utama Korea Selatan. Korea Selatan merencanakan biaya pengembangan adalah USD 5 miliar, dengan 40% ditanggung oleh 2 negara lain. Disini rencananya Indonesia dan Turki ikut serta, masing-masing menanggung 20%, yaitu USD 1,8 miliar. Rencananya, Indonesia akan mendapat imbalan berupa 50 pesawat KF-X, yang rencananya cukup canggih:

Disain KF-X sendiri masih di pertandingkan antara Boeing, Lockhead Martin, dan Eurofighter.
Mesin jet: EJ200 dari Eurojet atau F414 dari General Electric
Radar AESA (Active Electronically Scanned Array).
Targeting system, infrared search and track sensor.
Formula material serap radar.
Conformal weapons bay: rudal disimpan di dalam tubuh pesawat. Teknologi ini sudah dimiliki Korea Selatan dengan keterlibatan merakit komponen F-15 Silent Eagle.

Persenjataan pun rencananya akan di buat sendiri:

Rudal udara ke udara jarak pendek akan dikembangkan dari LIG Nex1 Shin-Gung, rudal SAM panggul
Rudal udara ke udara jarak menengah
Rudal udara ke permukaan
Rudal kendali presisi
Rudal kendali GPS (KGGB) 226kg, dikembangkan dari Boeing JDAM

Berita 1: Indonesia Korsel Kembangkan Jet KF-X Berita 2: KSAU Harap Program IKFX Lancar Bagaimana cara Korea Selatan membangun fighter begitu canggih ? Begini. Korea Selatan sudah lama mendapat kontrak ikut membangun F-16, sehingga teknologinya sudah dikuasai. Bahkan Korea Selatan sudah membangun jet tempur latih, yang antara lain dibeli Indonesia. DAPA (Defense Acquisition Program Administration) Korea mengadakan tender pembelian 60 fighter baru. Menggantikan skuadron F-4 Phantom lama. Beda dengan di Indonesia, dimana pembelian mendadak terjadi, dan biasanya dengan alasan hibah, atau perintah bapak, atau big-sale dari negara penjual, di Korea, DAPA menyusun 4 kriteria utama, dan 150 kriteria pendukung.

Nama proyeknya F-X III. Yang memenuhi adalah F-15 Silent Eagle dari Boeing, F-35 Lightning2 dari Lockheed Martin, dan Eurofighter Typhoon. Nah, disini dipercaya Korea Selatan akan menuntut agar si pemenang memberikan transfer teknologi stealth-nya untuk fighter KF-X. Tentu masih banyak faktor lain yang perlu ditangani oleh Korea Selatan, seperti izin dari US dan Eropa untuk ekspor teknologi sensitif, dan bagaimana mengembangkan sendiri teknologi yang tidak bisa diperoleh. Keraguan juga muncul mengenai berbagai teknologi canggih yang dijanjikan ikut serta. Radar AESA, misalnya, dikembangkan AS selama 10 tahun dengan biaya miliaran USD. Belum lagi sistem targeting, pengunci, penjejak infra merah, materi anti radar, sistem navigasi, dan lain sebagainya. Apalagi DAPA menjanjikan adanya riset persenjataan baru. Semua akan diwujudkan dalam waktu 7 tahun.

Apakah rencana itu realistis ? Keraguan Turki Keterlibatan Turki dalam konsorsium KF-X masih menjadi tanda tanya besar. Turki menuntut kemitraan setara dengan Korea Selatan, yaitu 40% – 40% (dengan Indonesia 20%). Namun sejauh ini Korea Selatan menolak. Korea Selatan ingin tetap menjadi pemegang saham mayoritas, yaitu 60%. Turki bisa saja membatalkan keterlibatan lalu membangun fighter dengan Swedia (tepatnya dengan Saab, produsen JAS 39 Gripen), atau bersama Brazil yang juga bernafsu membangun fighter sendiri, atau bergabung dengan konsorsium Eurofighter Typhoon (Italia, Jerman, Inggris, dan Spanyol), yang fighter-nya sudah jelas sekaliber F-35.

Industri Turki cukup maju karena banyak terlibat dalam pembuatan komponen vital F-16, termasuk mesin jet-nya. Beda dengan di Indonesia, dimana pejabat bisa langsung menentukan pilihan secara “ghoib”, di Turki, 40 staf AU diperintahkan mempelajari pilihan tersebut, dengan kesimpulan yang baru akan diambil tahun 2013. Turki masih memiliki pilihan meningkatkan order F-35, dari rencana semula 100 pesawat, dan menunda rencana membangun fighter sendiri. Pabrik mesin jet F-35 pun rencananya dibangun di Turki.

image003

F-35 yang risetnya molor, dan harga naik, jauh lebih tinggi daripada yang direncanakan pada awal riset Perbedaan Fokus Pengembangan Korea Selatan memiliki fokus pengembangan fighter yang jauh berbeda dibandingkan Indonesia. Perbedaan ini mengakibatkan fighter yang dihasilkan sangat kurang bermanfaat bagi Indonesia. Dalam kondisi dimana KF-X direncanakan menjadi tulang punggung pertahanan udara Indonesia (fighter terbanyak dengan jumlah 50 pesawat) maka yang terjadi adalah musibah. Dari sisi geografis, Korea Selatan berbentuk satu daratan yang efisien dijaga oleh fighter kecil dengan radius tempur 750km (asumsi peningkatan 50% dari radius tempur F-16). Pada geografis Korea Selatan, fighter tidak perlu membawa terlalu banyak senjata karena bisa kembali ke pangkalannya untuk dipersenjatai kembali.

image004

image005

Basic Stealth Korea Selatan berada dalam status perang dengan Korea Utara sejak genjatan senjata tahun 1953. Postur fighter yang ideal bagi Korea Selatan adalah yang memiliki kemampuan ofensif tinggi, karena itu kemampuan stealth sangat penting bagi Korea Selatan. Korea Utara sendiri tidak memiliki kemampuan tangkal stealth yang memadai karena keterbatasan dana dan teknologi, sehingga fighter stealth akan menjadi keunggulan besar bagi Korea Selatan. Berbeda dengan Indonesia yang pada dasarnya negara damai, tanpa permusuhan militer.

Postur TNI AU adalah postur defensif, untuk mengawal 17.000 kepulauan nusantara dengan alur laut Indonesia dan 200 mil ZEE. Kemampuan yang dibutuhkan oleh fighter kita adalah kemampuan terbang jauh, mengudara dalam waktu lama, dan kemampuan membawa banyak senjata sehingga dengan sedikit lanud militer, fighter bisa beroperasi di wilayah yang luas. Lagi pula “stealth” dalam konteks KF-X sama sekali tidak bermakna bagi Indonesia, bukan hanya karena postur TNI bersifat defensif.

Stealth adalah kemampaun fighter untuk tidak/sulit terlihat di radar yang ada hari ini. Dengan trend stealth, pada 2020, semua radar moderen sudah memiliki kemampuan anti stealth yang dapat melihat dan menembak pesawat tersebut. Lalu apa gunanya membayar lebih untuk kemampuan stealth yang tidak berguna ? Jawabnya, bagi Korea Selatan tetap berguna, karena radar Korea Utara hari ini sama dengan radar tahun 1953, dan dipastikan tahun 2020 juga masih sama. KF-X akan mampu dengan mudah menyerbu Korea Utara tanpa terdeteksi radar. Berbeda dengan Indonesia, yang dikelilingi radar moderen Australia di Selatan, lalu AEW Singapura, Malaysia, dan Thailand di Utara, AWACS armada Pasifik berkeliaran di alur laut, armada RRC mengancam di Laut Cina Selatan, semua memiliki kemampuan anti-stealth.

Untuk ke Timor Leste atau ke Papua Nugini tidak ada gunanya mengirim fighter, harga rudal-nya lebih mahal daripada sasaran yang akan ditembak. Buat Indonesia mubazir melakukan riset fighter stealth, lebih mubazir lagi membeli 50 fighter dengan kemampuan stealth-basic. Yang dibutuhkan justru riset radar anti fighter stealth sekelas F-35 yang akan menjadi fighter utama Australia dan Singapura dalam waktu dekat. Ancaman Embargo Status Korea Selatan sebagai sekutu dekat AS memungkinkan negara tersebut mengandalkan teknologi persenjataan AS dan NATO. Berbeda dengan Indonesia dimana embargo sudah berulang kali mematikan kemampuan tempur alutsista.

Hingga hari ini TNI tidak memiliki kemampuan tempur moderen. Independensi alutsista, setidaknya pemeliharaan dan persenjataan (peluru, rudal, update software, dsb) harus menjadi pertimbangan penting dalam setiap akuisisi alutsista. Disain KF-X yang tidak sesuai dengan kepentingan Indonesia dapat mengakibatkan 50 KF-X Indonesia tidak dapat beroperasi seperti F-16 dulu. Korea Selatan sudah merencanakan pengadaan F-35 sebagai fighter superioritas udara utama. Dengan demikian posisi KF-X dalam AU Korea Selatan adalah sebagai secondary fighter. Berbeda dengan Indonesia, dimana 50 KF-X hanya ditemani Su-27/30, maka KF-X menjadi fighter utama dalam arsenal TNI AU.

Perbedaan ini akan menyebabkan disain KF-X tidak sesuai untuk Indonesia. Korea Selatan dapat bergantung pada rudal standar US seperti AMRAAM, HARM, Harpoon, dsb. Sementara Indonesia harus mencari kemampuan mandiri. Sekalipun proyek KF-X diumumkan akan membangun persenjataan sendiri, namun mengingat sempitnya masa pengembangan (7 tahun), dan kecilnya biaya, mengakibatkan pengembangan senjata sangat mungkin tidak dapat terwujud. Dalam kasus embargo, Korea Selatan-pun tidak akan bisa mengirimkan alutsista ber-teknologi AS karena terikat dengan perjanjian. Jadi pengembangan bersama Korea Selatan tidak berbeda dengan pengembangan dengan AS. Kalau keterlibatan dalam proyek KF-X dilanjutkan, sangat disarankan agar Indonesia menjadi sekutu AS, bersama dengan Korea Selatan. Dengan demikian kita bebas dari ancaman embargo.

image007

Resiko besar, hasil tidak memadai Masa pengembangan yang hanya 7 tahun dinilai tidak realistis oleh berbagai pihak. Demikian pula dengan rencana anggaran USD 5 miliar dinilai tidak masuk akal. Setidaknya dibutuhkan dana USD 15 miliar untuk mencapai produksi pada 2020. Dengan kondisi tersebut, dapat diramalkan produksi akan mundur 10 – 20 tahun, dan biaya akan membengkan 2 – 3x lipat. Belum lagi adanya resiko kegagalan proyek. Mundurnya proyek 10 – 20 tahun ataupun pembatalan tidak akan berdampak pada AU Korea Selatan yang akan memiliki F-35.

Tapi untuk Indonesia, dirgantara kita tidak terjaga karena anggaran 50 fighter terkunci pada riset KF-X. Dan kalau anggaran-nya membengkak, bisa-bisa Indonesia cuma kebagian 10 fighter karena tidak mampu menambah modal. Ingat F-35 yang realisasinya mundur bertahun-tahun, dan biaya per pesawat meningkat drastis ? Itu AS (Lockheed Martin) yang berpengalaman membuat pesawat tempur canggih. Keterlibatan Indonesia dalam proyek KF-X adalah perjudian sembrono, yang tidak mengutamakan kepastian atas kepentingan pertahanan nasional. Korea Selatan adalah negara maju yang berkembang dengan sangat cepat. Indonesia butuh kerjasama militer dan ekonomi dengan Korea Selatan. Hanya saja bukan kerjasama pengembangan fighter. Kita butuh elang yang berbeda. Korea Selatan butuh Silent Eagle, Indonesia butuh Garuda, elang besar. Ringkasnya (tambahan executive summary buat yang males baca semua)

KF-X adalah fighter superioritas udara kecil sesuai untuk Korea Selatan, kebutuhan Indonesia adalah fighter superioritas udara besar. Apapun hasilnya sudah pasti tidak sesuai dengan kebutuhan. Pembelian fighter superioritas udara kecil mengakibatkan Indonesia terjebak pada AU dengan 2 platform primary fighter yang diluar kesanggupan ekonomi kita.
Fokus pengembangan Korea Selatan berbeda dibanding kebutuhan Indonesia.
Saham 20% tidak memberikan alih teknologi kepada Indonesia, hanya membeli pesawat. Indonesia bukan partner setara. Ini sebabnya Turki mundur dan mempelajari ulang.
KF-X memiliki 4 kemungkinan hasil:

Jika selesai tepat waktu 7 tahun sesuai anggaran USD 50 mio, berarti hanya rakitan dari teknologi AS. Tidak ada real research yang hasilnya bisa diperoleh Indonesia. Semua teknologi AS subject to peraturan re-export, sehingga alih teknologi harus seizin AS. Artinya kalaupun ada teknologi yang diberikan tidak ada kaitannya dengan KF-X, melainkan semata kebaikan AS. Sewaktu-waktu Indonesia di embargo AS, Korea Selatan tidak akan bisa mengirimkan material.
Jika riset dilakukan serius untuk berbagai teknologi, penyelesaian akan molor, dan anggaran membengkak. Karena tidak mampu menambah modal untuk kepemilikan saham 20%, terpaksa pesawat KF-X yang diterima hanya sedikit.
Jika gagal, misalnya AS menolak memberikan izin ekspor teknologi sensitif karena khawatir, uang hilang dalam jumlah besar.
Hasilnya jet tempur abal-abal, tanpa teknologi yang dijanjikan.

Sedangkan pada saat ini ada beberapa alternatif platform fighter besar, generasi baru, sudah jelas hasilnya, yang bisa di alih-teknologi-kan, dan bisa dimodifikasi dan dikembangkan sendiri (riset) sesuai kebutuhan Indonesia. Jadi pilihan KF-X adalah pilihan yang salah. Lebih Baik Cerai daripada Aborsi Melihat perbedaan-perbedaan fokus pengembangan diatas, kalaupun kemudian ke-50 KF-X tersebut datang, dapat dipastikan bukan fighter yang dibutuhkan oleh Indonesia. Dan kembali, pertahanan dirgantara tidak terjaga secara optimal.

KF-X yang datang menjadi F-33 Elang Salah Asuhan, dikembangkan bukan untuk kondisi Nusantara. Dengan kemampuan komitmen dana USD 1,8 miliar, ada banyak cara lain mengembangkan kemandirian alutsista tempur udara Indonesia. Banyak cara yang lebih kreatif, jitu, memberi kepastian, efisien, dan efektif. KF-X adalah cara yang salah. Mumpung belum jauh melangkah, baru USD 18 juta yang keluar, sebaiknya Indonesia segera keluar dari konsorsium KF-X. Lebih baik cerai daripada aborsi.

Kesalahan Akuisisi Alutsista: EMB-314, Elang Jadul Impor


image009

Pengadaan fighter turboprop EMB-314 Super Tucano dari Brazil adalah kesalahan yang disebabkan oleh terlambatnya penyesuaian doktrin TNI AU dengan perkembangan teknologi. Seharusnya diprioritaskan minimalisasi jenis armada dengan prioritas produksi dalam negeri, karena teknologi fighter turboprop sangat mudah dikuasai.

Pesawat Tempur Ringan Turboprop (ultra light fighter) Squadron Udara 21 berbasis di Malang adalah squadron legendaris dengan pesawat fighter twin-turboprop OV-10 Bronco, yang tergolong pesawat tempur ringan baling-baling alias light turboprop fighter. Digolongkan fighter ringan karena kecepatannya lebih rendah, dan membawa senjata lebih sedikit dibandingkan dengan mainstream fighter jet standar.

Disebut turboprop atau ditambah kata ultra untuk membedakan dengan fighter ringan bermesin jet, seperti Hawk, TA-50, Su-55, dsb. Juga membedakan dengan mesin baling-baling kuno yang berbasis piston. Umumnya yang disebut fighter ringan adalah jet tempur dengan kecepatan transonic (Mach 0,8 – 1,2). Sedangkan fighter ultra ringan berpenggerak turboprop sehingga kecepatannya lebih rendah lagi, dibawah Mach 0,8. Fighter ringan (termasuk yang ultra ringan) memiliki berbagai fungsi:

Light armed reconnaissance aircraft (pesawat pemantau ringan bersenjata), yang fungsinya memantau posisi pasukan musuh, dan berfungsi sebagai forward air control (FAC).
Dropping para: menerjunkan sejumlah kecil pasukan linud atau komando dengan parasut.
Close air support: mendukung infantri dengan tembakan udara jarak dekat.
Bantuan tembakan, setara dengan dukungan tembakan artileri, dengan cannon, roket, rudal, atau bom.
COIN (Counter Insurgency), alias memerangi rakyat sendiri.
Armored hunter, berburu kendaraan lapis baja seperti tank, APC, dsb.
Heli hunter, berburu helikopter, terutama menghadapi heli serbu.

image010

Indonesia memiliki 2 fighter ringan dan 6 fighter latih ringan:

OV-10F Bronco
Hawk 209

Pesawat latih ringan biasanya juga dapat dipersenjatai, sehingga dapat dikategorikan sebagai fighter ringan. Jika keadaan mendesak, pesawat latih militer dapat dilibatkan melakukan operasi dukungan tembakan. Dalam kategori ini Indonesia memiliki:

KT-1B Wongbi, pesawat latih buatan Korea Selatan
T-34 Mentor
FFA AS-202 Bravo
Aermacchi SF-260, hibah dari Singapura
G-120 Grob, pesawat latih buatan AS
Hawk 53 dan Hawk 109, pesawat latih ringan paripurna (bermesin jet)

 image012

Legenda Squadron 21Squadron Udara OV-10F Bronco terlibat banyak operasi tempur. Sejak kehadirannya, OV-10F ikut serta dalam hampir setiap perang di dalam negeri. Mulai dari Operasi Seroja, Operasi Tumpas, Operasi Halilintar, Operasi Guruh dan Petir, Operasi Kikis Kilat, Operasi Tuntas, Operasi Halau, Operasi Rencong Terbang, Operasi Oscar. Awalnya sebagai Squadron Udara 3, kemudian menjadi Squadron Udara 1, dan akhirnya diganti menjadi Squadron Udara 21. 5 Oktober 1976 OV-10F Bronco melakukan demo udara dalam rangka hari jadi ABRI di Parkir Timur Senayan. Konon kabarnya segera setelah acara, pesawat berangkat ke Bacau untuk mendukung operasi militer Seroja, menyelamatkan rakyat Timor-Timur dari kekejaman komunis Fretilin. Di tengah embargo dan krisis ekonomi, TNI AU berupaya keras mempertahankan keberlangsungan operasional OV-10F. Adapun nasib OV-10F Bronco TNI:

3 rusak akibat terpaksa mendarat darurat.
2 jatuh di Medan dan Probolinggo.
2 jatuh di Timor Timur, menewaskan ke-4 penerbangnya.
3 masuk museum (Dirgantara Mandala, Yogyakarta) menjadi monumen (di Jombang dan Banjarnegara).
5 terakhir beroperasi di Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang. Uniknya, pesawat OV-10F Bronco yang selamat semua bernomor ganjil.

Bahkan setelah F-16 hadir, OV-10F Bronco tetap menjadi andalan. Mengapa? Pertama, harga persenjataan F-16 mahal. F-16 mengandalkan rudal state-of-art, atau peluncur roket, yang relatif jauh lebih mahal dibandingkan 4x 12,7mm Browning Heavy Machine Gun-nya Bronco. F-16 sendiri memang memiliki HMG, dan dapat dipasangi peluru ekstra. Tetapi karena kecepatannya, HMG F-16 jaman dulu sulit digunakan untuk menembak sasaran di darat. F-16 sendiri awalnya hanya di disain untuk pertempuran udara ke udara.

Karena itu HMG tersebut lebih di disain untuk close combat dog-fight, atau untuk ground strike sambil melewati dengan kecepatan tinggi. Belum ada targeting pod, FLIR, dsb yang memudahkan pilot mengidentifikasi target darat. Sedangkan operasi tempur di Indonesia kebanyakan berhadapan dengan infantri / insurgency. Pada masa itu, konsep heli serbu (attack helicopter) moderen masih baru berkembang, dan belum dimiliki oleh TNI AD. Apa daya, setelah pada 21 Juni 2005 sebuah OV-10 jatuh, menewaskan 2 perwira penerbang kita, bulan Juli 2005 seluruh operasi OV-10F dihentikan, menandai dibekukannya Squadron Udara 21.

Dengan tidak mengurangi penghargaan pada Skuadron AU lain, dapat dikatakan bahwa Skuadron OV-10F Bronco adalah the most battle prooven  air squadron di Indonesia, juga the most battle scarred squadron. Dan tentunya, sebagai Skuadron AU yang paling berjasa besar pada infantri TNI AD. Mungkin tidak ada skuadron udara lain yang berpengalaman tempur, mengalami resiko tinggi, dan menyabung nyawa demi NKRI seperti Skuadron Udara 21, Malang. Tabik, to the real Indonesian heroes of 21st Air Squadron, 2nd Tactical Wing, Eastern Air Command. Setelah 7 tahun tidak aktif, dapat dibayangkan rasa kebanggan pada anggota Squadron 21 yang baru, menantikan kedatangan 16 unit EMB-314 Super Tucano, yang menjadi nyawa baru bagi Squadron 21. Kebanggan pula bagi bangsa Indonesia atas aktifnya kembali Squadron 21 untuk menjaga keamanan NKRI. Menurut berita, 4 pesawat EMB-314 insyaallah akan hadir tanggal 28 Agustus 2012. Ada juga berita yang menyebutkan bahwa EMB-314 sudah hadir dan sudah demo menembakkan rudal Maverick.

 image013

EMB-314 Super Tucano EMB-314 Super Tucano adalah fighter dengan satu mesin turboprop (baling-baling tunggal). Secara penampilan sangat mirip dengan fighter jadul seperti P-51 Mustang, atau bahkan Mitsubishi Zero. Jauh dari kesan futuristik seperti pendahulunya OV-10F Bronco yang ber-baling-baling ganda dan ber-sayap ajaib. Berbeda dengan penampilannya, performa EMB-314 sangatlah luar biasa. Dapat dikatakan bahwa EMB-314 adalah fighter turboprop state-of-art, menggunakan teknologi terkini dalam semua aspek. EMB-314 memiliki 2 senjata mesin internal dalam sayapnya 12,7mm FN Herstal M3P dan dapat membawa rudal canggih pada 5 hardpoint di sayap dan dibawah pesawat seberat 1,5 ton. Dapat bertempur malam hari, memiliki sistem pertahanan anti rudal (countermeasures), fitur auto pilot, sistem navigasi terkini, dan berbagai fitur pesawat tempur moderen.

Pada dasarnya EMB-314 Super Tucano adalah state-of-art single engine turboprop light fighter. Namun apakah Indonesia perlu state-of-art single engine turboprop light fighter ? Prioritas pengadaan TNI harus menuju pada kemandirian. Dalam hal ini TNI AU perlu berperan memperkecil jenis pesawat tempur yang dimiliki guna meningkatkan optimalisasi pemeliharaan. Kepemilikan multi pesawat, masing-masing dalam jumlah kecil, menunjukkan tidak adanya garisan doktrin TNI AU yang mempertegas pentingnya pembatasan jenis pesawat tempur. Dari beberapa akuisisi pesawat TNI AU terlihat bahwa ada pola “mencari pengganti pesawat lama”. TNI AU sibuk mencari pengganti OV-10F, lalu mencari pengganti T-34 Mentor, kemudian KT-1B, Hawk, dst, dsb. Tidak ada evaluasi komprehensif atas kepemilikan aset tempur udara, dan bagaimana seharusnya postur TNI AU terkait dengan perkembangan teknologi pesawat tempur.

image014

Ke-jadul-an Konsep Ultra Light Fighter Dengan kemajuan teknologi pesawat tempur, praktis kebutuhan ultra light fighter menjadi minim. Seluruh fungsi ultra light fighter dapat ditangani lebih baik oleh:

Fighterjet (baik ringan, kecil maupun besar)
Attack Helicopter
Pesawat Gunship (ground-attack aircraft)

Tidak ada lagi urgensinya menugaskan para pilot untuk menyabung nyawa dengan pesawat baling-baling ultra light fighter, yang sehebat apapun, tetap memiliki resiko jauh lebih tinggi untuk tertembak jatuh. Pada masa lalu, resiko itu harus diambil. Belum ada pengenalan target jarak jauh berbasis video yang memungkinkan pilot pesawat melihat target-nya dari jarak beberapa kilo. Kalaupun ada, resolusi-nya masih sangat buruk dan di disain untuk mengenali kendaraan lapis baja. Dibutuhkan ultra light fighter yang bergerak cukup lambat agar meminimalisasi kesalahan tembakan. Karena biasanya infantri TNI dan infantri lawan bisa berada pada jarak yang cukup dekat, sehingga besar resiko friendly fire atau collateral damage. Di tahun 2012 ini, cukup banyak teknologi yang memudahkan pilot pesawat fighter mengenali target infantri dengan baik untuk memberikan dukungan tembakan secara aman, dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Teknologi berbasis infra merah dapat digunakan untuk penembakan di malam hari atau di cuaca buruk sekalipun. Bukan hanya roket dan rudal, bahkan cannon dan senjata mesin pun sudah dapat ditembakkan dengan presisi yang baik. Fungsi dukungan tembakan udara dekat yang intensif, jauh lebih sesuai dilakukan oleh heli serbu, yang bisa menembak tanpa harus bergerak. Hebatnya, teknologi heli serbu sudah dikuasai oleh PT Dirgantara Indonesia. Untuk dukungan tembakan udara menengah yang intensif, paling sesuai adalah pesawat gunship alias ground attack aircraft.

Pesawat gunship itu dari pesawat angkut militer, yang dipasangi berbagai senjata serang permukaan untuk dukungan tembakan pada pasukan darat. Baik roket, rudal, meriam, mortir, senjata mesin, bahkan anti material rifle (sniper rifle kaliber besar armored piercing), bisa dipasang pada platform gunship. Penembakan dilakukan oleh komputer penembak sehingga akurasi tinggi sekalipun pesawat berada pada jarak beberapa kilometer dan bergerak ratusan kilometer per jam. Nah, platform gunship ultra ringan bisa dibangun pada N-219 yang harganya hanya USD 8jt. Untuk gunship standar bisa dibangun pada N-295, seharga sekitar USD 40jt. Hebatnya, platform gunship (pada N-219 atau N-295) bisa dibangun oleh PT Dirgantara Indonesai bekerjasama dengan PT Pindad tanpa perlu kerjasama luar negeri. Lalu mengapa kita tidak membangun armada udara TNI dengan produk dalam negeri ? Walahualam…

image016

Ini bukan guyonan. Bisa dicoba berikan SMK uang USD 15juta (seharga 1 unit EMB-314), dijamin pasti jadi. Nah, kalau SMK saja pasti bisa membuat, apalagi dosen ITB, dijamin jauh lebih canggih. Lalu PT Dirgantara Indonesia ? Kalau sampai PT DI tidak bisa membuat state-of-the-art turboprop fighter aircraft dengan USD 15juta, pecat saja Direkturnya, ganti saya, dijamin bisa produksi dengan biaya 1/2-nya (USD 7,5juta), sudah termasuk setoran 30% ke departemen dan banggar (soal setoran guyon loh Pak Samad… tilpon saya jangan disadap…). Lalu kenapa teknologi abal-abal yang mudah dibangun sendiri musti dibeli ribuan kilometer dari Brazil ? Mungkin hanya banggar yang tahu….

image018

Doktrin TNI Sebenarnya pada Doktrin TNI 2010, ekadarmadekapaksa… atau apalah namanya (dalam bahasa India kuno kegemaran TNI, seperti bahasa Latin di militer AS. Saya lupa nama persisnya). Sudah tertulis secara jelas: Bab 5, Strategi Militer 30. Pembinaan Kemampuan Bagian e: 3) Kemampuan Penguasaan Teknologi dan Industri Militer. Kemampuan penguasaan teknologi dan industri militer disiapkan untuk membangun wawasan kemandirian, sehingga TNI tidak tergantung kepada negara tertentu dan dapat memenuhi kebutuhan Alutsista maupun perlengkapan militer lainnya secara mandiri.4) Kemampuan Penelitian dan Pengembangan. Kemampuan penelitian dan pengembangan disiapkan untuk peningkatan dan pengembangan perangkat keras serta perangkat lunak dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi dan penataan sistem yang dinamis. Jadi untuk doktri tertulis sebenarnya tidak ada masalah.

Fokus utama penguasaan teknologi dan industri militer sudah menjadi kewajiban utama. Mungkin ada kurang koordinasi antara Dephan, TNI, banggar DPR, dan industri pertahanan nasional, sehingga banyak pengadaan yang seharusnya dapat menjadi sumber kemandirian alutsista TNI menjadi sekedar impor barang. Atau mungkin juga ada “kurang koordinasi”. Tetapi bisa jadi hanya sekedar “”kurang koordinasi“”

Permasalahan 24 F-16 USANG Andalan TNI AU 2015



image019

Sejumlah prajurit TNI AU mengevakuasi badan pesawat tempur F16 yang terbakar di ujung landasan pacu Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4). Pesawat tempur F16 dengan nomor register TS 1643 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo tersebut gagal tinggal landas (takeoff) dan terbakar sekitar pukul 08.15 WIB. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

F-16C USANG (US Air National Guard)

Beli atau Hibah ?


Niat Indonesia semula adalah membeli 6 unit F-16 blok 52 baru, pesawat F-16 kedua tercanggih, yang sama seperti milik Singapura. Entah karena kasihan dengan Indonesia yang hanya beli sedikit, atau karena tidak mau Indonesia memiliki fighter secanggih Singapura sekutunya, maka AS membuat penawaran balik:

Indonesia diberikan GRATIS, 24 F-16 blok 25 bekas pakai Pengawal Nasional Udara (PNU) AS alias US Air National Guard (USANG). Kemudian Indonesia HANYA PERLU membayar biaya upgrade pesawat tersebut menjadi F-16 blok 32+ dengan kelengkapan “mendekati” blok 52 (yang moderen punya RSAF Singapura itu).

Anggarannya termasuk spareparts, senjata, pelatihan, dsb sebesar USD 750 juta. Harga yang sama dengan membentuk 1 skadron heavy fighter yang sangat dibutuhkan untuk memberi kesempatan TNI AD dan AL berperang (bukan gerilya).

Apa yang dibeli ?


Mari kita lihat apa yang kita peroleh:

http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html

24 F-16C/D block 25 (di produksi tahun 1984 – 1986)
28 F100-PW-200 or F100-PW-220E

Turbin pesawat diganti diganti baru, dengan mesin jet buatan Pratt Whitney. Ini hal yang bagus, karena berarti mesin baru, dengan umur panjang (disain 30 tahun).

LAU-129A/A Launchers

Untuk meluncurkan rudal udara ke udara, termasuk AIM-120 AMRAAM, dan Sidewinder generasi terbaru AIM-9X. Melalui peluncur ini, sasaran dapat di programkan ke rudal.

ALR-69 Radar Warning Receivers
ALQ-213 Electronic Warfare Management Systems
ALE-47 Countermeasures Dispenser Systems

Standar untuk pertahanan pesawat. Tentunya F-16 blok 52+ Singapura menggunakan yang lebih canggih: SPS-3000.

Cartridge Actuated Devices/Propellant Actuated Devices (CAD/PAD)
ARC-164/186 Radios
Expanded Enhanced Fire Control (EEFC) or Commercial Fire Control or Modular Mission Computers

Ini sama dengan tidak menjelaskan komputer apa yang akan dipasang, karena menyebut semua jenis komputer F-16. Dengan demikian kemungkinan besar komputer F-16 kita jauh dibawah F-16 blok 52.

Situational Awareness Data Link, Enhance Position Location Reporting Systems (EPLRS), LN-260 (SPS version, non-PPS)

Lebih tepat menentukan posisi berdasarkan inersia (INS) atau GPS.

AN/AAQ-33 SNIPER or AN/AAQ-28 LITENING Targeting Systems

Lebih mudah dan cepat mengenali target, mengendalikan peluru kendali presisi tinggi, dan memantau target darat, beroperasi siang maupun malam, di segala cuaca (FLIR & CCD).

Indonesia requested the regeneration be sole sourced to the 309th Maintenance Wing, Hill Air Force Base, in Ogden, Utah, and Pratt Whitney, in East Hartford, Connecticut for the engine overhaul.

Ogden Air Logistics Center (OO-ALC) adalah gudang F-16, sekaligus pusat pemeliharaan.

Pada daftar diatas tidak ada info upgrade radar, berarti radar tetap memakai radar blok 25: AN/APG-68 antara (V)1 sampai (V)3. Disini mulai muncul masalah: Radar F-16 blok 52 Singapur AN/APG-68 (V)9, 30 – 50% lebih jauh jangkauannya. Demikian pula MLU  F-16 Thailan, yang akan menjadi F-16AM dan F16BM. Dengan komputer yang lebih cepat dan canggih. Artinya F-16 Singapura dan Thailand (negara Tier 4 MDCI) akan bisa lebih dulu mengunci dan menembak AURI F-16.

Program Upgrade Sejenis


Ada 3 program upgrade pesawat F-16 yang dinilai penulis mirip:

MLU (seperti upgrade yang dilakukan RTAF untuk F-16 blok 15 OCU-nya)
SCU (System Capabilities Upgrade)
CUPID (Combat Upgrade Plan Integration Details)

Program Upgrade MLU jauh lebih komprehensif, dan lebih mahal. Nampaknya konfigurasi yang disebutkan diatas jauh dari MLU. Sebagai contoh, MLU pasti menggunakan sistem komputer modular terintegrasi: Modular Mission Computer, dengan EUPDG, HSD, dan tampilan HUD lebar berwarna. Dengan disebutnya pilihan EEFCC atau CFCC, berarti tidak dilakukan Program Upgrade MLU.

Program SCU terlalu sederhana, hanya menambah beberapa sistem tempur.

Jadi kemungkinan yang paling mirip adalah Program Upgrade CUPID, yang dilakukan untuk pesawat F-16 USANG blok 25-32, untuk mendekati blok 52. Bisa jadi disinilah muncul istilah F-16 “disamakan blok 52”, yang menyesatkan.

Per 2015, sekitar 40 F-16 Thailad sudah menyelesaikan program MLU (saat ini sekitar 18 unit), yang artinya lebih canggih dan lebih banyak dibandingkan 24 F-16 Indonesia. Apalagi Singapura dengan F-16 blok 52+ nya sudah pasti lebih canggih, lebih muda, dan lebih banyak jumlahnya.

Ketiadaan Persenjataan


Belum lagi, semua pembelian senjata pamungkas AS, seperti AIM-120, selalu harus melalui kongres, sehingga kita pasti tahu kalau TNI membeli AMRAAM. Sampai sekarang belum ada permintaan tersebut, dan izin penjualan AMRAAM ke TNI belum keluar dari kongres AS. Sesuai doktrin AS, diyakini bahwa rudal yang dijual ke Indonesia PASTI merupakan rudal yang lebih rendah teknologinya dibanding milik sekutu AS: Singapura, Australia, dan Thailand. Artinya, kalau tetangga memiliki Sidewinder AIM-9X yang tercanggih, maka Indonesia maksimal memperoleh AIM-9S. Karena tetangga sudah memiliki IRIS-T, ASRAAM dan Phyton-4, ada kemungkinan Indonesia boleh membawa pulang AIM-9X yang lebih lemah. Kalau AMRAAM tetangga masih AIM-120-C7, mungkin Indonesia diizinkan memiliki AIM-120-B. Sering pada prakteknya senjata-nya (seperti AMRAAM) baru boleh dibawa ke Indonesia jika ada ancaman, dan AS tidak meng-embargo Indonesia.

Jadi terlepas dari upgrade-nya F-16 USANG itu akan tetap usang di Indonesia.

Masalah Struktur


Yang juga menjadi pertanyaan besar adalah, apakah F-16 USANG tersebut memperoleh upgrade struktur ?

F-16 adalah salah satu pesawat canggih yang justru membuat pilot mudah melakukan kesalahan. Beberapa bentuk kesalahan mengakibatkan umur pesawat berkurang. F-16 direncanakan untuk beroperasi selama 30 tahun, untuk 8000 jam terbang, dengan rata-rata 250 jam terbang per tahun.

Keretakan sangat kecil pada pesawat dapat menimbulkan bencana jika dilakukan manuver dengan tekanan grafitasi tinggi. Manuver seperti ini harus dilakukan oleh F-16 untuk menghindari rudal, atau untuk mencegah di kunci oleh lawan, atau untuk berusaha mengunci lawan. Dan tentunya para pilot harus berlatih menggunakan F-16 untuk melakukan manuver tersebut agar bisa menang saat terjadi pertempuran.

Pada kenyataannya banyak F-16 menunjukkan permasalahan struktur mulai 3500 jam terbang. Untuk itu AS melakukan Program Upgrade Struktur guna menjamin agar F-16 dapat beroperasi sesuai rencana, yaitu 8000 jam. Program ini antara lain Falcon Star, yang dimulai tahun 2004 hingga 2014, memperbaiki lebih dari 2000 F-16, termasuk 1200 F-16 USANG dan USAF.

Apakah 24 F-16 Indonesia sudah lulus Program-program ini ? Hanya Obama yang tahu.

Masa Pakai Pesawat


Masalah lain, F-16 blok 25 USANG di produksi antara 1984 – 1986. Jika kita ambil asumsi F-16 untuk Indonesia di produksi 1985, maka F-16 berusia 27 tahun, kurang 3 tahun sebelum wafat. Dengan rata-rata operasional pesawat USANG 250 jam per tahun, maka diperkirakan pesawat telah beroperasi selama 6750 jam. Sisa masa operasional 1250 jam lagi, alias setara dengan 5 tahun, berarti tahun 2017 pesawat sudah harus di parkir, atau sesuai kebiasaan TNI AU, para pilot, putra terbaik bangsa, dipaksa menyabung nyawa dengan pesawat yang tidak layak pakai.

AS memiliki program untuk meningkatkan masa pakai F-16. Tidak ada pada daftar beli diatas indikasi bahwa F-16 USANG tersebut akan di ikutsertakan pada program perpanjangan usia. Walaupun hal itu mungkin saja dilakukan, mengingat Ogden adalah pusat pelaksanaan program sejenis: SLIP dan SLEP, yang konon kabarnya bisa membuat F-16 awet muda, dan tetap greng.

Namun apakah layak mempertaruhkan nyawa pilot penerbang kita ? Dan pertaruhan itu untuk apa ? Toh udara Nusantara tidak terjaga.

Kesimpulan


Pantaskah Indonesia membayar USD 750 juta untuk odong-odong itu ? Monggo, disimpulkan sendiri.

Pantaskah putra terbaik bangsa menyabung nyawa menunggangi elang yang pasti kalah tempur melawan arsenal asing yang mungkin menyerang ke Nusantara.

Dengan hanya 2 Su-27 dan 3 Su-30 yang dapat diandalkan, kurang dari 1 skadron. Ke-8 F-5 dan skadron Hawk 209 sudah terlalu tua dan tak ter-upgrade. 10 F-16 mengalami penuaan dini akibat embargo.

Maka pada tahun 2015, andalan TNI AU adalah ke-24  F-16 USANG refurbished tersebut (dan 16 EMB-314 baling-baling bambu Doraemon).

Update 2014:

A. Perbandingan Spesifikasi

image021

B. Perbandingan Senjata

image022

C. Perbandingan Masa Pakai

image023

Mantan KSAL Minta Pembelian Kapal Selam Rusia Dikaji Ulang


Mantan Kepala Staf Angkatan Laut Bernard Kent Sondakh meminta pemerintah mengkaji ulang rencana pembelian kapal selam jenis Kilo Class dari Rusia. Menurutnya dua hal yang wajib dipertimbangkan sebelum mendatangkan kapal itu adalah ketersediaan suku cadang dan efek gentar kapal tersebut pada negara lain.

Di sisi lain, Bernard melihat pengadaan kapal selam Kilo Class hanya akan memunculkan efek deteren yang semu. Alasannya, pengadaan alat utama sistem persenjataan tersebut sangat bergantung pada negara lain. Sewaktu-waktu negara pemasok dapat menghentikan produksi kapal selam itu maupun mengembargo penjualan alat tempur ke Indonesia. Berita lainnya dapat dibaca di artikel sebelumnya.

Saya hanya mau mengatakan deterent semu itu tidak benar, coba saja bandingkan besarnya KS Kilo vs KS Changbogo (lihat foto pertama). Jelas sekali Changbogo kalah kelas.

Monggo silakan berimajinasi, jangan lupa berdiskusi sambil ngopi.

Sumber :

https://kampusmiliter.wordpress.com/moderenisasi-tni/kesalahan-akuisisi/
http://www.kompasiana.com/penduduk/kesalahan-akuisisi-alutsista-kf-x-elang-salah-asuhan_55123ca28133116354bc62f4
http://www.kompasiana.com/penduduk/permasalahan-24-f-16-usang-andalan-tni-au-2015_552c65646ea83472078b45af
http://www.kompasiana.com/penduduk/f-16-tni-au-bisa-lawan-siapa-2015_5513f6ce8133117e52bc63a0
http://www.f-16.net/f-16_users_article6.html
http://simomot.com/2015/04/16/kronologi-dan-foto-lengkap-pesawat-tempur-f-16-terbakar/
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150917144142-20-79388/mantan-ksal-minta-pembelian-kapal-selam-rusia-dikaji-ulang/

Oleh: Faqih Harri Wibowo / JKGR.

Peristiwa 1965 dalam Rekaman Dokumen Intelijen CIA

  CIA

Jakarta – Rabu lalu, Badan Intelijen Amerika Serikat membuka dokumen soal banyak hal yang terjadi di dunia pada rentang periode 1961 hingga 1969. Dalam situs resminya, CIA mendedahkan laporan dan analisis mereka mengenai apa yang terjadi dan patut di waspadai oleh pemerintah Amerika Serikat.

Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia pada dokumen yang dirilis dalam situs berita CIA, tanggal 1 Oktober 1965, dipaparkan telah terjadi penculikan terhadap enam jenderal petinggi angkatan darat, termasuk Jenderal Ahmad Yani.

“Kondisi yang terjadi cukup membingungkan, semua dalam posisi yang meragukan,” bunyi dokumen yang mereka sebut sebagai “Brifeing Harian untuk Presiden”.

Masih menurut dokumen CIA itu, Mayor Jenderal Soeharto memimpin upaya kontra kudeta, beberapa jam setelah insiden penculikan diketahui. Seoharto disebut telah menguasai jaringan radio di Jakarta.

Meski cukup terperinci, namun dokumen yang didedahkan CIA tidak komplit. Sebab dalam penelusuran ada beberapa alinea yang sengaja tak dipublikasikan. Segmen peristiwa 1965 ini, sebenarnya satu bagian dari banyak laporan dan pantauan intelijen Amerika Serikat dari berbagai penjuru dunia.

Menariknya, dalam akhir laporan CIA pada tanggal 1 Oktober 1965, badan telik sandi itu menganalisis soal belum pastinya reaksi dari kalangan komunis di Indonesia. “Satu laporan mengatakan partai komunis di Indonesia sudah bersiap untuk bentrok dalam beberapa hari ke depan, sedangkan tentara mencari jalan untuk terus mereduksi kekuatan komunis di daerah, ” ujar laporan tertulis CIA itu.

Kondisi Indonesia, menurut analisis CIA yang dituangkan dalam laporannya, sangat bergantung kepada kesehatan Soekarno. “Apabila ia meninggal, perang sipil bisa diprediksikan terjadi di Indonesia, atau kemungkinan lainnya adalah daerah-daerah di luar Pulau Jawa bakal melepaskan diri dari dominasi Jawa,” ujar laporan tersebut.

Tahun ini persis setengah abad peringatan terjadinya tragedi 1965. Rabu lalu, Badan intelijen Amerika Serikat membuka kepada publik memo intelijen yang disampaikan kepada presiden mereka dalam kurun waktu 1961-1969.

Nama Kolonel Untung, Peristiwa 65 dalam Dokumen CIA

Pada tanggal 2 Oktober 1965, kepada presiden Amerika Serikat, CIA memaparkan bahwa soal ketidak jelasan posisi keberadaan serta status Soekarno kala itu.

Selain itu, berdasarkan pemaparan dokumen CIA, upaya kontra kudeta terus dilakukan oleh Mayor Jenderal Soeharto. Dia terutama memainkan peran untuk mengamankan dan menenangkan suasana di ibu kota.

CIA menulis dalam laporannya, Kolonel Untung dari Resimen Tjarabirawa dan Dani (merujuk kepada sosok Laksamana Madya Omar Dani), sebagai orang yang diduga terlibat dalam insiden penculikan enam jenderal serta dianggap bertanggung jawab atas upaya kudeta.

“Satu laporan mengatakan bahwa Untung dan Dani (Oemar Dani) kabur dari ibu kota menuju Jawa Tengah. Elemen dari tentara di daerah itu keluar menyambut Untung. Soeharto tampaknya mengirim tentara dari Jakarta untuk menangani masalah itu.”

Kondisi ibu kota, masih menurut laporan CIA kala itu, sangat tenang. Namun di daerah ketegangan halus mulai terjadi. Terutama dalam wilayah basis massa pendukung komunis yang mendukung aksi Kolonel Untung.

Pada periode Oktober 1965, tema laporan cia didominsasi oleh peristiwa kudeta yang gagal oleh Untung dan pendukungnya dari Partai Komunis di Indonesia.

image10

Cerita Soal Soekarno, Soeharto dan Penilaian CIA

Pada tanggal 4 Oktober 1965, CIA menilai Presiden Soekarno telah menegaskan kembali otoritasnya. Sesuatu yang sempat hilang sebagai hasil dari upaya kudeta pada 30 September.

“Tindakan Seokarno seperti memutar kembali waktu dan ingin menyeimbangkan kembali dua kekuatan yang berseteru yakni militer dan kalangan komunis, aksi ini cukup mengecewakan bagi kalangan militer,” ujar bunyi dari dokumen CIA itu.

Dalam memo kali ini, CIA masih menempatkan isu Jakarta, tragedi 1965 dan perkembangannya dalam prioritas teratas. Indonesia berada dalam urutan pertama dari banyak peristiwa yang harus dilaporkan CIA kala itu.

Berlanjut pada isi dokumen, CIA menyebutkan Mayor Jenderal Soeharto secara terbuka menyatakan berbeda dengan Presiden Soekarno. Terutama ihwal Angkatan Udara, yang menurut Soeharto terlibat dalam upaya kudeta. Sementara Soekarno tak mempercayai hal itu.


“Bahkan beberapa elite, militer mulai diterpa isu bahwa Soekarno pun terlibat dalam upaya kudeta berdarah itum” ujar dokumen.

Kondisi ibu kota, masih menurut laporan CIA kala itu, sangat tenang, meski beberapa aksi unjuk rasa penentangan terhadap komunis mulai bermunculan. Sementara itu di daerah ketegangan halus mulai terjadi. Terutama dalam wilayah basis massa pendukung komunis yang mendukung aksi Kolonel Untung.

Pada periode Oktober 1965, tema laporan CIA didominsasi oleh peristiwa kudeta yang gagal oleh Untung dan pendukungnya dari partai Komunis di Indonesia

sukarnosepeda[1]

Dokumen CIA yang Memotret Aksi Antikomunis di Ibu Kota

Pada tanggal 5 Oktober 1965, menyebutkan Soekarno masih ragu dengan kesimpulan dan aksi yang diambil oleh para petinggi militer.

Sementara itu, masih dalam dokumen digambarkan bagaimana Jakarta riuh dengan aksi penolakan terhadap paham dan partai komunis. CIA menemukan kaitan antara unjuk rasa dengan peran pasif dari militer yang ada di belakangnya. para pengunjuk rasa mengambil tajuk kemarahan dan menumpahkannya dalam banyak slogan, seperti bubarkan PKI dan anteknya.

“Radio di Jakarta mengumumkan ada sekitar 300 orang simpatisan komunis dikepung oleh pengunjuk rasa berbasis agama dan militer,” begitu bunyi dokumen tertulis CIA.

Dalam dokumennya, CIA lantas juga melakukan analisis terhadap situasi termutakhir saat itu. Menurut mereka, komunis kala itu sudah berubah menjadi sebuah gerakan bawah tanah yang berbicara secara sembunyi. Beberapa petinggi partai komunis mengekpresikan kekalutannya. Bahkan para petinggi komunis itu mengatakan, menurut dokumen, hanya keajaiban dari tangan Soekarno yag bisa menyelamatkan mereka.

“Sementara Soekarno terus melakukan upaya untuk menegaskan kembali otoritasnya.”

Kondisi ibu kota, masih menurut laporan CIA kala itu, sangat tenang, meski beberapa aksi unjuk rasa penentangan terhadap komunis mulai bermunculan. Sementara itu di daerah ketegangan halus mulai terjadi. Terutama dalam wilayah basis massa pendukung komunis yang mendukung aksi Kolonel Untung.

Pada periode Oktober 1965, tema laporan CIA didominsasi oleh peristiwa kudeta yang gagal oleh Untung dan pendukungnya dari Partai Komunis di Indonesia.

SOeharto-nasution

CIA Merekam Relasi Soekarno dan Militer yang Kian Rucing

Pada tanggal 6 Oktober 1965, disebutkan bahwa CIA menilai hubungan Presiden Soekarno dan petinggi militer terus meruncing. Pada hari itu, CIA menyebut sebuah langkah berani dari Soekarno yang mau menerima media di Istana Bogor.

Dalam pertemuan, sebagaimana CIA merekamnya dalam dokumen mereka, Soekarno tak mau berkomentar langsung kepada media kala itu. Ia menyerahkan semua pertanyaan wartawan kepada tangan kanannya yang berhaluan kiri, Soebandrio–begitu CIA melabeli Soebandrio yang pernah menjabat Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Hukungan Ekonomi Luar Negeri itu.

Dalam pidatonya, seperti yang CIA rekam, Soebandrio mengatakan amanat yang disampaikan oleh Presiden Soekarno bahwa semua pihak harus bisa menahan diri. Presiden Soekarno menyesalkan adanya beberapa aksi balas dendam sepihak yang dilakukan di daerah-daerah dan memerintahkan sesegera mungkin untuk dihentikan.

Dokumen CIA ini kemudian memotret menjulangnya kepercayaan publik terhadap sosok Jenderal Abdul Haris Nasution yang lolos dari penculikan kelompok bersenjata pada 30 September 1965. Nasution disebut berhasil merebut simpati publik dan bisa memainkan peran yang lebih baik dalam berpolitik.

Sedangkan kondisi ibu kota, masih menurut laporan CIA kala itu, sudah memanas. Beberapa aksi unjuk rasa penentangan terhadap komunis mulai sedikit berbau bentrokan dengan simpatisan komunis.

Menteri Penerangan membredel dan memberhentikan seluruh penerbitan yang terafiliasi dengan partai komunis. Sedangkan militer malah dinilai CIA membekingi beberapa penerbitan koran ibu kota yang melancarkan isu pengganyangan komunis.

Pada periode Oktober 1965, tema laporan didominasi oleh peristiwa kudeta yang gagal oleh Untung dan pendukungnya dari partai Komunis di Indonesia.

CNN Indonesia

Memborong Helikopter Panther, Kapal Selam Chang Bogo dan Kilo


Helikopter Anti-Kapal Selam AS565 MB Panther, versi militer dari AS-365N3+ Dauphin (photo:eurocopter)
Helikopter Anti-Kapal Selam AS565 MB Panther, versi militer dari AS-365N3+ Dauphin (photo:eurocopter)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berjanji akan memperkuat matra laut (TNI-AL) dan udara (TNI-AU). Hal itu akan dibuktikan dengan mendatangkan sebelas helikopter antikapal selam (AKS) jenis Panther. Helikopter buatan Prancis itu akan lengkap menambah kekuatan TNI-AL pada 2017.

”Pada 2016 sudah mulai tiba, hingga lengkap sebelas di tahun 2017,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI-AL (Kadispenal) Laksma Muhammad Zainudin saat dihubungi kemarin (19/9/2015).

Menurut Zainudin, pembelian helikopter Panther merupakan salah satu rangkaian membangkitkan kembali Skuadron 100, pasukan helikopter AKS TNI-AL yang disegani di era 1960-an. Helikopter canggih akan melengkapi kedatangan armada tiga kapal selam kelas Chang Bogo.

Saat ini tiga kapal selam itu tengah diproduksi di Korea Selatan dan dijadwalkan selesai pada 2017. TNI-AL juga berencana memesan kapal selam kelas kilo buatan Rusia dalam waktu dekat.

Itu semua tertuang dalam revisi Rencana Strategis MEF (Minimum Essential Force) 2015–2019. Saat ini baru dua kapal selam yang dimiliki matra penjaga kedaulatan laut Indonesia tersebut.

Kapal Selam Kilo buatan Rusia
Kapal Selam Kilo buatan Rusia

Zainudin mengatakan, saat ini TNI-AL sudah memiliki beberapa helikopter. Antara lain helikopter Bell 412, helikopter BO-105, dan helikopter latih Colibri. Sayang, dia tidak bisa menjelaskan detail berapa jumlah untuk masing-masing tipe atau jenis.

Ditambah helikopter Panther, kekuatan TNI-AL pun otomatis akan makin solid. 


Helikopter Panther dilengkapi teknologi sonar DS-100 Helicopter Long-Range Active Sonar (HELRAS). Alat tersebut mampu mendeteksi benda yang ada di kedalaman 500 meter dari permukaan laut.
Bukan hanya itu, dengan resolusi proses Doppler dan denyut yang panjang, alat tersebut juga bisa mendeteksi kapal selam meski melaju dengan kecepatan sangat rendah.
Bersama L-3, DS-100 bisa dipakai untuk mendeteksi, menetapkan target, dan meluncurkan senjata kepada target kapal selam di kedalaman atau perairan dangkal.

JPNN.com

Jumat, 18 September 2015

Nexter Systems Perkenalkan CAESAR 155/52mm 8×8 dengan Platform Truk Tatra T815

Caesar-8x8-front-Nexter-EHB-Roanne-4-Sept-2015-IMG_5884-1024x683

TRF-1 CAESAR (Camion Equipe’ d’un Syste’me d’ ARtillerie) 6×6 telah didapuk sebagai ikon SPH (Self Propelled Howitzer) Yon Armed (Artileri Medan) TNI AD. Masuk dalam pengadaan alutsista MEF (minium essential force) I, TNI AD mendapat perkuatan 37 unit CAESAR untuk ditempatkan kedalam dua batalyon Armed dan satu unit untuk Pusdik Armed. Nah, tanpa merubah platform meriam kaliber 155/52 mm, pada ajang DSEI (Defence and Security Equipment International) Exhibition di London 15 – 18 September 2015, pihak Nexter Systems selaku manufaktur memperkenalkan CAESAR baru dengan platform kendaraan truk 8×8.

Caesar-8x8-Nexter-rear-EHB-Roanne-4-Sept-2015-IMG_5882-1024x683

Dikutip dari Janes.com (16/9/2015), CAESAR dengan konfigurasi 8×8 menawarkan kemampuan cross country lebih baik dibanding platform kendaraan sebelumnya. Yang digunakan pada CAESAR 8×8 adalah truk dengan basis Tatra T815. Jenis truk ini sejatinya tak asing lagi di lingkungan TNI, khususnya Korps Marinir TNI AL yang mengadopsi Tatra T815 sebagai platform carrier bagi ranpur amfibi BMP-3F. Hanya saja Tatra T815 yang digunakan pada CAESAR 8×8 sudah mengalami modifikasi pada sisi bodi, terkesan tampilannya lebih futuristik plus ada bekal lapisan baja untuk perlindungan bagi awaknya. Sebagai sumber tenaga mengusung mesin diesel 410 hp.
Caesar-rolls-in-on-eight-wheels-_DSEi15D2_Caesar-8x8-fire-control-Nexter-EHB-Roanne-4-Sept-2015-IMG_5883-683x1024

Dengan platform truk yang lebih besar, bila dilengkapi material lapis baja, maka bobot CAESAR 8×8 juga ikut terdongkrak hingga 30 ton. Nilai plusnya, muatan proyektil yang bisa dibawa lebih banyak, yakni 30. Sebagai perbandingan, CAESAR 6×6 hanya sanggup membawa 18 proyektil dalam kendaraan. Seperti pada CAESAR 6×6, CAESAR 8×8 juga menggunakan teknologi MCS (modular charge systems). Sebagai sistem kendali penembakkan, CAESAR dilengkapi computer on board untuk fire control systems dan GPS (global positioning systems)/intertial navigation systems.

CAESAR 6x6 di Indo Defence 2012.
CAESAR 6×6 di Indo Defence 2012.

CAESAR 6x6 TNI AD dalam Pameran Alutsista di Lapangan Monas.
CAESAR 6×6 TNI AD dalam Pameran Alutsista di Lapangan Monas.

IMAG0181

Sampai saat ini Nexter Systems telah memproduksi 72 unit CAESAR 6×6, dan telah aktif digunakan militer Perancis dalam operasi militer di Afghanistan, Lebanon dan Mali. CAESAR 6×6 dirancang diatas platform truk Renault Defense Sherpa 5. Dengan platform truk, baik meriam, kru, dan amunisi bisa dibawa dalam satu unit, sehingga bisa digelar lebih cepat. Truk Sherpa 5 sudah dirancang khusus dengan penguatan chasis, bahkan ada teknologi yang diterapkan pada ranpur beroda yakni CTIS (central tire inflation systems) untuk mengatur tekanan ban dari dalam kabin juga disematkan, sehingga CAESAR bisa berjalan di beragam medan berat.

Dalam gelar operasinya, CAESAR 6×6 membawa 6 awak, dimana untuk urusan kabin sudah dilengkapi perlindungan anti Nubika (nuklir, biologi, dan kimia). Lapisan body truk ini pun sudah dibuat kebal untuk menahan proyektil peluru kaliber 7,62mm dan pecahan mortir kaliber 80mm. Selain Indonesia dan Perancis, negara pengguna CAESAR 6×6 dengan platform truk Renault Defense Sherpa 5 adalah Thailand (6 unit). Sementara Arab Saudi juga menggunakan CAESAR 6×6 tapi dengan platform truk Mercedes-Benz Unimog 6×6. (Gias)