Selain helikopter Bell UH-1 Huey, tank APC M113,
dan senapan serbu M-16, boleh dikata truk REO adalah salah satu ikon
Perang Vietnam yang lumayan membekas di banyak kalangan. Maklum, truk
beroda 10 ini memang digunakan masif dalam Perang Vietnam, bahkan truk
ini nyaris tak pernah absen dalam tiap film bertema Perang Vietnam.
Indonesia kebagian mengoperasikan truk legendaris ini. Kiprahnya tak
terhitung di Tanah Air, beragam operasi militer dan operasi militer
bukan perang, banyak melibatkan truk berpenggerak 6×6 ini.
Bagi Amerika Serikat, M35 merupakan truk yang dioperasikan paling
lama oleh angkatan bersenjata negari Paman Sam tersebut. Saat ini truk
yang memiliki bobot 2,5 ton itu telah diproduksi oleh perusahaan di
beberapa negara seperti REO Motor Company, Kaiser, AM General, KIA
(Korea Selatan) dan Bombardier (Kanada). Truk ini selain digunakan untuk
pengangkut personel juga digunakan sebagai kendaraan kargo dan fungsi
lainnya. Tercatat lebih dari 30 negara menggunakan M35 termasuk
Indonesia. Untuk Indonesia, generasi awal truk REO di datangkan pada
dekade 70-an, unit yang datang merupakan bekas pakai militer AS di
Perang Vietnam. Pengadaannya berlangsung saat Menhankam/Pangab dijabat
oleh Jenderal M. Jusuf. Karena memang asli buatan AS, maka posisi stir
berada di sebelah kiri. Lain halnya dengan REO lisensi Korea Selatan
dengan stir disebelah kanan.
Di Indonesia, Reo digunakan oleh TNI AD (Kopassus dan Kostrad), TNI AL (Marinir), TNI AU (Paskhas),
dan Brimob Polri terlihat menggunakan M35 sebagai pengangkut
personelnya. Debut truk ini mulai banyak tampil dalam operasi Seroja
hingga operasi menumpas GAM di Aceh. Versi kargo/angkut personel juga
bisa digunakan sebagai penarik meriam (Howtizer) 105 mm dan meriam penangkis serangan udara S-60. Varian
lainnya yang terlihat digunakan TNI ada M49, jenis truk tanki bahan
bakar untuk Batalyon Kavaleri, lalu ada M60, merupakan jenis truk derek
dan perbaikan. Hebatnya lagi, truk REO juga digunakan sebagai platform peluncur roket M-51 130 mm.
Dirunut dari sejarahnya, pengembangan M35 dimulai tahun 1949, hasil
desain dari REO (Ransom Eli Olds) Motor Company Mobil. Pengembangan ini
sebagai pengganti truk berbobot 2,5 ton tiga poros semua suam roda yang
dijuluku Deuce. Kendaraan seri awal yaitu M34 segera digantikan
M35 dalam penggunaan militer. Perbedaan utama dari kedua seri tersebut
adalah konfigurasi enam ban M34 versus konfigurasi 10 ban M35.
Spesfikasi truk M35A2 kargo dengan winch (derek) adalah
tinggi 2,8 m, lebar 2,4 m dan panjang 7,0 m. bobot kosongnya 6.820 kg
dan mnjadi 7.040 kg ketika dilengkapi mount winch depan. Standar
wheelbase karga adalah 2,4 x 3,6 meter. Truk M35A2 bisa dilengkapi
dengan soft top kanvas atau hard-top logam. Konfigurasi logam hard-top
paling sering ditemukan pada kendaraan yang telah dilengkapi peralatan
cuaca dingin. Termasuk insulasi tambahan di dalam kabin serta mesin
pendingin atau pemanas berbahan bakar multifuel.
M35A2 yang populer didukung oleh mesin LDT 465, dibuat oleh
perusahaan Kontinental Motor Companys, Hercules atau White Motor
Company. Ini adalah in-line, 478-kubik inci (7,8 L), enam silinder,
mesin turbocharged multifuel, 134 bhp (100 kW) dan kekuatan kaki 447 Nm
dari torsi. Ditambah transmisi manual 5-kecepatan dan transfer case
2-speed (sprag-operated Transfer Rockwell 136-21 atau Transfer Rockwell
136-27).
Mesin multifuel dirancang untuk beroperasi secara andal pada
berbagai jenis bahan bakar. Mesin ini bisa dioperasikan dengan
menggunakan bahan bakar diesel, bahan bakar jet, minyak tanah, minyak
pemanas atau bensin. Bensin seharusnya hanya digunakan dalam keadaan
darurat karena kurang cocok dalam melumasi pompa injector. Saat
menggunakan bensin, komposisi penggunaan pelumas mesin adalah satu liter
oli motor per 15 galon AS (60 liter) bensin.
Meskipun versi A2 adalah paling umum, ada empat iterasi yang berbeda:
Standard, A1, A2, dan A3. Perubahan ini terutama harus dilakukan dengan
perbedaan komponen mesin dan transmisi. Kondisi standar M35 memakai
mesin REO “Emas Comet” atau Kontinental OA331 mesin bensin inline-6.
Beberapa jenis truk memiliki transmisi 4-speed tetapi kebanyakan
memiliki transmisi 5 langsung.
Deuce bertenaga bensin diproduksi terutama oleh REO Motors
dan juga Studebaker yang memiliki kontrak manufaktur sejak 1951 hingga
awal 1960-an. Curtis-Wright juga memiliki kontrak untuk memproduksi
setidaknya 1.958 unit, khususnya yang digunakan sebagai dump truk dengan
mesin gas Kontinental.
A1 memiliki mesin Kontinentan LDS-427-2 turbo yang dilengkapi model
4-450 Schwitzer turbo atau 4D454C Schwitzer turbo pada model selanjutnya
dan gigi 5 overdrive. Penempatan mesin bertenaga 140 hp tidak dapat
diandalkan karena sering mengalamai kegagalan headgasket. Truk A2
produksi awal menerima lebih besar LD-465-1 naturally aspirated 478
mesin CID Multifuel. Hal ini untuk menjaga transmisi OD dari A1.
Selama bertahun-tahun truk di upgrade menggunakan mesin LD
465-1c, dengan alternator 60AMP menggantikan generator 25AMP. Dengan
penambahan turbo, medin ini dapat berkembang menjadi 465-1c LDT (turbo
udara bersih). Turbo ditambahkan lebih untuk membersihkan asap knalpot
yang sangat hitam pada mesin nonturbo. Selain juga untuk menambah daya
(HP) walaupun hanya mengangkat 130-135 model HP. Turbo yang digunakan
adalah 3LD305 (mesin awal) dan 3LJ319 (the whistler). LDT-465-1D adalah
versi terakhir dari multifuel. Jenis itu sama dengan 3LJ319 turbo
whistler atau 3LM39 (non-whistler), yang memiliki kepala paking
pentegelan dan kepala pendinginan yang lebih bagus.
Pada tahun 1994, varian M35A3 diperkenalkan sebagai bagian dari
Extended Service Program, hingga 1999. Biasanya, kendaraan A3 memiliki
mesin Diesel Caterpillar 3116 dan sistem transmisinya telah diganti
dengan otomatis. Jenis ini juga mendapatkan sejumlah perbaikan lainnya
dan di desain ulang pada penampilan frontal. Selain itu praktis tidak
ada konfigurasi baru dari varian A3 dibandingkan truk sebelumnya.
Berat kosong M35 antara 5.900 kg dan 7.300 Kg, tergantung konfigurasi
(kargo, derek, traktor dan lainnya). Kecepatan tertinggi 93 km per jam,
meskipun kecepatan jelajah maksimum sekitar 77 km per jam. Konsumsi
bahan bakar adalah 21 liter per 100 km saat dipakai di jalan raya dan 29
liter per 100 km saat dipakai di kota.
Sistem rem dari truk sepuluh roda ini menggunakan rem angin hidrolik
dengan driveline. Meskipun gladhands ada di belakang kendaraan untuk
koneksi ke trailer dengan layanan rem angin dan rem darurat. Sistem
listrik 24 volt, menggunakan dua baterai 12 volt 6TL-seri kelas militer
yang dipasang secara seri beberapa Deuce dilengkapi dengan 4.500 kg PTO driven winch depan yang diproduksi oleh Garwood. (Bayu Pamungkas)
- Spesifikasi REO M35
- Type : 2.268 kg 6×6 cargo truck
- Weight empty : 5.900 kg
- Weight loaded : 8.110 kg
- Length :7 meter
- Width : 2,36 meter
- Height : 2,82 meter
- Engine REO OA-331 127 hp (95 kW)
- Transmission : 5 spd. x 2 range trf. case
- Suspension : Beam axles on leaf springs
- Operational range : 480 km
- Maximum speed : 93 km/h
Indomil.