Jam Digital

Selasa, 10 Mei 2016

450 Personel Yonif Para Raider 330/TD Kostrad Dikirim Untuk Menjaga Perbatasan RI-Papua Nugini


Pasukan TNI AD penjaga perbatasan. (Bisma/detikcom)
Sebanyak 450 personel dari Satuan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad dikirim untuk melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah Republik Indonesia (RI) – Papua Nugini. Pasukan yang dipimpin oleh Mayor Inf Kamil Bahrain Pasha itu diberangkatkan menggunakan KRI TNI AL Teluk Manado-537.

Panjang perbatasan RI – Papua Nugini yang akan dijaga memiliki panjang sekitar 250 kilometer dan dibagi dalam 16 pos. Pasukan dari satuan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma Kostrad itu akan menjaga perbatasan selama sembilan bulan kedepan dan direncanakan kembali ke Jakarta pada bulan Februari 2017.

Dalam Amanat tertulis Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad Mayjen TNI Sudirman yang dibacakan Kepala Staf Divisi Infanteri 1 Kostrad Brigjen TNI Agus Suhardi menyampaikan kepada seluruh prajurit satgas untuk memahami situasi dan kondisi wilayah perbatasan RI – Papua Nugini dengan permasalah dan ancaman yang mungkin timbul, serta lakukan analisa situasi dengan akurat agar terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan.

Pada kesempatan tersebut, Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi juga berkesempatan memberikan pengarahan. Pangkostrad mengatakan bahwa tugas pasukan selain melaksanakan Pamtas RI – Papua Nugini adalah melaksanakan tugas teritorial yaitu BinKomsos, Bakti TNI dan Bin Wanwil serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Papua, khususnya tempat pasukan bertugas.

poskotanews.com dan detik.com