Bila Korps Marinir TNI AL punya tank legendaris PT-76,
maka kavaleri TNI AD punya padanannya, yakni tank ringan AMX-13.
Keduanya diboyong ke Tanah Air dalam periode yang sama, saat Indonesia
tengah menyongsong operasi Trikora di awal era 60-an. Seperti halnya
PT-76, nasib AMX-13 nyatanya tak lekang ditelan jaman, justru usia senja
kedua ranpur terus diperpanjang lewat retrofit dan modernisasi sistem
senjata.
Lebih khusus tentang AMX-13,
namanya begitu familiar di lingkungan pemerhati alutsista. Pasalnya
inilah tank utama TNI AD hingga empat dekade, sebelum akhirnya TNI AD
mendatangkan generasi tank ringan Alvis Scorpion dari Inggris pada 1995. Dengan kuantitas yang cukup besar, disebutkan ada 400-an unit AMX-13
di lingkungan TNI AD dalam beragam versi (Wikipedia menyebut TNI AD
punya 275 AMX-13 versi kanon), membuat tank ini terus diupayakan untuk
operasional hingga 20 tahun kedepan. Meski beberapa unit sudah dipajang
sebagai monumen di beberapa kesatuan, tak menyurutkan TNI AD untuk
memordenisasi tank besutan Perancis ini.
Bicara soal retrofit di AMX-13,
sudah dilakukan beberapa tahap oleh TNI AD. Seperti pada tahun 1995,
Direktorat Peralatan Bengkel Pusat Peralatan TNI-AD meretrofit dengan
pemasangan mesin Detroit Diesel DDA GM6V-53 T, 6 silinder 2 langkah turbocharged dengan daya 290 BHP/2800 RPM dan Torsi 91,67 KGM/1600 RPM yang mampu meningkatkan power weight ratio
dan pemakaian bahan bakar lebih hemat. AMX-13 retrofit tahun 1995 ini
menggunakan transmisi otomatis ZF 5WG-180 dengan 5 percepatan maju dan 2
percepatan mundur, hal ini tentu lebih memudahkan pengoperasian tank.
Untuk suspensi mengadopsi tipe hydropnematic “Dunlostrut”, meningkatkan
kemampuan lintas medan dan mampu menambah kenyamanan awak tank. Retrofit
ini berlanjut tahun 2011, sekitar 50-an lebih AMX-13 mengalami retrofit
kembali di PT Pindad Bandung. Ini artinya masih lebih banyak AMX-13 TNI
AD yang belum di retrofit.
Standar AMX-13 menggunakan mesin SOFAM 8Gxb yang memiliki 8 silinder
dan berpendingin air dan berbahan bakar bensin, mampu menyemburkan daya
270 bhp pada 3.200 rpm sehingga AMX-13 dapat mencapai kecepatan maksimal
65km/jam. Konsumsi bensin inilah yang dipandang memberatkan dalam sisi
operasional.
Barulah pada awal 2014, prototipe AMX-13 retrofit berhasil
dirampungkan dan sosoknya telah dipublikasikan. AMX-13 hasil retofit
terbaru ini memiliki tampang yang sedikit berbeda dengan aslinya. Untuk hull
misalnya, terpaksa ditambah panjang sekitar 20 cm untuk mengakomodir
mesin anyar. Mesinnya sendiri memakai produk Navistar dari Amerika
Serikat dengan daya sebesar 400HP.
Retrofit Sistem Senjata, Bertahan di Kubah Osilasi
Tentu akan terasa ganji bila retrofit hanya dilakukan pada sisi mesin, sistem senjata nyatanya harus mendapat porsi yang sama. Ambil contoh PT-76 Marinir TNI AL, yang aslinya menggunakan meriam kaliber 76 mm, kemudian di upgrade dengan meriam Cockerill kaliber 90 mm. Nah, pada AMX-13 kasusnya agak beda. Kaliber maksimum pada meriam tidak ditingkatkan, jenis kubah pun masih sama, yakni dengan model osilasi. Hanya bedanya, sistem bidik pada meriam sudah diremajakan sesuai kebutuhan operasi.
Tentu akan terasa ganji bila retrofit hanya dilakukan pada sisi mesin, sistem senjata nyatanya harus mendapat porsi yang sama. Ambil contoh PT-76 Marinir TNI AL, yang aslinya menggunakan meriam kaliber 76 mm, kemudian di upgrade dengan meriam Cockerill kaliber 90 mm. Nah, pada AMX-13 kasusnya agak beda. Kaliber maksimum pada meriam tidak ditingkatkan, jenis kubah pun masih sama, yakni dengan model osilasi. Hanya bedanya, sistem bidik pada meriam sudah diremajakan sesuai kebutuhan operasi.
Sistem senjata pada kubah telah dicangkokkan sistem kendali penembakan (FCS/Fire Control System) modern yang sudah memasukkan input dari sistem Laser Range finder (LRF) untuk memastikan jarak antara tank ke sasaran. Dikutip dari situs arc.web.id,
disebutkan sistem FCS yang digunakan bukanlah standar kubah FL-12 yaitu
SOPTAC-18 buatan firma Sopelem, tetapi merupakan FCS modern buatan
salah satu negara Eropa Barat. Bahkan untuk pengemudi pun disediakan
sistem pengemudian berbasis LCD yang menginkorporasikan kamera FLIR/Thermal untuk melancarkan navigasi pada kondisi gelap malam.
Untuk amunisi mengadopsi jenis HE (high explosive) buatan firma Hinterberger dan OCC105G1 yang merupakan amunisi APFSDS (Armor Piercing Fin Stabilised Discarding Sabot)
untuk menjebol tank lawan. Berdasarkan data pabrikan, amunisi OCC105G1
mampu menembus lapisan baja RHA setebal 250mm pada kemiringan 30o dari
jarak 1.000m, atau kurang lebih cukup untuk melalap ranpur/ tank medium
dari segala sudut.
Kubah Osilasi
Bagi kami, hal yang unik dan menjadiciri pada AMX-13 adalah penggunaan kubah osilasi (oscillating turret) tipe FL (FL-10, FL-11, dan FL12) buatan Fives Babcock Cail. Dan kini AMX-13 menjadi satu-satunya tank operasional di dunia saat ini yang menggunakan sistem ini. Kubah osilasi tersebut sebenarnya amat sederhana, dimana ada dua bagian utama yang bekerja. Bagian pertama yaitu struktur pendukung, menempel ke cincin kubah sebagai pendukung dua trunnion yang menjepit laras meriam. Trunnion ini bisa dinaik-turunkan, didongakkan dan ditundukkan, sementara posisi dudukan meriamnya sendiri relatif tetap.
Bagi kami, hal yang unik dan menjadiciri pada AMX-13 adalah penggunaan kubah osilasi (oscillating turret) tipe FL (FL-10, FL-11, dan FL12) buatan Fives Babcock Cail. Dan kini AMX-13 menjadi satu-satunya tank operasional di dunia saat ini yang menggunakan sistem ini. Kubah osilasi tersebut sebenarnya amat sederhana, dimana ada dua bagian utama yang bekerja. Bagian pertama yaitu struktur pendukung, menempel ke cincin kubah sebagai pendukung dua trunnion yang menjepit laras meriam. Trunnion ini bisa dinaik-turunkan, didongakkan dan ditundukkan, sementara posisi dudukan meriamnya sendiri relatif tetap.
Sementara bagian kedua yaitu kubah diatasnya menaungi meriam, sistem
pengisi otomatis, perangkat pengendali tembakan, radio, dan kursi untuk
awak pengisi dan komandan. Kunggulan kubah osilasi ini adalah desain
yang sederhana, sehingga memudahkan sistem pengisi otomatis yang
ditanamkan di bagian belakang AMX-13. Dengan kubah osilasi, posisi dari
pengisi munisi otomatis selalu sejajar dengan lubang peluru (breech) pada kanon AMX-13.
Kelemahannya sudah jelas, sudut dongak dan tunduk laras kanon menjadi
sangat terbatas. Keunggulan lain sistem osilasi membuat laras kanon
tidak membutuhkan bukaan di depan kubah/ mantlet seperti pada desain
konvensional sehingga meminimalkan kemungkinan penetrasi munisi lawan
pada bagian yang lemah tersebut.
Sistem pengisi otomatis AMX-13 ditempatkan pada bagian belakang kubah (bustle),
yang terdiri dari dua silinder yang masing-masing mampu menampung enam
butir peluru. Tiap silinder diletakkan di sisi jalur gerak breech ke
arah belakang. Saat kanon menyalak dan bergerak ke belakang, silinder
magasen ini berputar, yang kemudian melepaskan sebutir peluru yang
kemudian meluncur ke pelat pengisi yang membawanya sejajar dengan kamar
peluru, lalu didorong kedalam. Saat ditembakkan, kelongsong peluru
dilontarkan melalui lubang bulat di belakang bustle. Dengan 12
peluru terisi, AMX-13 dapat menembak secara terus-menerus, menjadi tank
pendobrak yang memiliki daya gempur luar biasa. Sayangnya, begitu
amunisi di revolver munisi habis, AMX-13 harus ditarik mundur karena
pengisian pelurunya harus dilakukan secara manual.
TNI AD mempunyai dua tipe AMX-13 versi kanon, yaitu AMX-13 dengan
meriam kaliber 105 mm dan AMX-13 dengan meriam kaliber 75 mm. AMX-13
dengan meriam 75 mm menggunakan kubah versi FL-11. Kubah ini
dikembangkan pada tahun 50-an, dan digunakan untuk misi di Afrika Utara.
Selain AMX-13, ranpur lain yang menggunakan kubah ini adalah Panhard EBR yang juga pernah digunakan oleh kavaleri TNI AD.
Sementara AMX-13 dengan meriam 105 mm menggunakan kubah versi FL-12,
versi kubah FL-12 inilah yang tetap dipertahankan dalam retrofit terkini
AMX-13.
Tank Ideal Untuk Postur Orang Asia
Karena batasan bobot yang dibuat untuk AMX-13, maka hal ini membawa konsekuensi pada mungilnya dimensi AMX-13. Akibatnya, awak AMX-13 tidak boleh memiliki tinggi badan lebih dari 180 cm, dan kompartemen tempur AMX-13 pun terasa sempit. Mengenai tinggi badan awak yang tak boleh lebih dari 180 cm tentu membawa angin segar bagi operator di Asia, maklum rata-rata memang tubuh orang Asia lebih kecil daripada postur orang Eropa.
Karena batasan bobot yang dibuat untuk AMX-13, maka hal ini membawa konsekuensi pada mungilnya dimensi AMX-13. Akibatnya, awak AMX-13 tidak boleh memiliki tinggi badan lebih dari 180 cm, dan kompartemen tempur AMX-13 pun terasa sempit. Mengenai tinggi badan awak yang tak boleh lebih dari 180 cm tentu membawa angin segar bagi operator di Asia, maklum rata-rata memang tubuh orang Asia lebih kecil daripada postur orang Eropa.
Begitu pun dengan pengemudi yang duduk didalam hull ataupun komandan
dan penembak, semuanya nyaris tak memiliki ruang gerak yang memadai.
Andalan untuk melihat keluar hanya ada pada 8 periskop untuk komandan,
atau teropong bidik L961 dengan pembesaran 1,5x-6x. Untuk juru tembak
tersedia teropong bidik L862 dengan pembesaran 7,5x. Kanon AMX-13
sendiri menggunakan kanon yang diadaptasi dari kanon PzKpfw V Panther,
tank Jerman dalam PD II.
Jika Panther menggunakan meriam L70, AMX-13 menggunakan meriam serupa
dengan kaliber L61.5 (lebih pendek) dan amunisinya menyatu dengan
propelan. Untuk dekade 1950an, daya penetrasinya yang sedalam 70 mm pada
inklinasi 60o pada jarak 1.000 meter dianggap masih cukup mumpuni untuk
melibas tank dan ranpur pada jaman tersebut. Senapan mesin koaksialnya
menggunakan senapan mesin Model 1913E kaliber 7,5 mm. Kanon AMX-13
dikendalikan oleh sistem hidrolik untuk elevasi dan traversi, yang
memiliki dua setelan kecepatan dan dapat dikendalikan oleh komandan
serta juru tembak. Total AMX-13 dapat membawa 36 butir peluru cadangan,
21 didalam kubah dan 15 di hull, dipandang cukup untuk 3 kali pengisian
ulang revolver kanon.
Sejarah Pengembangan
AMX-13 sejarahnya di kembangkan oleh pabrikan Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux (AMX) di tahun 1946 selain untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Prancis, pembuatan tank ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Prancis masih mampu mandiri membangun industri perang dalam negeri walaupun habis porak-poranda akibat dari perang dunia II. AMX-13 dibuat untuk linud agar mudah dipindahkan lewat udara, penunjukkan 13 sendiri awalnya menandakan bobot total tank yang mencapai 13 ton sehingga dinamakan AMX-13.
AMX-13 sejarahnya di kembangkan oleh pabrikan Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux (AMX) di tahun 1946 selain untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Prancis, pembuatan tank ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Prancis masih mampu mandiri membangun industri perang dalam negeri walaupun habis porak-poranda akibat dari perang dunia II. AMX-13 dibuat untuk linud agar mudah dipindahkan lewat udara, penunjukkan 13 sendiri awalnya menandakan bobot total tank yang mencapai 13 ton sehingga dinamakan AMX-13.
Karena pengembangan ini dibilang sangat lancar dan mulus maka
purwarupa pertama muncul pada tahun 1948 dan mulai diproduksi masal
mulai tahun 1951, walaupun pada akhirnya bobot tempur AMX-13 sendiri
pada finalnya membengkak menjadi 14,5 ton. Karena merupakan tank ringan
yang berbobot 14 ton AMX-13 hanya memiliki ketebalan armour mencapai
10-40 mm dan mampu menahan dari segala sisi pecahan peluru artileri dan
peluru kaliber 12,7mm. (Bay/dikutip dari berbagai sumber)
Spesifikasi AMX-13
Tipe : tank ringan
Produsen : Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux
Berat tempur : 14.5 ton
Panjang : 6.35 meter
Lebar : 2.51 meter
Tinggi : 2.35 meter
Awak : 3 orang (komandan, penembak dan pengemudi)
Senjata Kanon : 75 mm / 90 mm / 105 mm – 75 mm dengan 32 amunisi.
Senapan mesin : kaliber 7,62 mm dengan 3600 peluru
Mesin : SOFAM Model 8Gxb 8-cyl. water-cooled petrol250 hp (190 kW) – kini sudah dilakukan upgrade dengan mesin diesel buatan Detroit.
Suspensi : torsi bar
Jarak tempuh : 400 km
Kecepatan : 60 km per jam
Indomil.
Tipe : tank ringan
Produsen : Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux
Berat tempur : 14.5 ton
Panjang : 6.35 meter
Lebar : 2.51 meter
Tinggi : 2.35 meter
Awak : 3 orang (komandan, penembak dan pengemudi)
Senjata Kanon : 75 mm / 90 mm / 105 mm – 75 mm dengan 32 amunisi.
Senapan mesin : kaliber 7,62 mm dengan 3600 peluru
Mesin : SOFAM Model 8Gxb 8-cyl. water-cooled petrol250 hp (190 kW) – kini sudah dilakukan upgrade dengan mesin diesel buatan Detroit.
Suspensi : torsi bar
Jarak tempuh : 400 km
Kecepatan : 60 km per jam
Indomil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar