Om Agung, apa bedanya F-16 Blok 15 OCU, Block 25, dan Block 50/52?
(Septian Wircahyo – Jakarta)
--------------
Sebelumnya kita harus tahu bahwa pesawat F-16 yang keluar dari pabrik
sekarang cukup berbeda dengan versi terdahulu. Beberapa hal bisa kita
lihat, seperti sayap ekor yang lebih lebar, lubang udara lebih lebar,
kanopi berwarna, aneka antena atau tambahan tangki konformal di
punggung. Ada yang tidak tampak seperti struktur lebih kuat, mesin lebih
baik, sistem elektronik digital, mission computer yang lebih cepat, dan perangkat lunak canggih yang mengakomodasi berbagai fungsi baru, sensor baru, dan senjata baru.
Awalnya F-16 dirancang sesuai konsep Kolonel John Boyd sebagai
pesawat tempur ringan untuk misi udara ke udara. Tambahan kemampuan
serang darat mengubah F-16 menjadi pesawat tempur multiperan (multirole) yang mampu membawa rudal jarak sedang, sensor infra merah, sistem penglihat malam, radar multimode, senjata presisi, dan berbagai kemampuan lain.
Perbedaan di antara F-16 ditentukan lewat kelompok produksi atau
disebut Seri dan Block. Saat ada produksi jenis baru F-16 diproduksi
akan diberi seri berbeda dan nomor yang lebih besar. Seri F-16A/B
diberikan pada pesawat Block 1 hingga 20. Huruf A menunjukkan pesawat
kursi tunggal dan hurup B versi kursi ganda atau tandem. Seri F-16C/D
dimulai dengan Block 25 hingga 50/52. Pesawat Block 60 memulai versi
baru yang dinamai F-16E/F.
Block 15 OCU. Pesawat F-16 A/B Block 15 diproduksi
sebanyak 983. Jenis ini memiliki sayap ekor horizontal lebih besar
sehingga lebih stabil, tambahan dua hardpoint dekat inlet, F-16A/B Block 15 OCU (Operational Capability Upgrade) memiliki head up display lebar, data transfer unit, radar altimeter, komputer penembakan, dan senjata serta radar AN/APG-66 yang lebih baik dan mampu menembakkan rudal AGM-119 Penguin antikapal, rudal AGM-65 Maverick, dan rudal AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium Range Air-to-Air Missile). Pesawat dilengkapi mesin Pratt & Whitney F100-PW-220 yang dilengkapi DEEC (digital electronic engine control) sehingga mampu mempercepat daya dorong dari posisi idle ke afterburner dari semula 6-8 detik menjadi dua detik. Mesin menjadi lebih awet, mudah dirawat serta lebih andal.
Block 25. Pesawat Block 25 merupakan evolusi dari
versi F-16A/B ke versi F-16C/D. Mulai diterbangkan Juni 1984, tercatat
244 pesawat F-16 Block 25 hanya dipergunakan oleh USAF. Senjata utama
Block 25 adalah AMRAAM di samping memiliki kemampuan serangan darat
secara presisi dan malam hari. Pesawat ini dilengkapi komputer
penembakan, komputer manajemen senjata, layar multifungsi, data transfer unit, radar altimeter, sistem navigasi inersial dan radio UHF antijam.
Pesawat dilengkapi radar AN/APG-68 yang memiliki jangkauan lebih jauh,
resolusi lebih baik, dan memiliki mode operasi lebih banyak dari
APG-66. Dilengkapi head up display lebih lebar dengan tombol upfront serta dua layar head-down multifungsi. Seluruh Block 25 dilengkapi mesin Pratt & Whitney F100-PW-220E yang merupakan upgrading engine seri-200. (Kol. Pnb. Agung "Sharky Sasongkojati)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar