Genderang program MEF (minimum essential force) telah
berkumandang, kemudian diwujudkan dengan update beragam alutsista baru,
tapi pada kenyataan bukan berarti alat perang tua langsung disingkirkan.
Sepanjang esensi dan fungsionalitas alat perang masih aman, beberapa
masih terus di lestarikan. Di lini armada LST (landing ship tank),
masih ada kapal yang tergolong amat sepuh, bila ditakar usianya sudah
jauh lebih tua dari anggota TNI AL aktif paling senior sekalipun.
Yang dimaksud adalah LST 542 Class buatan AS. Di awal tahun 60-an,
khususnya dalam menyongsong operasi Trikora, TNI AL mulai kebanjiran LST
untuk menunjang misi pendaratan amfibi. Berlanjut di awal Orde Baru,
LST 542 yang menjadi pemain di banyak laga Perang Dunia II dan Perang
Vietnam kembali berdatangan memperkuat Satuan Kapal Amfibi TNI AL.
Diantaranya ada KRI Teluk Langsa 501, KRI Teluk Bayur 502, KRI Teluk
Amboina 503 (buatan Sasebo – Jepang), KRI Teluk Kau 504, KRI Teluk
Menado 505, KRI Teluk Tomini 508, KRI Teluk Ratai 509, KRI Teluk Saleh
510, dan KRI Teluk Bone 511. Kecuali KRI Teluk Amboina, kesmua LST
diatas merupakan veteran Perang Dunia II, terutama dalam perannya saat
operasi pendaratan pasukan Sekutu di pantai Normandia, Perancis di 1944.
Beberapa diantara LST tadi juga ada yang mampir untuk terlibat dalam
operasi AS di Vietnam pada periode 1967 – 1970. Sebagai informasi, bila
identitas LST di TNI AL ditandai dengan nama Teluk, maka di AL AS,
identitas LST diawali dengan nama County, seperti USS Solano County
LST-1128, yang kemudian berganti nama jadi KRI Teluk Langsa 501.
Kini setelah 70 tahun berlalu, sebagian besar LST 542 Class yang
sempat menjadi tulang punggung armada LST sudah dihapus dari inventaris
armada TNI AL. Merujuk informasi di situs Wikipedia, masih ada empat
unit LST 542 Class yang dioperasikan Komando Lintas Laut Militer
(Kolinlamil), yaitu KRI Teluk Bayur 502, KRI Teluk Amboina 503, KRI
Teluk Ratai 509 dan KRI Teluk Bone 511. Dari keempat LST tersebut, hanya
KRI Teluk Amboina yang masih agak aman dari rencana pensiun, selebihnya
sudah digadang untuk masuk masa purna tugas dalam waktu dekat.
KRI Teluk Bone 511
Selain keterlibatan armada LST 542 Class dalam laga di Normandia, kesemua LST 542 milik TNI AL pernah disatukan dalam operasi militer terbesar TNI, yakni operasi Seroja di Timor Timur. Dalam tulisan ini, sedikit dipetik keterlibatan salah satu LST tersebut yang kini masih aktif beroperasi, yaitu KRI Teluk Bone 511.
Selain keterlibatan armada LST 542 Class dalam laga di Normandia, kesemua LST 542 milik TNI AL pernah disatukan dalam operasi militer terbesar TNI, yakni operasi Seroja di Timor Timur. Dalam tulisan ini, sedikit dipetik keterlibatan salah satu LST tersebut yang kini masih aktif beroperasi, yaitu KRI Teluk Bone 511.
Merujuk dari sejarahnya, KRI Teluk Bone yang masuk LST 542 Class bisa
digolongkan sebagai light LST, pasalnya bobot mati kapal ini hanya
1.651 ton, sementara untuk bobot muatan penuhnya bisa mencapai 4.145
ton. Sebagai perbandingan, LST Frosch class I bobot normalnya 1.744 ton dan LST Frosch-II bobot normalnya 1.530 ton. Sementara LST terbaru TNI AL, KRI Teluk Bintuni 520, bobot matinya 2.300 ton.
Kapal ini punya panjang 100 meter dan lebar 15 meter. Dapur pacu kapal
ini dipercayakan pada 2 unit mesin diesel General Motors 12-567 900HP
dengan dua bilah propeller dan dua kemudi. Dari mesin tersebut, dapat
dicapai kecepatan maksimum hingga 12 knots (setara 22 km per jam). Soal
jarak tempuh, dalam kondisi normal Teluk Bone bisa menjelajah sampai
24.000 mil (38.624 km), pada kondisi tersebut kecepatan kapal dipatok 9
knots dengan bobot penuh 3.960 ton
Sebagai kapal pendarat amfibi, KRI Teluk Bone dibekali dengan
kemampuan angkut cargo. Selain bisa dimuati 17 unit tank pada tank deck
(dek bagian bawah), dek utama (dek bagian atas) juga dapat diakses untuk
keluar masuk kendaraan, hal ini dimungkinkan berkat adanya elevator forward
setelah pintu pada ramp. Dalam gelar operasi, dek utama kerap ditempati
kendaraan pendukung seperti truk, artileri, jip, dsb. Soal kapasitas
muatan bergantung pada jenis misi yang diembannnya, secara umum LST 542
class bisa dimuati beban antara 1.600 ton hingga 1.900 ton.
Tak hanya menghantarkan tank, KRI Teluk Bone juga dapat mengakut
pasukan Marinir yang terdiri dari 16 perwira dan 147 prajurit. Untuk
tugas pendaratan pasukan ke bibir pantai, tersedia dua unit LCVP (Landing, Craft, Vehicle and Personnel).
Lalu bagaimana dengan persenjataannya? Kapal ini dirancang lebih pada
kebutuhan peran dari PSU (penangkis serangan udara), ada dua pucuk kanon
twin kaliber 40 mm (di haluan dan di buritan), empat pucuk kanon 40 mm laras tunggal, dan 12 pucuk kanon 20 mm laras tunggal.
Kesemuanya dioperasikan secara manual. Kapal perang ini secara
keseluruhan diawaki oleh 7 perwira dan 104 anak buah kapal. Sampai saat
ini, KRI Teluk Bone 511 dikomandani oleh perwira menengah berpangkat
Letnan Kolonel. Sebagai wujud orisinalitas, corong komunikasi dari bridge
(anjungan) ke kamar mesin masih menggunakan pipa dan bukan radio
seperti kapal militer masa kini. Jam, lonceng, instrumen, bahkan lambang
kapal asli dari AS masih ada di beberapa kapal-kapal LST eks Perang
Dunia II ini.
Aksi Pendaratan di Timor Timur
Saat masih menjadi milik AL AS dengan nama USS Iredell County (LST-839), kapal ini telah berlaga pada kancah Perang Dunia II, tapi bukan aksi melawan NAZI Jerman, melainkan disiapkan untuk berlaga di palagan Pasifik dalam perang melawan Jepang. Salah satu aksi USS Iredell County yakni ikut menunjang pendaratan pasukan amfibi Marinir AS dalam serbuah ke Pulau Okinawa pada bulan April 1945. Kiprah kapal ini kemudian berlanjut dalam laga AS dalam Perang Vietnam, USS Iredell County dilibatkan secara aktif dalam misi angkutan logistik dari basis AL AS di Filipina dan Jepang ke Vietnam.
Saat masih menjadi milik AL AS dengan nama USS Iredell County (LST-839), kapal ini telah berlaga pada kancah Perang Dunia II, tapi bukan aksi melawan NAZI Jerman, melainkan disiapkan untuk berlaga di palagan Pasifik dalam perang melawan Jepang. Salah satu aksi USS Iredell County yakni ikut menunjang pendaratan pasukan amfibi Marinir AS dalam serbuah ke Pulau Okinawa pada bulan April 1945. Kiprah kapal ini kemudian berlanjut dalam laga AS dalam Perang Vietnam, USS Iredell County dilibatkan secara aktif dalam misi angkutan logistik dari basis AL AS di Filipina dan Jepang ke Vietnam.
Setelah jadi milik Indonesia, debutnya setelah berganti nama jadi KRI
Teluk Bone 511 adalah pada operasi Seroja. Seperti dalam petikan
berikut ini:
Tanggal 6 Desember 1975, Batalyon
403/Raiders Kostrad tiba di lepas pantai Tailaco dengan LST KRI Teluk
Bone 511. Sore harinya BTP (Batalyon Tim Pendarat)-5/Infanteri
Brigade-1/Pasrat Marinir turun dari Atabae dan segera masuk ke dalam LST
untuk persiapan pendaratan amfibi di Dli pada pukul 05.00 keesokan
harinya. Tank PT-76 dan pansam BTR-50P yang
baru selesai digunakan untuk melancarkan penyerangan ke Atabae dari
Palaka melalui medan pegunungan yang sulit ditempuh dan tanjakan tajam,
hingga mengakibatkan mesin ranpur tersebut melampaui suhu normal.
Pada tanggal 6 Desember 1975 malam, LST KRI
Teluk Bone 511 yang sudah mengangkut BTP-5/Infanteri Marinir menjadi
salah satu kapal perang dalam Komando Tugas Amfibi Operasi Seroja di
bawah komandan Kolonel Laut (P) Gatot Soewardi. Dalam gugus tugas
tersebut terdapat lima kapal peran lain, yakni kapal tender kapal selam KRI Ratulangi 400, bertindak sebagai kapal komando, korvet KRI Barakuda 817, frigat KRI Martadinata 342,
kapal perbengkelan dan perbekalan KRI Jaya Wijaya 921, dan kapal tanker
KRI Sorong 911 buatan Yugoslavia yang punya kapasitas angkut 3.000 ton
bahan bakar dan 300 ton air tawar.
LST lain yang terlibat dalam operasi pendaratan di Dili adalah KRI
Teluk Langsa 501, LST yang setipe dengan KRI Tekuk Bone ini mengangkut
satu Batalyon Marinir dari Brigade-2/Pasrat di bawah pimpinan Letkol
(Mar) Suparmo. Lepas dari misi pendaratan di Dili, pada 9 Desember
malam, unsur Brigade-2/Pasrat Marinir kembali naik ke LST KRI Teluk
Langsa 501 yang berlambuh di lepas pantai Dili untuk melakukan
pendaratan amfibi di Laga, sekitar 20 km Timur Baucau.
Proses pendaratan amfibi di pantai Dili di dahului dengan serangkaian
penembakan ke bibir pantai, hal ini dimaksudkan untuk menurunkan moril
pasukan lawan dan mengangkat moril pasukan pendarat Marinir. Dalam
rangkaian tembakan, KRI Ratulangi menembak dengan kanon 57 mm, KRI Barakuda dan KRI Martadinata
menembak dengan kanon 76 mm. KRI Jaya Wijaya menembakkan 4 kanon laras
ganda Bofors 40 mm dengan proyektil HE seberat 0,96 kg. Menjadi sasaran
tembakan adalah wilayah pendaratan dan markas Fretilin.
Sekilas KRI Teluk Bone 511
KRI Teluk Bone-511 dibuat di galangan kapal American Bridge Company, Ambridge, Pennsylvania, Amerika Serikat, dan resmi meluncur pada 25 September 1944. Pada bulan Juli 1970 USS Iredell County dijual kepada Pemerintah Republik Indonesia, dan kemudian pada 12 Desember 1970 memperkuat jajaran armada TNI AL dengan nama KRI Teluk Bone-511, dengan komandan pertama Mayor Laut (P) M.H. Poerbosisworo. Pada tanggal 1 Januari 1990 KRI Teluk Bone-511 dialihbinakan ke Kolinlamil. Nama Teluk Bone diambil dari nama sebuah teluk yang berada di sebelah Selatan Pulau Sulawesi.
KRI Teluk Bone-511 dibuat di galangan kapal American Bridge Company, Ambridge, Pennsylvania, Amerika Serikat, dan resmi meluncur pada 25 September 1944. Pada bulan Juli 1970 USS Iredell County dijual kepada Pemerintah Republik Indonesia, dan kemudian pada 12 Desember 1970 memperkuat jajaran armada TNI AL dengan nama KRI Teluk Bone-511, dengan komandan pertama Mayor Laut (P) M.H. Poerbosisworo. Pada tanggal 1 Januari 1990 KRI Teluk Bone-511 dialihbinakan ke Kolinlamil. Nama Teluk Bone diambil dari nama sebuah teluk yang berada di sebelah Selatan Pulau Sulawesi.
Keberadaan KRI Teluk Bone yang masih eksis dan tetap dapat beroperasi
hingga saat ini tidak terlepas dari upaya-upaya TNI AL dalam rangka
mempertahankan kesiapan teknis KRI melalui program Perpanjangan Usia
Pakai (PUP). Selama lebih dari 40 tahun setelah memperkuat jajaran kapal
perang TNI AL, kapal perang ini banyak dilibatkan dalam operasi
militer, baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain
Perang (OMSP).
Selain Indonesia, LST 542 class lungsuran Perang Dunia II juga sempat
digunakan oleh AL Singapura dan AL Filipina. Bahkan, kiprah kapal ini
belum lama membuat gempar di kawasan Laut Cina Selatan, tak lain setelah
AL Filipina dengan sengaja menanfaatkan bangkai kapal BRP Sierra Madre
yang karam di laut dangkal sebagai basis pangkalan apung Marinir
Filipina di kawasan Ayungin Shoal, suatu area yang ikut disengketakan
antara Filipina dan Tiongkok. (Gilang Perdana)
Spesifikasi KRI Teluk Bone 511
Class : LST-542
Bobot Mati : 1.625 ton
Bobot Penuh : 4.146 ton
Dimensi : 100 x 15,24 x 4,29 meter
Mesin : 2 × General Motors 12-567 diesel engines, two shafts, twin rudders
Kecepatan max : 12 knots (22 km/h)
Craft carried: 2 × LCVPs
Troops: 16 officers, 147 enlisted men (total bisa dimuati 264 prajurit)
Awak : 7 officers, 104 enlisted men
Class : LST-542
Bobot Mati : 1.625 ton
Bobot Penuh : 4.146 ton
Dimensi : 100 x 15,24 x 4,29 meter
Mesin : 2 × General Motors 12-567 diesel engines, two shafts, twin rudders
Kecepatan max : 12 knots (22 km/h)
Craft carried: 2 × LCVPs
Troops: 16 officers, 147 enlisted men (total bisa dimuati 264 prajurit)
Awak : 7 officers, 104 enlisted men
Tidak ada komentar:
Posting Komentar