Jumat, 27 Maret 2015

Panglima OPM Ancam Angkat Senjata Jika Jokowi ke Papua

Panglima OPM Ancam Angkat Senjata Jika Jokowi ke Papua
Barisan pasukan OPM (Banjir Ambarita/Papua)

Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) Jenderal Goliat Tabuni menginstruksikan pasukannya untuk siaga I dan menyiapkan senjata jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar akan berkunjung ke Papua bulan Mei nanti.

"Goliat dan pasukannya siaga dengan 120 senjata jika benar Presiden datang ke Papua," kata Deerd Tabuni, adik dari pimpinan OPM yang berkuasa di wilayah Tingginambut, Papua, Kamis 26 Maret 2015.

Menurut Deerd, Goliat menyatakan belum pernah diberitahu tentang kedatangan presiden ke Papua apalagi kedatangan itu berkaitan dengan dirinya.

"Kalau ada issu itu belum diketahui, karena belum pernah dikomunikasikan," ujar Deerd.

Menurut Deerd, saat ini, Goliat Tabuni masih berstatus Panglima OPM dan belum pernah menyatakan menyerah kepada TNI dan bergabung ke NKRI seperti yang didesas-desuskan sebelumnya.

"Goliat tegaskan, dia tak akan pernah menyerah, karena mandat seluruh pejuang OPM yang ada di Tanah Papua dari Merauke hingga Sorong sudah dipegang," kata Deerd Tabuni.

Goliat juga menyangkal klaim TNI yang menyatakan 23 pasukan OPM menyerahkan diri. Menurut Goliat, yang menyerahkan diri itu bukan anggota OPM melainkan masyarakat biasa yang tinggal di Tingginambut.
 

Kisah para perwira TNI bebaskan 3 jet tempur yang diembargo AS

Hawk 200 TNI AU. (ist)
TNI AU berencana membeli pesawat pemburu untuk mengganti F-5 Tiger yang sudah dipensiunkan. Sejumlah pabrikan dunia sudah gencar melobi Indonesia untuk memilih pesawat mereka. Beberapa yang menawarkan pesawat tempur adalah Rusia dengan Sukhoi SU-35.
Kemarin giliran Dasault Rafale, jet tempur asal Prancis yang sengaja pamer kehebatan di depan para petinggi TNI AU. Pesawat bersayap delta itu bahkan mengizinkan para pilot TNI AU untuk menjajal langsung kehebatan pesawat mereka di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/3).
Menjatuhkan pilihan untuk membeli Alutsista secanggih pesawat tempur bukan perkara mudah. Harus juga ditimbang aspek politisnya. Jangan sampai nanti tiba-tiba negara penjual memutuskan hubungan atau menjatuhkan embargo.
Jika sudah seperti itu tentu Indonesia sendiri yang rugi. TNI AU pernah merasakan bagaimana kekuatan jet tempur mereka sangat terganggu karena embargo. Bahkan ada pesawat yang sudah dibeli tapi ditahan oleh Amerika Serikat.
Saat itu Indonesia baru saja membeli 32 unit pesawat tempur Hawk 109/209 dari British Aerospace. Pesawat itu secara bertahap diterbangkan dari London ke Indonesia.
Pada periode 1990an, Indonesia masih diembargo oleh Amerika Serikat terkait kasus di Timor Timur. Nah, sebagian komponen pesawat Hawk ini masih dipasok oleh perusahaan AS. Sesuai aturan di Amerika, sekecil apa pun komponen alutsista buatan AS harus sepengetahuan Pentagon jika berpindah tangan. Maka walau pesawat Hawk diproduksi Inggris, AS merasa masih punya hak untuk ikut mengembargo.
AS pun menggunakan pengaruhnya untuk menekan Inggris. Tiga pesawat Hawk dari London yang terbang menuju Indonesia harus berbalik arah menuju Bangkok, Thailand. Sebenarnya pesawat itu sudah mencapai Singapura dan sebentar lagi masuk wilayah udara Indonesia.
Hal ini dikisahkan dalam buku Mengawali Integrasi Mengusung Reformasi, Pengabdian Alumni Akabri Pertama 1970 yang diterbitkan Kata Hasta Pustaka tahun 2012.
Di Bangkok, tiga pesawat ini ditahan dan tidak boleh dikirimkan ke Indonesia. Situasi ini sangat buruk untuk Indonesia. Sudah beli mahal-mahal, malah kena embargo dan ditahan.
Maka pendekatan diplomasi dan intelijen dilakukan untuk melobi pejabat Thailand. Dua perwira tinggi TNI dikirim untuk membebaskan tiga pesawat tempur itu. Dir B Bais ABRI Brigjen Harianto Imam Santosa dan Aspam Kasau Marsda Tjutju Djuanda dikirim ke negeri Gajah Putih tersebut.
Pihak Thailand tak mudah melepaskan tiga pesawat itu karena ditekan Amerika Serikat. Apalagi pemerintah AS sudah mengirim permintaan resmi melalui nota diplomatik. Thailand adalah sekutu AS di Asia Tenggara selain Filipina.
Namun di sisi lain, pejabat militer Thailand juga punya hubungan pribadi yang sangat baik dengan para petinggi TNI. Akhirnya terciptalah kesepakatan unik yang cerdik yang menguntungkan Indonesia dan Thailand.
Suatu hari, ketiga pesawat jet tempur tersebut diberi ‘izin khusus’ untuk pemanasan di udara. Hal ini wajar karena pesawat sudah lama ditahan di pangkalan udara Thailand. Izin yang diberikan khusus untuk terbang di sekitar Laut China Selatan.
Pesawat pun disiapkan. Begitu izin diberikan, wuuuuzzzzz!! Pesawat langsung mengangkasa.
Namun ketiga pesawat itu tak menuju Laut China Selatan. Mereka malah menuju Pangkalan Udara Supadio di Pontianak. Ketiganya mendarat dengan selamat di wilayah Indonesia.
Pihak Thailand ‘pura-pura’ mengajukan protes atas pelanggaran tersebut. Namun pemerintah Indonesia juga ‘pura-pura’ tak terkait dengan pelarian pesawat Hawk itu.
Lucunya lagi militer AS juga ‘pura-pura tidak tahu’ atas kejadian itu. Rupanya sebenarnya mereka bersimpati pada Indonesia. Namun pihak AS terpaksa menjalankan tekanan politik dari pihak Kementerian Luar Negeri dan Kongres.
Kisah penyelamatan berakhir lucu dan unik ini berakhir. Hawk-Hawk dari Inggris ini masih memperkuat TNI AU sampai sekarang. Tentu kita tak berharap ada kasus serupa di masa depan. (Merdeka)

Riga Class: Eksistensi Frigat TNI AL, dari Operasi Trikora ke Operasi Seroja

KRI Nuku 360
KRI Nuku 360

Bila saat ini TNI AL mengandalkan frigat Van Speijk Class buatan Belanda sebagai backbone armada Satkor (Satuan Kapal Eskorta), maka di tahun 60-an TNI AL pun sudah memiliki armada frigat. Layak disebut armada, pasalnya yang dimiliki tak tanggung-tanggung, hingga delapan unit. Sebagai perbandingan, jenis frigat Van Speijk Class TNI AL berjumlah enam unit. Frigat tahun 60-an yang dimaksud adalah Riga Class, buatan Rusia (Uni Soviet).
Seperti halnya kapal penjelajah KRI Irian, kapal tender kapal selam KRI Ratulangi, destroyer escort Almirante Clemente Class, KCR Komar Class, dan korvet Albatross Class, Kedelapan frigat Riga Class ini di datangkan Indonesia dalam rangka perkuatan armada tempur guna menghadapi konfrontasi dengan Belanda lewat operasi Trikora. Kedelapan frigat mulai datang dalam rentang periode 1962 hingga 1964, dan diberi nama KRI Jos Soedarso 351, KRI Slamet Rijadi, 352 KRI Ngurah Rai 353, KRI Wolter Mongisidi 355, KRI Lambung Mangkurat 357, KRI Hang Tuah 358, KRI Kakiali 359, dan KRI Nuku 360.
Karena perubahan haluan politik pasca Gestapu 1965, frigat Riga Class pun terkena dampak embargo senjata dan suku cadangnya dari Uni Soviet. Namun, karena unit yang dimiliki cukup banyak, frigat ini tak lantas langsung purna tugas. Lewat kanibalisasi komponen, frigat ini baru mulai pelan-pelan di scrap pada periode 1971, dan terakhir masih dioperasikan TNI AL sampai tahun 1986. Frigat ini tercatat ikut dilibatkan dalam masa-masa awal operasi Seroja di tahun 1975.

Seperti dikutip dari buku “Saksi Mata Perjuangan Integrasi Timor Timur” karya Hendro Subroto, frigat Riga Class sudah berganti nomer lambung, KRI Nuku 373 dan KRI Lambung Mangkurat 374. Kedua kapal diberngkatkan dari Lantamal Surabaya untuk mengawal KRI Teluk Langsa 501 yang mengangkut satu Batalyon Marinir dari Brigade-2/Pasukan Pendarat. Uniknya, TNI AL saat ini telah me-reborn identitas kedua kapal dengan nama dan nomer lambung yang sama, namun dalam wujud korvet Parchim Class buatan Jerman Timur.

Salah satu Riga Class milik AL Bulgaria.
Salah satu Riga Class milik AL Bulgaria.
Riga class_shipbucket1171218637_068f2cab3f0c6371faeb11c78cb17b39

Dirunut dari sejarahnya, frigat ini dibangun atas perintah Josef Stalin pada tahun 50-an untuk memperkuat AL Soviet di awal-awal Perang Dingin. Desain kapal ini disebut Storozhevoi Korabl (escort ship) Project 50 Gornostay (Ermine stoat). Riga Class diproduksi hingga 68 unit, karena produksinya yang cukup besar, ada tiga galangan yang mendapat order pembuatan, yakni Nikolayev yards (20 unit), Komsomolsk na Amure (7 unit), dan Kaliningrad (41 unit).
Di masa pemerintahan Nikita Khruschev di 1956, Project 50 dihentikan , hingga produksi kapal terakhir dirampungkan pada tahun 1959. Di awal tahun 60-an, AL Soviet sempat melakukan modernisasi pada penempatan roket anti kapal selam RBU-2500, sistem radar, dan peningkatan komponen balas. Selain dijual ke Indonesia, beberapa frigat ini dijual ke Cina. Umumnya frigat ini dioperasikan hingga dekade 80-an.
riga-DNSN8706401Riga-Class-3-853-Web-USSRRiga-Class-5-853-Web-USSRKashinM
Dengan bobot kosong 1.160 ton, sejatinya Riga Class lebih cocok disebut sebagai korvet. Punya bentang panjang lambung 91 meter, frigat ini mengandalkan senjata utama berupa 3 pucuk meriam kaliber 100 mm/56 (B-34), 4 pucuk kanon 37 mm, dan 4 pucuk kanon 25 mm. Kedua kanon dapat diandalkan untuk misi anti serangan udara. Khusus untuk meriam 100 mm dilengkapi remote power control dan fire control director jenis Yakor.
Sementara untuk menghadapi aksi kapal selam, ada peluncur roket anti kapal selam MBU-600, yang kemudian diganti dengan RBU-2500. Tak itu saja, ada bekal 2 peluncur torpedo (1×3) kaliber 533 mm, dua rak bom laut (depth charge), dan mampu membawa 28 unit ranjau laut.
Bicara dapur pacu, Riga Class masih mengandalkan dua mesin steam turbin dengan dua propeller yang menghasilkan tenaga 21.000 hp. Karena mengadopsi mesin turbin, kapal dapat dihidupkan lebih cepat ketimbang mesin diesel, kecepatan maksimumnya pun bisa digenjot sampai 30 knots. Namun konsekuensinya, konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros. (Bayu Pamungkas)

Spesifikasi Riga Class
– Displacement : 1.160 ton (standar) dan 1.416 ton (full load)
– Length : 91 meter
– Beam : 10,2 meter
– Draught : 3,16 meter
– Propulsion : Turbines, – two boilers, – two shafts, – 21.000 shp, – 30 knots.
– Range : 3.610 km at 14 knots
– Speed max : 30 knots
– Crew : 175

Indomil.

Rabu, 25 Maret 2015

Ribuan Tentara Latihan Perang di Poso, Warga Diungsikan

Ribuan Tentara Latihan Perang di Poso, Warga Diungsikan
Ratusan personel TNI mengikuti apel pasukan pemukul reaksi cepat sebelum mengikuti latihan di Mako Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/3/2015). (Antara/Zabur Karuru)

Tentara Nasional Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar latihan gabungan di Poso, Sulawesi Tengah. Lantaran melibatkan banyak pasukan dan risiko peluru nyasar, beredar isu jika warga akan diungsikan selama 15 hari.
Kabar itu pun membuat warga khawatir karena harus meninggalkan rumah mereka dalam waktu yang lama.

Menanggapi isu tersebut, Komandan Kodim 1307 Poso, Letkol Infantri Eron Firmansyah, membantah isu tersebut. Eron menjelaskan, latihan gabungan yang akan melibatkan tiga marka tersebut sudah dalam persiapan yang matang.

"Latihan akan berlangsung mulai tanggal 30 hingga 31 Maret. Itu ada beberapa tahapan, mungkin sekitar daerah Tamanjeka, Uweralulu dan Sipatuwo. Itu desas-desusnya warga akan turun selama 15 hari. Itu tidak benar," ujar Eron.

Menurut Eron, warga diungsikan tidak lebih dari 16 jam. "Hanya satu hari saja. Setelah penembakan, besoknya warga bisa kembali lagi ke rumah mereka masing-masing. Kami mengamankan masyarakat sementara, karena tidak menutup kemungkinan kan peluru itu tepat sasaran, apalagi jika ditembakkan dari pesawat udara. Jadi kita mengamankan masyarakat itu juga untuk turun sementara," ujar dia.

Pada saat diungsikan, warga nantinya akan diberikan bantuan sosial yang dipusatkan di Desa Tabalu.

Terkait latihan gabungan TNI, warga diminta tidak perlu khawatir untuk meninggalkan rumahnya selama satu hari. Sebab, saat pemukiman warga kosong, akan ada aparat TNI yang berjaga.

"Pada saat kosong itulah, kami aparat Kodim dengan Satuan 714 Sintuwu Maroso akan mengamankan wilayah itu, supaya tidak kemalingan," tutur Eron.

Rencananya, ada kurang lebih 170 warga yang akan diungsikan selama satu hari. "Tolong disampaikan kepada masyarakat, tidak semua warga akan kami turunkan. Tetapi hanya di wilayah yang kemungkinan terkena sasaran tembakan dan sasaran serangan udara dari pesawat."

Sebelumnya, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mempertanyakan kegiatan latihan operasi militer di Poso, Sulawesi Tengah, yang salah satu tujuannya diduga untuk memburu kelompok teroris jaringan Santoso.

Ribuan personel TNI yang ikut latihan gabungan tersebut terdiri dari Kopassus - Kopassus (AD), Marinir - Kopaska (AL) dan Paskhas (AU) yang dikerahkan dalam latihan operasi militer yang tergabung dalam Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC).
 

Tiga penerbang tempur TNI AU coba C01 Rafale Prancis

Tiga penerbang tempur TNI AU coba C01 Rafale Prancis
Penerbang tempur TNI AU (kiri) berjalan bersama penerbang uji Angkatan Udara Prancis, sesaat setelah mendarat dalam penerbangan demonstrasi C01 Rafale B buatan Dassault Aviation, di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa. C01 Rafale B yang dipergunakan ada di latar belakang. (Dinas Penerangan TNI AU)
 
Tiga penerbang tempur TNI AU mencoba kebolehan dan performansi pesawat tempur multiperan buatan Dassault Aviation Prancis, C01 Rafale, di atas udara Jakarta mengarah ke selatan, Selasa ini. 

Kehadiran dua unit C01 Rafale B (kursi tandem/double seater) itu untuk memberi alternatif sumber pengadaan calon pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14, yang berasal dari dasawarsa ’80-an. Dua C01 Rafale B dan satu pesawat terbang transport Airbus A400M mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin (23/3).

Ada beberapa pabrikan yang tengah mengadu strategi untuk mematangkan tawarannya kepada Indonesia, yaitu JAS39 Gripen (SAAB AB/Swedia), Eurofighter Typhoon (Eurofighter/konsorsium Eropa Barat), F-16 Fighting Falcon Block 60 (Boeing/Amerika Serikat), dan Sukhoi Su-35 Flanker-Berkut (Rusia). 

Dari semua alternatif itu, cuma dua yang bermesin tunggal, yaitu JAS39 Gripen dan F-16 Fighting Falcon Block 60 serta tiga merek dan tipe yang memakai sayap delta dikolaborasikan dengan sayap kanard di depan (JAS39 Gripen, Eurofighter Typhoon, dan C01 Rafale). 

Dari sisi dimensi fisik, Sukhoi Su-35 Flanker-Berkut yang paling bongsor sementara JAS39 Gripen paling kompak namun memiliki rasio daya angkat beban maksimum paling besar. 

Sukhoi Su-35 Flanker-Berkut juga yang banyak membakar BBM saat mengudara sementara JAS39 Gripen yang paling efisien dalam hal ini tanpa mengurangi performansi dan kecanggihannya.  

Di ASEAN belum ada operator C01 Rafale yang dibuat dalam beberapa varian, yaitu C01 Rafale B, C01 Rafale C, dan C01 Rafale M yang didedikasikan bagi penempatan di kapal induk. 

India merupakan calon operator C01 Rafale terbesar di Asia, setelah tercapai kesepakatan pembelian 178 unit dari Dassault Aviation, tahun lalu, dengan 128 unit dibuat di India.

Sampai saat ini, tender terbuka akan pengadaan calon pengganti F-5E/F Tiger II itu belum diumumkan secara resmi. C01 Rafale semula tidak pernah disebut-sebut sampai akhirnya mereka hadir setelah tampil dalam Langkawi International Maritime and Aerospace 2015, di Malaysia.

Pada kesempatan demonstrasi terbang di Jakarta kali ini, ketiga penerbang tempur TNI AU, yang duduk di kursi kedua C01 Rafale itu adalah Mayor Penerbang M Yunus (Skuadron Udara 14), Mayor Penerbang Haris dan Mayor Penerbang Agus Dwi (Skadron Udara 15). 

Kedua skuadron udara itu bermarkas di Pangkalan Udara Utama Iswayudi, Madiun, Jawa Timur. 

Selama penerbangan demonstrasi selama kurang dari satu jam terbang itu, Yunus, Haris, dan Dwi diberi kesempatan mencoba menerbangkan pesawat canggih dengan beberapa manuver, sampai merasakan kebolehan C01 Rafale B dalam fitur "melihat" dan "mengunci" target di udara. 

Dengan begitu, mereka dapat merasakan, mengetahui dan menguji kemampuan tempurnya secara langsung sebagai pembanding dengan pesawat tempur TNI AU saat ini.
 
Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI Sri Pulung, beserta jajaran menyaksikan langsung penerbangan demonstrasi itu dari apron Pusat Operasi (Base Ops) pangkalan udara itu. 

Demonstrasi udara C01 Rafale B dilaksanakan dalam tiga sortie, dengan waktu sekitar 45 menit tiap sortie. Rute terbang mereka dari landas pacu pangkalan udara itu menuju ke selatan di atas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, dan dan kembali ke Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma.
 

Marinir Indonesia-Amerika berlatih menembak senjata otomatis

Marinir Indonesia-Amerika berlatih menembak senjata otomatis
Latihan Bersama Marinir Indonesia-Amerika Sejumlah prajurit Taifib Korps Marinir TNI AL dan US MARSOC mengikuti upacara pembukaan latihan dengan sandi Lantern Iron 15-5524 di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jatim, Kamis (19/3). Latihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Taifib Korps Marinir serta mempererat kerja sama dengan prajurit US MARSOC dalam bidang militer yang berlangsung hingga 10 April. (ANTARA FOTO/Sertu Mar Kuwadi)
 
Prajurit Intai Amfibi Marinir TNI AL bersama prajurit khusus Marinir AS (US Marsoc) berlatih menembak menggunakan senjata otomatis dan sniper di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jatim, Selasa.

Pada latihan bersama bersandi "Lantern Iron 15-5524" itu, mereka menggunakan beberapa jenis senjata. Untuk sniper menggunakan senjata AW, SG 550, Trovello, dan NTW, sedangkan untuk senjata otomatis senjata Ultimax 100 dan Barrat 50.

Materi menembak yang diberikan prajurit US MARSOC kepada prajurit Intai Amfibi Korps Marinir berupa teori di kelas dan praktik di lapangan tembak Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Korps Marinir Baluran.

Komandan Satgas Latihan Mayor Marinir Freddy Ardianzah yang meninjau latihan itu, mengatakan pada menembak sniper, materi meliputi sikap atau posisi saat menembak, cara mengatasi senjata bermasalah dan sasaran yang harus ditembak oleh petembak sniper.

"Selain itu, komunikasi antara petembak dengan observer, cara mengukur kecepatan angin, menentukan arah angin, mengatur elevasi senjata di jarak 100 meter, 200 meter, 300 meter, 400 meter, 500 meter dan 600 meter," ujarnya.

Untuk menembak dengan senjata otomatis, materinya meliputi sikap atau posisi saat menembak, menembak otomatis penuh, dan cara mengatasi senjata bermasalah atau macet.

Komandan satgas yang meninjau latihan didampingi oleh Perwira Seksi (Pasi) Operasi Kapten Marinir Aristoyudho tersebut, menjelaskan latihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Taifib dalam menggunakan senjata sniper dan senjata otomatis.

Latihan bersama itu, telah dimulai sejak 19 Maret 2015 dengan materi keseluruhan, meliputi teori di kelas dan praktik di lapangan.

"Latihan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Korps Marinir Baluran untuk materi teori dan menembak, sedangkan untuk materi lainnya dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Lampon, Banyuwangi, dan akan berlangsung hingga 10 April 2015," ujarnya.
 

F-5E Tiger, Pertahanan Udara Orde Baru

Pesawat tempur F-16, F-5 Tiger, dan Hawk 100/200 disiagakan saat Panglima Kostrad yang juga Panglima Komando Gabungan TNI dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 Letnan Jenderal TNI M Munir melakukan peninjauan komando tugas udara gabungan di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (27/4/2013). Pembukaan Latgab TNI akan dillaksanakan pada tanggal 2-3 Mei yang rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pada 1960-an, TNI Angkatan Udara memiliki arsenal udara yang ditakuti di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik berbasiskan jet tempur MiG-15 hingga MiG-21, pengebom Tu-16, peluru kendali, pesawat intai Gannet, dan pesawat transpor C-130 Hercules. Namun, kekuatan itu kemudian lenyap seiring dengan pembersihan militer oleh penguasa Orde Baru.
Sejarawan Yayasan Nation Building, Didi Kwartanada, mengatakan, semasa awal 1970-an hingga akhir 1970-an, bisa dikatakan kekuatan udara Indonesia nyaris lumpuh karena ketiadaan suku cadang akibat terganggunya hubungan dengan Uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok. Di dalam negeri, konsolidasi kekuatan rezim Soeharto yang berbasiskan TNI Angkatan Darat berusaha meredam kekuatan Angkatan Udara dan Angkatan Laut yang dikenal memiliki banyak elemen pendukung rezim Soekarno.
“Pesawat MiG-21 akhirnya di-grounded setelah terjadi beberapa kali kecelakaan. Sesudah itu, pada 1970-an sempat didatangkan hibah pesawat F-86 Sabre eks RAAF Australia dan pesawat latih T-33 dari Amerika Serikat untuk menjaga kemampuan terbang para penerbang TNI AU. Kondisi memang sangat memprihatinkan ketika itu. Pada Operasi Seroja di Timor-Timur 1976 masih dioperasikan pesawat tua, termasuk B-25 Mitchell dan pesawat-pesawat tua Dakota untuk mendukung operasi tempur,” kata Didi.
Akhirnya, menjelang dekade 1970-an, meski ada tekanan internasional terkait dengan operasi militer di Timor-Timur, Soeharto berhasil meyakinkan Amerika Serikat untuk mendapat dukungan persenjataan, termasuk jet-jet tempur.
Hadirlah jet tempur yang ditampilkan dalam parade Hari ABRI pertama kali-dan belum pernah terulang-di Jalan Tol Jagorawi, 5 Oktober 1980, jet tempur F-5E yang dibeli baru dari Amerika Serikat dan jet tempur A4-E Skyhawk (Skuadron Udara 11) bekas pakai yang dibeli dari Israel hasil Operasi Alpha yang diungkap dalam buku terbitan TNI AU, Elang Tanah Air di Kaki Lawu: Sejarah Pangkalan Udara Iswahjudi, 1939-2003.
F-5E dirancang sejak medio 1950-an oleh pabrikan Northrop. Pesawat dengan persenjataan dua kanon 20 milimeter M39 serta bom dan rudal AIM-9 Sidewinder yang legendaris.
Pesawat-pesawat F-5E Tiger datang dengan diangkut pesawat angkut raksasa C-5A Galaxy yang mendarat di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, 21 April 1980. Teknisi Amerika Serikat melatih teknisi TNI AU. Pelatihan kepada penerbang TNI AU di Amerika Serikat dimulai dengan kehadiran mereka sejak 5 Desember 1979 dan 19 Januari 1980 di Lanud Williams di Negara Bagian Arizona. Sebanyak 16 unit atau satu skuadron penuh F-5E dimiliki TNI AU.
Operator F-5E adalah Skuadron Udara 14 yang sebelumnya mengoperasikan MiG-21 (1962-1970) dan F-86 Sabre (1974-1980). F-86 Sabre dikenal kiprahnya dalam Perang Korea (1950-1953) dan F-5E Tiger termasyhur dalam Perang Vietnam yang dioperasikan Amerika Serikat dan sekutunya, Vietnam Selatan.
Wakil Asisten Operasi KSAU Marsekal Pertama Yuyu Sutisna, yang lama mengawaki F-5E Tiger, mengaku, pesawat tersebut membutuhkan keahlian khusus untuk mengendalikannya karena kecepatannya tinggi. “Bentuknya sangat ramping sehingga kecepatannya tinggi dan harus pas mengatur pendaratan. Sangat mudah terjadi over shoot-melewati pendaratan-sehingga pesawat celaka,” kata Yuyu yang sempat berlatih dengan sesama penerbang F-5E Tiger dari Singapura, Malaysia, dan Thailand.
Memang, bentuk fuselage- badan pesawat Tiger-mirip dengan F-104 Starfighter yang dijuluki “widow maker” karena sering mengalami kecelakaan yang menewaskan penerbang yang mengawaki Starfighter, lama digunakan negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Secara fisik, pesawat berbentuk mirip pensil terbang yang memiliki panjang 14,45 meter dan lebar bentang sayap 8,13 meter itu memiliki kecepatan terbang 940 knot atau 1,5 kali kecepatan suara!

Tulang punggung
Yuyu mengisahkan, dirinya mengalami era transisi F-5E yang mengalami modernisasi ibarat dari sistem analog ke digital yang serba terkomputerisasi. Ketika itu, KSAU Marsekal Rilo Pambudi, seusai mengunjungi Pameran Dirgantara Le Bourget di Paris, Perancis, berniat mengadakan upgrading pesawat F-5E yang sudah 13 tahun dioperasikan TNI AU. Program modernisasi Tiger tersebut diberi nama “MACAN” yang merupakan singkatan dari Modernisation of Avionics Capabilities for Armament and Navigation. Pemenang kontrak adalah SABCA, sebuah perusahaan Belgia. Pada 1995, dialokasikan waktu 18 bulan untuk memodernisasi F-5E Tiger.
Namun, dalam buku Sejarah Pangkalan Udara Iswahjudi diungkapkan, ada kendala pembuatan konfigurasi sistem avionik yang ditargetkan selesai dalam tujuh bulan ternyata terlambat hingga hampir dua tahun baru selesai. “Saya adalah salah satu penerbang yang menguji dan menerbangkan pesawat program MACAN tersebut. Pesawat ini unik, bisa start scramble dengan satu mesin, lalu menjelang take off menyalakan mesin kedua,” kata Yuyu Sutisna.
Modifikasi yang dilakukan mencakup radar warning receiver, inertial navigation unit, pilot display unit, dan sistem airborne video camera recorder (AVCR). Sistem baru tersebut bisa mendeteksi ancaman rudal ataupun arah radar lawan secara 360 derajat. Salah satu yang berkesan dalam mengoperasikan F-5E Tiger, menurut Yuyu Sutisna, adalah ketika dirinya dalam satu flight (empat pesawat) terjebak awan badai (Cumulonimbus) di atas perairan Laut Jawa di utara Cirebon saat terbang ferry dari Pekanbaru ke Lanud Iswahjudi, Madiun.
“Selama tiga-empat menit kami terjebak Cumulonimbus. Bahkan, pesawat yang diterbangkan Errys Heryanto dihantam petir di bagian ekor. Pesawat anjlok dari ketinggian 37.000 kaki (10,6 kilometer) ke 13.000 kaki (4.000 meter). Kami tidak bisa saling berkomunikasi dan saling menjaga heading arah pesawat agar tidak bertabrakan,” kata Yuyu. Akhirnya, flight F-5E itu bisa lolos dari perangkap Cumulonimbus.
Modernisasi MACAN sempat terhenti karena embargo Barat terhadap rezim Orde Baru pasca Mei 1998. Meski demikian, para teknisi TNI AU akhirnya berhasil melakukan modernisasi MACAN mengacu pada pesawat yang sudah diselesaikan oleh Belgia.
Semasa Perang Dingin dan puncak kekuasaan Orde Baru pada 1980-an hingga 1990-an, F-5E Tiger menjadi tulang punggung kekuatan dirgantara yang terlibat dalam pelbagai operasi, termasuk menjaga Konferensi Tingkat Tinggi Nonblok di Jakarta pada 1992 hingga misi gila, yakni merekam penembakan rudal Harpoon yang dilakukan Mayor Dradjad Rahardjo dan Letda Agung Sasongkojati sebagai juru kamera. F-5E mereka terbang dengan kecepatan 0,93 Indicated Mach Number atau 1.000 kilometer per jam membuntuti rudal Harpoon. Peristiwa itu terjadi pada 3 November 1989.

Purna tugas
Saat ini, F-5E Tiger TNI AU memasuki masa purna tugas dan ada beragam pilihan jet tempur, seperti Rafale buatan Perancis, Sukhoi 27 atau Sukhoi 30 buatan Rusia, serta Saab JAS 39 Grippen buatan Swedia.
Sementara itu, para penerbang senior yang dilahirkan dari F-5E Tiger, di antaranya adalah Marsekal Madya (Purn) Errys Heryanto dan Marsekal (Purn) Djoko Suyanto. Djoko Suyanto kemudian menjadi Panglima TNI dan selanjutnya menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode kedua (2009-2014). (Kompas)